Tanggal:09 May 2024
Kinsta.com

Apa itu Cron Job? Pengertian dan Penjelasan

Melakukan tugas yang sama berulang-ulang bisa menjadi tugas yang berat. Penjadwalan tugas cron memungkinkan pengguna mengotomatiskan tugas di hosting VPS atau sistem operasi mirip Unix. Ini menghemat waktu yang berharga, memungkinkan pengguna untuk fokus pada tugas-tugas penting lainnya.

Dalam panduan lengkap untuk pemula ini, Anda akan mempelajari dasar-dasar pekerjaan cron, Anda akan dapat menggunakan tugas cron untuk menjadwalkan tugas dengan lebih efisien.

Apa Itu Cron Job?

Cron adalah program utilitas yang memungkinkan pengguna memasukkan perintah untuk menjadwalkan tugas berulang kali pada waktu tertentu. Tugas yang dijadwalkan dalam cron disebut tugas cron. Pengguna dapat menentukan jenis tugas yang ingin mereka otomatisasi dan kapan harus dijalankan

Cron adalah daemon proses latar belakang yang mengeksekusi pekerjaan non-interaktif. Di Windows, Anda mungkin akrab dengan proses latar belakang seperti Layanan yang bekerja mirip dengan daemon cron.

Daemon selalu menunggu perintah untuk memintanya melakukan tugas tertentu. Perintah dapat dimasukkan di komputer mana pun di jaringan.

File cron adalah file teks sederhana yang berisi perintah untuk dijalankan secara berkala pada waktu tertentu. Tabel cron sistem default atau file konfigurasi crontab adalah /etc/crontab, terletak di dalam direktori crontab /etc/cron.*/.

Hanya administrator sistem yang dapat mengedit file crontab sistem. Namun, sistem operasi mirip Unix mendukung banyak admin. Masing-masing dapat membuat file crontab dan menulis perintah untuk melakukan pekerjaan kapan pun mereka mau.

Dengan tugas cron, pengguna dapat mengotomatiskan pemeliharaan sistem, pemantauan ruang disk, dan menjadwalkan pencadangan. Karena sifatnya, pekerjaan cron sangat bagus untuk komputer yang bekerja 24/7, seperti server.

Sementara cron job digunakan terutama oleh administrator sistem, mereka juga dapat bermanfaat bagi pengembang web.

Misalnya, sebagai administrator situs web, Anda dapat mengatur satu tugas cron untuk mencadangkan situs Anda secara otomatis setiap hari di tengah malam, yang lain untuk memeriksa tautan yang rusak setiap Senin tengah malam, dan yang ketiga untuk menghapus cache situs Anda setiap Jumat siang.

Namun, seperti program lainnya, cron memiliki batasan yang harus Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya:

  • Interval terpendek antara pekerjaan adalah 60 detik. Dengan cron, Anda tidak akan dapat mengulangi pekerjaan setiap 59 detik atau kurang.
  • Terpusat pada satu komputer. Pekerjaan Cron tidak dapat didistribusikan ke banyak komputer di jaringan. Jadi jika komputer yang menjalankan cron mogok, tugas yang dijadwalkan tidak akan dijalankan, dan pekerjaan yang terlewat hanya dapat dijalankan secara manual.
  • Tidak ada mekanisme coba ulang otomatis. Cron dirancang untuk berjalan pada waktu yang ditentukan secara ketat. Jika tugas gagal, tugas tidak akan berjalan lagi hingga waktu yang dijadwalkan berikutnya. Ini membuat cron tidak cocok untuk tugas tambahan.

Dengan keterbatasan ini, cron adalah solusi yang sangat baik untuk tugas-tugas sederhana yang berjalan pada waktu tertentu dengan interval reguler minimal 60 detik.

Jika Anda ingin menjadwalkan pekerjaan satu kali untuk nanti, Anda mungkin ingin menggunakan metode lain.

Aplikasi CronJobs

CronJobs dapat digunakan untuk perintah tunggal atau untuk eksekusi otomatis dari tugas berurutan yang berulang secara berkala, mis. untuk membersihkan database dengan menghapus entri usang, file log, dan komentar, atau untuk membuat statistik reguler tentang jumlah pengguna situs web.

Aplikasi lain termasuk memperbarui umpan RSS, menerbitkan konten baru ke situs web pada tanggal tertentu, menghasilkan banyak faktur, atau distribusi buletin otomatis. Demikian juga, pencadangan database dapat dijadwalkan menggunakan CronJobs.

Menjadwalkan Pekerjaan dengan Cron

Dengan Cron, Anda dapat menjalankan pekerjaan pada waktu, tanggal, dan interval tertentu dengan unit minimum dalam menit, yaitu, Anda dapat menjalankan pekerjaan setiap menit.

Untuk menjadwalkan pekerjaan dengan cron, buka file crontab menggunakan metode yang dibahas di bagian sebelumnya. Setelah Anda membuka file crontab, Anda akan diminta untuk memilih editor teks. Ketik nomor untuk memilih editor teks pilihan Anda. Gulir ke bawah ke bagian bawah file dan tambahkan pekerjaan dalam sintaks yang dijelaskan di atas. Setiap baris dalam file menentukan satu perintah. Lima entri pertama di baris menentukan waktu yang dijadwalkan, dan entri terakhir menentukan perintah atau skrip mana yang harus dijalankan.

Kursus Membuat Aplikasi Android Bahasa pemograman Kotlin
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *