Tanggal:17 June 2024

Apa Itu Debugging?

Jika Kalian ingin menjadi seorang programmer pasti pernah mendengar kata debugging bukan? Apa itu debugging?

Penjelasan dibawah ini akan menjelaskan pengertian daripada debugging.

Pengertian Debugging

Debugging adalah sebuah metode yang dilakukan oleh para pemrogram dan pengembang perangkatlunak untuk mencari dan mengurangi bug, atau kerusakan di dalam sebuah program komputer atau perangkat keras sehingga perangkat tersebut bekerja sesuai dengan harapan.

Debugging cenderunglebih rumit ketika beberapa subsistem lainnya terikat dengan ketat dengannya, mengingat sebuahperubahan di satu sisi, mungkin dapat menyebabkan munculnya bug lain di dalam subsistem lainnya.

Bug dengan terjemahan langsung ke bahasa Indonesia adalah serangga atau kutu.

Bug merupakan suatu kesalahan desain pada suatu perangkat keras komputer atau perangkat lunak komputer yang menyebabkan peralatan atau program itu tidak berfungsi semestinya. Bug umumnya lebih umum dalamdunia perangkat lunak dibandingkan dengan perangkat keras.

Kenapa Dinamakan Bug?

Tahun 1945 sewaktu ukuran komputer masih sebesar kamar, pihak militer Amerika Serikat menggunakankomputer yang bernama Mark 1.

Suatu hari komputer ini tidak berfungsi dengan semestinya, setelah komputer itu diperiksa ternyata ada suatu bagian perangkat keras di mana terdapat serangga yang tersangkut.

Setelah serangga itu diangkat dari perangkat keras, komputer dapat berfungsi dengan baik. Maka sejak saat itu kata bug lekat dengan masalah-masalah pada komputer.

Debugging adalah proses menghilangkan bug dari suatu program. Pengujian perangkat lunak adalah proses yang dapat direncanakan dan ditentukan secara sistematis.

Desain test case dapat dilakukan, strategi dapat ditentukan, dan hasil dapat dievaluasi berdasarkan harapan-harapan yang ditentukan sebelumnya.

Debugging terjadi sebagai akibat dari pengujian yang berhasil. Jika test case mengungkap kesalahan maka debugging adalah proses yang menghasilkan penghilangan kesalahan.

Rerekayasa perangkat lunak yang mengevaluasi hasil suatu pengujian sering dihadapkan pada indikasi (simtomatis). Dari suatu masalah perangkat lunak, yaitu bahwa manisfestasi eksternal dari kesalahan dan penyebab internal kesalahan dapat tidak memiliki hubungan yang jelas satu dengan lainnya.

Proses mental yang dipahami secara buruk yang menghubungkan sebuah symptom dengan suatu penyebab disebut debugging.

kursus pelatihan pemograman laravel vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *