Tanggal:16 May 2024
Apa itu endorse? (rawpixel.com)

Mengenal Apa Itu Endorse Beserta Kelebihannya

Apa itu endorse?

Endorse adalah bentuk iklan yang menggunakan tokoh atau selebritas terkenal yang memiliki tingkat pengakuan, kepercayaan, rasa hormat, atau kesadaran yang tinggi di antara orang-orang. Orang-orang seperti itu mengiklankan produk yang meminjamkan nama atau gambar mereka untuk mempromosikan produk atau layanan. Pengiklan dan klien berharap persetujuan semacam itu, atau dukungan dari seorang selebriti, akan mempengaruhi pembeli dengan baik. Misalnya, Sachin Tendulkar yang mendukung sepeda motor dan biskuit dapat mempengaruhi pemuda atau anak-anak yang memandangnya sebagai panutan.

Iklan semacam itu terhubung dengan lebih banyak orang daripada iklan biasa, karena orang akan melihat selebritas, tokoh terkenal, dan panutan bahkan dari kebisingan, orang, atau produk yang sangat berantakan. Iklan semacam itu cocok untuk produk aspirasi atau gaya hidup.

Endorse dapat memberi merek citra yang lebih besar dari kehidupan, dan jika iklan mengikuti selebriti dan kepribadian saat ini, pengesahan dapat bertahan cukup lama. Lux adalah contoh, yang didukung oleh semua aktris terkemuka dari generasi ini, sangat membantu untuk menjaga Lux menjadi merek yang relevan dan menarik bahkan ketika konsumen berubah. Semakin terkenal atau selebrasi seorang endorse, semakin mahal pula penggunaan kepribadian tersebut untuk sebuah produk.

Kelebihan dari endorse

Berikut adalah beberapa keuntungan endorse produk utama yang perlu dipertimbangkan sebelum memulai jenis kampanye pemasaran ini.

  • Endorsements produk membantu merek Anda menonjol.

Endorsement produk memberi Anda kesempatan untuk membedakan pesan perusahaan dan merek Anda dari apa yang dilakukan pesaing Anda. Menyertakan seseorang yang terkenal dalam sebuah iklan juga dapat meningkatkan ingatan iklan konsumen, yang memungkinkan Anda untuk lebih sering berada di puncak pikiran mereka. Sifat tersebut berarti produk Anda menjadi pilihan utama jika konsumen merasa membutuhkannya.

  • Dapat membuka pasar baru untuk bisnis Anda.

Dukungan selebriti memberi Anda kesempatan untuk menjangkau serangkaian demografi dan pasar baru yang berbeda dengan produk yang Anda tawarkan. Salah satu contoh klasik dari manfaat ini adalah Nike. Sebelum mereka bermitra dengan Michael Jordan, merek pakaian olahraga ini pada dasarnya adalah merek trek dan tenis. Setelah kemitraan mereka, perusahaan berkembang pesat sehingga mampu menjangkau olahraga lain juga. Mereka baru-baru ini merekrut pelari Justin Gallegos, yang menderita cerebral palsy, untuk membuat dan mempromosikan lini produk baru lainnya.

  • Mendukung produk dapat membangun kredibilitas merek.

Orang-orang merasakan keterikatan dengan selebriti favorit mereka. Ketika mereka melihat orang-orang yang dapat mereka hubungkan, itu membuat mereka merasa seperti pesan bisnis atau merek memahami kebutuhan mereka. Bahkan jika produk tersebut tidak digunakan, ada kepercayaan yang dibangun dengan dukungan yang berarti konsumen akan membelinya jika mereka membutuhkannya. Pengesahan juga meyakinkan pelanggan bahwa kualitas suatu produk akan memenuhi harapan mereka.

  • Menciptakan pemicu merek bagi konsumen.

Ketika nama terkenal mendukung produk atau layanan, itu menciptakan pemicu di benak konsumen. Setiap kali mereka melihat orang itu di suatu tempat, ada kemungkinan mereka akan memikirkan produk yang sedang dipromosikan. Yang unik dari keunggulan ini adalah karakter fiksi pun bisa menjadi pemicu jika konsumen melihat hal serupa di kehidupan nyata. Selama endorsement dapat diingat dengan cara yang positif, pemicunya ditetapkan untuk konsumen.

  • Mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk membangun jejak pasar.

Ketika ada selebriti yang dikenali, seseorang yang akan dianggap sebagai orang A-List, maka Anda dapat mempercepat proses membawa produk baru ke pasar. Ini seperti memiliki teman yang merekomendasikan restoran baru untuk Anda. Karena mereka menikmatinya, Anda memiliki keyakinan bahwa pengalaman Anda akan sama. Pesan itu disampaikan melalui endorsement, yang mendorong konsumen untuk membeli produk jika mereka membutuhkannya.

  • Menciptakan tingkat retensi yang lebih tinggi untuk pelanggan masa depan.

Ketika Anda memiliki dukungan yang tepat untuk mempromosikan barang atau jasa Anda, pelanggan yang melakukan konversi untuk Anda memiliki tingkat retensi 40% lebih tinggi dibandingkan dengan iklan standar. Jika dukungan Anda melalui influencer, maka tarifnya bahkan lebih tinggi. Anda dapat mendukung loyalitas yang dimiliki konsumen dengan dukungan merek Anda, yang mendorong pembelian berulang dengan cara yang sulit dilakukan dengan bentuk pemasaran lain.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *