Tanggal:03 May 2024

Perbedaan Marketing Dengan Sales

Di Indonesia sangat banyak individu atau perusahaan yang menyamakan antara Sales (Selling) dan Marketing. Padahal keduanya jelas Sangat Berbeda.

Misalnya dalam bidang pekerjaan, seorang Salesman dikatakan berhasil jika orang tersebut telah Berhasil Menjual Produknya Sampai disini tugas Sales telah berhasil. Dan perusahaan pun perlu menghargai hasil pekerjaan seorang Salesman.

Bagaimana dengan seseorang yang bekerja sebagai Marketing? Yuk mari disimak apa saja perbedaan antara Marketing dengan Sales.

Baca Juga | Cara Belajar Digital Marketing Sampai Mahir, Yuk Simak!

Pengertian Marketing

Baca Juga | Apa itu Target Market?

Marketing adalah induk dari Sales atau selling, dan sales adalah bagian dari salah satu proses Marketing.

Dari sisi definisi juga berbeda. Dimana Marketing adalah sebuah Proses pemenuhan Kebutuhan dan Keinginan manusia dengan cara membuat sebuah unit produk atau jasa.

Proses Marketing sendiri jauh lebih rumit dan jauh lebih panjang dibandingkan dengan Selling.

Dalam Marketing dikenal 4P yang terdiri dari :

  1. Product – Seorang Marketing berusaha mencari tahu atau melakukan riset untuk mengetahui produk apa saja yang benar-benar dibutuhkan dan diinginkan.
  2. Price – Seorang Marketing akan memberikan harga yang sesuai dengan yang diminta konsumen agar tidak memberatkan dan sehingga produk memang telah benar bermanfaat dan dibutuhkan.
  3. Place – Seorang Marketing perlu mencari saluran distribusi yang tepat dan efisien sehingga produk atau jasa perusahaan dapat menjangkau Konsumen.
  4. Promotion – Salah satu cara promosi adalah dengan cara Periklanan, Direct Selling (salesman), Customer Relationship Management (CRM), dan lainnya.

Marketing memiliki proses yang lebih panjang daripada selling (penjualan). Seorang Marketing perlu menjaga Product atau Brand product agar sesuai dengan harapan konsumen atau masyarakat.

Baca Juga | Pengertian, Manfaat, Dan Cara Melakukan Marketing Campaign

Pengertian Sales

Dalam Selling (sales) yang terpenting adalah laku. Tanpa terlalu mementingkan dengan pemenuhan kebutuhan apalagi keinginan orang yang penting untung. Disinilah celah dimana banyak orang yang mengasosiasikan miring akan seorang marketing.

Arti Sales atau selling adalah penjualan dan targetnya adalah penjualannya. Seorang penjual dikatakan salesman sedangkan seorang pemasar (lebih luas) dikatakan marketer.

Selling memiliki jangka waktu lebih pendek dalam hal hubungan sedangkan Marketing memiliki jangka waktu yang lebih panjang.

Karena dalam Marketing Kalian tidak perlu membeli produk atau jasa yang telah ditawarkan hari ini. Tapi Kalian bisa memberitahu kepada kerabat Kalian tentang Kalian adalah sebuah keberhasilan dalam marketing (proses promotion telah tercapai).

Kesimpulannya, tidak semua orang mampu melakukan Marketing atau melakukan proses pemuasan kebutuhan dan keinginan manusia.

Baca Juga | Perbedaan Digital Marketing Dan Internet Marketing

basic excel training
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *