Tanggal:21 July 2024
Brand ambassador (pexels.com)

Apa Itu Brand Ambassador?

Pengertian brand ambassador

Brand ambassador adalah seseorang yang mempromosikan merek dan produknya ke jaringan mereka dengan tujuan meningkatkan kesadaran merek dan membantu mendorong penjualan.

Secara historis, seorang duta merek biasanya adalah seorang selebritas atau seseorang dengan jumlah pengenalan nama yang baik yang dibayar untuk usaha mereka. Anda dapat menyebutnya pemasaran influencer atau menyebutnya “influencer.”

Selebriti dan tokoh terkenal lainnya masih dipekerjakan sebagai duta merek (lihat saja industri produk kecantikan), tetapi ini biasanya dilakukan oleh bisnis yang menjual langsung ke konsumen.

Tanggung jawab seorang brand ambassador

Brand ambassador harus mengantisipasi interaksi tatap muka menjadi bagian utama dari pekerjaan. Baik mewakili perusahaan Anda di acara formal, brand ambassador selalu diharapkan untuk terlibat dengan komunitasnya untuk menghasilkan kesadaran merek. Oleh karena itu, sangat penting bagi seorang duta besar untuk mengetahui semua yang dia bisa tentang mereknya, sehingga dia dapat yakin untuk selalu mewakilinya secara positif.

Sementara pekerjaan seorang brand ambassador memerlukan representasi langsung dari mereknya, juga dipahami bahwa dia akan membantu memasarkan perusahaan melalui media sosial. Di mata perusahaan, mereka yang memiliki pengalaman media sosial dan jumlah teman atau pengikut yang tinggi adalah kandidat yang lebih diinginkan untuk bergabung dengan program duta merek mereka. Sangat penting bahwa calon brand ambassador memiliki kehadiran profesional secara online, karena penggunaan akun media sosial pribadi merupakan aspek besar dari posisi tersebut. Merek akan melihat penggunaan platform seperti Twitter dan Instagram Anda sebelum menandatangani kontrak dengan Anda.

Strategi Efektif Memilih Brand Ambassador yang Tepat untuk Perusahaan Anda

Profil yang relevan

Orang-orang yang relevan dengan merek harus dipilih. Misalnya, jika perusahaan Anda menjual produk unik untuk bayi dan balita. Tentu saja, mempekerjakan seorang remaja sebagai asisten bisnis Anda bukanlah ide yang baik. Dalam hal ini, seorang ibu yang baru saja melahirkan lebih cocok, terlepas dari pembayarannya. Seorang duta untuk produk merek profil yang lebih tepat akan relevan dengan produk Anda.

Reputasi di mata penonton

Tentu saja, membangun citra positif bagi perusahaan membutuhkan gelar BA yang memberikan kesan yang baik. Menganalisis dan menggali lebih dalam isu-isu terbaru tentang calon BA, dan memastikan bahwa ia memiliki reputasi yang baik, setidaknya di mata audiens targetnya.

Kredibilitas tinggi

Kredibilitas, Kredibilitas brand ambassador menjadi pertimbangan penting. Ini karena perusahaan dan merek tidak mempekerjakan orang dengan rekam jejak yang buruk, gaya hidup yang penuh dosa, atau kepribadian yang jahat. Akibatnya, manajer merek harus berhati-hati saat memilih duta merek.

Pelanggan atau konsumen umumnya mempercayai pendapat karyawan perusahaan tentang perusahaan dan produknya. Tentu saja, mereka percaya bahwa pekerja memiliki bagian yang lebih sedikit atau tidak sama dengan manajemen. Ketika karyawan sering mendiskusikan produk dan merek perusahaan, itu menambah nilai bagi mereka.

Mampu bekerja secara profesional

Seorang duta merek mewakili dan mengiklankan merek dan salah satu identitasnya. Anda ingin membangun identitas positif di mata audiens. Alhasil, pastikan calon brand ambassador Anda adalah seorang profesional.

Faktor yang menarik

Brand Ambassador harus bisa menarik perhatian target audience-nya. Jadi, temukan brand ambassador yang sangat disukai oleh pelanggan Anda.

Memiliki kepercayaan pada merek

Terakhir, Anda harus memastikan bahwa mereka percaya pada merek tersebut, yang bahkan lebih penting jika mereka adalah pengguna merek yang sebenarnya.

Brand ambassador harus mengomunikasikan pesan perusahaan mereka dengan jujur ​​dan konsisten. Sehingga pelanggan dapat melihat hubungan asli merek dan bahwa merek lebih dari sekedar bisnis.

Baca Juga: Kisaran Gaji Brand Ambassador

Langkah – langkah menjadi brand ambassador

  1. Temukan merek yang kompatibel

Mulailah dengan meneliti perusahaan yang Anda pertimbangkan. Perusahaan mencari influencer yang sangat cocok dengan nilai, kepribadian, dan merek mereka. Lihat melalui posting media sosial perusahaan dan teliti influencer mereka saat ini untuk mengetahui apa yang mereka cari dalam duta merek.

Cari merek yang mewakili minat Anda atau terkait dengan konten yang sudah Anda hasilkan. Jika Anda sudah mendukung perusahaan atau merek secara publik, mungkin akan lebih mudah untuk menjadi duta resmi untuk mereka. Menjadi pengikut yang terlibat juga dapat meningkatkan peluang Anda saat melamar ke perusahaan. Buat daftar perusahaan yang Anda minati, dan persempit ke tiga atau empat teratas.

  1. Bangun keterlibatan

Mengumpulkan suka dan komentar di postingan media sosial Anda yang mendorong keterlibatan dan membantu Anda mengembangkan reputasi yang baik di komunitas Anda adalah cara yang bagus untuk mengiklankan diri Anda ke perusahaan sebagai calon duta merek. Di media sosial, ini berarti mendapatkan pengikut dengan menulis postingan yang menarik dan memposting foto yang menarik. Memiliki suka dan komentar dari banyak pengikut di media sosial akan membuat Anda lebih menarik bagi calon merek.

Untuk meningkatkan pengikut Anda, pertimbangkan juga untuk mengomentari halaman atau blog terkenal. Menanggapi pesan dan komentar yang Anda terima di profil Anda sendiri adalah cara lain yang baik untuk meningkatkan pengikut online Anda.

  1. Ciptakan kepribadian online yang kohesif

Banyak brand ambassador memiliki kepribadian yang jelas dan berbeda yang mereka tunjukkan secara online. Buat konten media sosial yang mencerminkan nada, tampilan, dan minat yang kohesif. Ini bisa melibatkan menata lemari pakaian Anda dengan cara tertentu atau mengambil foto yang mencerminkan tampilan terpadu atau minat tertentu, seperti hasrat untuk bepergian atau genre musik tertentu. Perusahaan akan mencari duta merek yang mencerminkan getaran tertentu untuk mewakili mereka.

  1. Libatkan audiens Anda

Undang pengikut Anda atau orang yang Anda temui untuk berbagi pengalaman mereka sendiri, mengajukan pertanyaan atau mengirim komentar, dan menanggapi sebanyak yang Anda bisa. Sentuhan pribadi yang interaktif akan menarik lebih banyak pengikut dan membuat pengikut Anda yang ada lebih mungkin untuk terlibat dengan profil media sosial Anda dengan cara yang positif.

  1. Bangun pengikut

Bangun pengikut terbesar yang Anda bisa. Tingkatkan jumlah pelanggan dan pengikut Anda di media sosial. Bahkan jika Anda adalah perwakilan merek secara langsung, Anda dapat mengiklankan bahwa Anda akan menghadiri acara tertentu, mengundang teman, dan membangun pengikut online untuk melengkapi aktivitas tatap muka Anda. Buat koneksi dengan influencer lain untuk meningkatkan pengikut Anda sendiri. Semakin banyak pengikut yang Anda miliki yang terlibat dengan merek, semakin banyak uang yang akan Anda hasilkan sebagai brand ambassador.

  1. Hubungi merek yang relevan

Setelah Anda mengidentifikasi jenis merek yang ingin Anda dukung, mulailah menjangkau perusahaan yang ingin Anda promosikan. Menghubungi merek akan membantu Anda mempelajari apakah mereka sedang merekrut dan jenis perwakilan apa yang mungkin mereka cari. Misalnya, Anda dapat mengirim pesan ke salah satu akun media sosial perusahaan yang menanyakan kemungkinan untuk mewakili mereka. Jika mereka tertarik, mereka mungkin mengirimi Anda pesan kembali dengan detail.

Untuk peluang tatap muka, cari tahu acara yang terjadi di daerah Anda. Bisnis seperti perusahaan teknologi konsumen, perancang pakaian, dan penyulingan alkohol sering mengadakan acara pemasaran langsung. Dekati perwakilan merek di salah satu acara ini.

  1. Secara teratur mencari peluang brand ambassador

Sementara beberapa perusahaan menggunakan proses informal untuk merekrut brand ambassador secara online, yang lain mungkin melakukannya melalui posting pekerjaan tradisional dan aplikasi online resmi. Kunjungi situs web perusahaan dan periksa halaman kariernya untuk melihat apakah ia memiliki posisi duta merek, atau periksa papan pekerjaan online untuk kemungkinan posting.

Jika Anda suka berinteraksi dengan komunitas, membangun pengikut, dan menunjukkan loyalitas merek Anda, menjadi duta merek bisa menjadi jalan yang bagus untuk Anda. Mulailah dengan bekerja di waktu luang Anda, setelah bekerja atau di akhir pekan. Jika Anda memiliki cukup banyak pengikut, Anda mungkin bisa menjadi  brand ambassador penuh waktu.

Baca juga :

Berikut Kisaran Gaji Seorang Brand Ambassador

Simak Syarat Dan Skill Yang Harus Dimiliki Oleh Seorang Brand Ambassador

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *