Tanggal:06 May 2024
Idseduction.com

Apa Perbedaan Antara Situs Web dan Aplikasi Web?

Apa itu Situs Web?

Seoanaksholeh.com

Seoanaksholeh.com

Situs web adalah sekelompok halaman web yang dapat diakses secara global dan saling terkait yang memiliki satu nama domain. Itu dapat dikembangkan dan dipelihara oleh individu, bisnis atau organisasi. Situs web bertujuan untuk melayani berbagai tujuan. Contoh: Blog.

Sebuah situs web di-host di satu atau beberapa server web. Ini dapat diakses melalui jaringan seperti Internet atau jaringan area lokal pribadi melalui alamat IP.

Baca Juga :

Jenis situs web

Ada dua jenis utama situs web:

  1. Situs web dinamis

Ini lebih kompleks dan memiliki interaksi back-end dengan pengguna. Mereka menggunakan bahasa dan database yang lebih canggih selain HTML, CSS, dan JavaScript khusus. Tidak seperti statis, mereka menampilkan konten yang berbeda tergantung pada berbagai faktor.

  1. Situs web statis

Ini dibangun menggunakan bahasa sederhana seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Mereka disebut statis karena mereka tidak memiliki database yang dapat berinteraksi dengan pengguna. Mereka menampilkan konten yang sama untuk setiap pengguna yang mengaksesnya.

Baca Juga :

Karakteristik Situs Web

Sebagai pengembang, membuat situs web yang menarik bagi pengguna adalah salah satu tugas inti yang akan Anda lakukan. Ini karena situs sebagian besar dinilai dari tampilannya. Tampilan adalah faktor utama yang akan membantu menentukan berapa lama pengguna akan tinggal di situs Anda.

Untuk membantu Anda membangun situs yang indah, berikut adalah beberapa tip yang perlu diingat:

Itu harus ramah pengguna sehingga pengguna Anda dapat dengan mudah mempelajari apa yang dilakukan situs, di mana semuanya berada, dan sebagainya.

  • Harus berisi konten berkualitas. Ingatlah bahwa pengunjung akan datang ke situs Anda untuk konten, jadi pastikan itu memenuhi kebutuhan mereka.
  • Harus menarik. Menggunakan prinsip-prinsip desain sederhana akan membantu Anda memberikan situs web Anda tata letak dan tampilan profesional sekaligus menyediakan konten berkualitas.
  • Harus mudah dinavigasi. Ini akan memudahkan pengguna untuk menemukan apa yang mereka cari. Anda dapat melakukannya dengan menambahkan menu yang menghubungkan ke berbagai bagian situs, misalnya.
  • Harus memuat dengan cepat. Untuk menarik lebih banyak pengguna, pastikan situs Anda dimuat dengan cepat. Hal ini akan memberikan pengalaman positif bagi pengunjung.
  • Harus responsif. Pastikan situs Anda dapat diakses di semua perangkat. Perlu diingat bahwa sebagian besar pengguna tidak menggunakan komputer melainkan ponsel.

Baca Juga:

Apa itu Aplikasi Web?

Effigentsolutions.com

Effigentsolutions.com

Aplikasi web adalah program komputer dengan fungsionalitas dan elemen interaktif. Anda menggunakan teknologi web biasa untuk membangunnya tetapi juga menyimpan data dan memanipulasinya sesuai dengan kebutuhan pengguna.

Aplikasi web sangat dapat disesuaikan dan dapat melakukan berbagai tugas dan fungsi seperti membuat, membaca, memperbarui, dan menghapus data dalam aplikasi. Mereka lebih kompleks dan sulit untuk dibangun, sehingga mereka membutuhkan tim pengembang yang berpengalaman untuk membuatnya.

Beberapa contoh aplikasi web yang populer meliputi: shopping cart, aplikasi pengeditan video dan foto, alat konversi file, aplikasi pemindaian file, program email, dan sebagainya.

Baca Juga :

Karakteristik Aplikasi Web

Aplikasi web tersebar luas, dari platform e-niaga hingga jejaring sosial dan platform e-learning, Anda dapat menemukannya di mana-mana. Masing-masing dari mereka memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas mereka dan meningkatkan kehidupan mereka dengan memenangkan waktu, memberi mereka informasi berharga, atau menghibur mereka.

  • Keamanan – Sangat penting untuk memiliki otentikasi yang aman untuk aplikasi web tempat pengguna login dan kata sandi dibuat dengan aman. Orang tidak merasa nyaman saat berbagi informasi pribadi sehingga memiliki aplikasi yang aman sangatlah penting.
  • Intuitif – aplikasi web yang hebat harus intuitif sehingga pelanggan dapat menggunakannya dengan mudah, dan Anda tidak perlu menginvestasikan waktu untuk membuat dokumentasi tambahan untuk itu. Itulah mengapa desain UI/UX memainkan peran penting dalam kesuksesannya.
  • Skalabilitas – Masukan pengguna sangat penting dalam langkah ini. Segera setelah orang mulai menggunakan produk Anda, mereka akan mengusulkan lebih banyak fitur untuk ditambahkan. Itulah mengapa perusahaan pengembang harus memastikan bahwa aplikasi tersebut dapat diskalakan dan fitur-fitur baru dapat dibangun dengan mudah.
  • Kecepatan – Pemrosesan data harus dilakukan dengan mudah dan tanpa mempengaruhi kecepatan pemuatan.

Seperti disebutkan dalam bab sebelumnya, pengembangan aplikasi web lebih kompleks daripada pengembangan situs web, jadi ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan. Itu sebabnya untuk membuat aplikasi web yang hebat, Anda perlu berkolaborasi dengan perusahaan pengembangan web. Mereka akan memastikan bahwa aplikasi Anda berfungsi, dan mereka akan sering memberi tahu Anda tentang proses pengembangan.

Baca Juga :

Perbedaan antara Situs Web dan Aplikasi Web

Pada titik ini Anda sudah memiliki pemahaman tentang apa itu situs web dan aplikasi web. Jadi sekarang kita akan menyoroti perbedaan utama mereka.

Mari kita rangkum perbedaan utama untuk lebih memahaminya:

  • Mereka menyediakan konten visual dan tekstual, yang dapat dilihat dan dibaca. Pengguna tidak hanya melihat konten halaman tetapi juga dapat berinteraksi dengannya dan memanipulasinya, misalnya mengisi formulir
  • Otentikasi tidak wajib di situs web biasa kecuali Anda mendaftar untuk sesuatu seperti buletin Mereka membutuhkan otentikasi karena mereka menawarkan layanan yang jauh lebih luas, artinya Anda harus memiliki nama pengguna dan kata sandi untuk mengakses layanan
  • Mereka akan menampilkan apa yang telah dicari oleh pengguna. Tugas di sini lebih kompleks, Anda harus menelusuri ke dalam untuk mendapatkan produk tertentu di halaman
  • Informasi di sini dapat diakses publik Informasi di sini dibatasi untuk pengguna terdaftar, artinya tanpa kredensial Anda mungkin tidak dapat mengakses data
  • Sangat mudah untuk dikembangkan karena hanya membutuhkan teknologi web dasar. Ini lebih menantang, karena memerlukan tingkat keamanan dan fungsionalitas yang lebih tinggi berdasarkan tujuannya.

Baca Juga : 7 Contoh Website WordPress

Kursus MySQL dan Kursus PHP
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *