Tanggal:22 June 2024

Cache: Pengertian, Jenis, Fungsi, dan Cara Menghapus

Saat kamu berselancar di dunia internet dan menemui permasalahan, cache akan menjadi hal yang dicari. Umumnya, kamu akan diperintahkan untuk menghapus cache tersebut. Namun, apakah kamu tahu apa itu cache?

Baca Juga: Apa Itu Cron Job? Pengertian Dan Penjelasan

Cache adalah proses penyimpanan sementara data untuk mengurangi proses loading atau memuat suatu website maupun aplikasi. Akan tetapi, sederhananya cache adalah hal yang akan membantu kamu dalam menampilkan halaman situs dan aplikasi secara lebih cepat. Kamu justru tak dianjurkan untuk menghapus cache sembarangan. Hal ini menyangkut berbagai data di dalamnya.

Baca Juga:

Misalnya saja kamu ingin mengakses seputar dunia fashion di internet. Semua datanya telah tersimpan di dalam cache. Tetapi saat kamu menghapusnya, seluruh data terkait hal yang ingin dicari akan hilang. Cache berfungsi mendukung kamu dalam mencari sebuah informasi. Cache juga bermanfaat bagi kamu saat mengakses atau menggunakan website dan aplikasi tertentu. Adanya cache akan mendukung kamu menemukan data pencarian yang dibutuhkan. Kamu juga perlu mengenali fungsi cache secara lebih dalam. Yuk, simak lengkapnya.

Baca Juga:

Jenis Cache

1. Client Side Cache

Ilustrasi Client Side Cache (pexels)

Client side cache digunakan untuk menyimpan file data yang bisa berguna untuk penggunanya pada komputer personal. Salah satu jenis client side cache yang paling familiar dan sering dibicarakan adalah browser cache. Cache jenis ini bisa membantu kamu lebih cepat dalam mengakses internet pada sebuah browser.

Baca Juga:

Semua jenis data telah tersimpan di dalam cache tersebut. Kamu pun bisa menggunakannya pada komputer personal yang biasa digunakan. Seluruh datanya akan tersimpan dengan baik dan bisa kamu gunakan saat ingin mencari informasi tertentu. Cache tidak hanya bersifat negatif. Melainkan juga memiliki sifat positif supaya kamu sebagai pengguna bisa lebih cepat dalam mencari sesuatu di dunia digital.

Baca Juga:

2. Server Side Cache

Ilustrasi Server Side Cache (pexels)

Server side cache adalah proses pengolahan data pada server website. Dengan proses ini, data bisa ditampilkan kapan saja. Gambar dan file yang kamu lihat dari internet juga akan ikut disimpan di server. Kamu tak perlu khawatir menunggu proses terlalu lama. Pasalnya, setiap data yang telah tersimpan mampu diolah dengan baik. Kamu bisa melihat dan mengunduh gambar sesuai kebutuhan.

Baca Juga:

Server yang digunakan akan membantu meningkatkan dan memperbaiki pengalaman kamu sebagai pengguna dalam mengakses website. Proses akses akan lebih efisien dan proses menampilkan hasil pun akan lebih mudah. Kamu tak perlu ragu membiarkan cache berfungsi dengan baik.

Fungsi Cache

  • Mempercepat loading gambar atau thumbnail yang ada di website atau aplikasi
  • Memungkinkan user untuk mengakses website lebih cepat dari browser-nya
  • Meningkatkan dan menstabilkan performa aplikasi atau website
  • Mengurangi beban di bagian back-end
  • Mengurangi biaya yang dikeluarkan untuk database sebuah website atau aplikasi

Cara Menghapus Cache

Saat kamu bisa mengakses sesuatu dengan lancar dan baik, seharusnya cache tak perlu dihapus. Pasalnya, cache mampu mempercepat proses menampilkan gambar ataupun file lainnya secara digital. Namun dalam banyak kasus, cache kerap dianggap sebagai penyebab dari lambatnya kinerja suatu device baik smartphone ataupun komputer. Dari hal tersebut, kamu bisa rutin menghapus cache agar mempercepat kinerja device tersebut. Kamu tetap disarankan untuk sesekali menghapusnya agar beberapa data yang dibutuhkan masih tetap tersimpan.

Kamu bisa menghapus cache dengan melihat history yang tersimpan dalam komputer. Kemudian, kamu juga bisa menghapusnya melalui setting lalu pilih opsi penyimpanan. Cache pun bisa kamu hapus secara berkala. Akan tetapi, saat menginginkan komputer terbebas dari penumpukan data, kamu bisa menghapus keseluruhan dari cache tersebut.

Baca Juga : 

Nah, itu dia pemahaman terkait cache yang bisa kamu terapkan dalam menggunakan perangkat digital. Cache memiliki sisi positif dan juga negatif. Kamu bisa menghapus cache saat komputer terjadi error ataupun penyimpanan telah penuh. Cache juga sangat berguna untuk menyimpan file data. Sehingga, kamu jangan sembarang menghapusnya, ya. Pahami dengan baik dan terapkan dalam penggunaan perangkat komputer secara bijak.

Baca Juga: Cara Membuat Blog Anda Memuat Lebih Cepat

Kursus belajar pemograman dengan nuxt js
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *