Tanggal:19 May 2024
Contoh brosur (belajar-dotcom.blogspot.com)

Brosur: Pengertian, Jenis, Contoh, Fungsi, Cara Membuat

Brosur adalah dokumen kertas informatif untuk iklan, yang dapat dilipat menjadi template, pamflet, atau selebaran. Brosur adalah dokumen promosi, terutama digunakan untuk memperkenalkan perusahaan, organisasi, produk, atau layanan dan menginformasikan kepada pelanggan potensial atau anggota masyarakat tentang manfaatnya.

Baca Juga | Guerilla Marketing: Pengertian, Jenis Strategi, Contoh, dan Manfaatnya

Jenis – jenis brosur

Brosur memiliki banyak jenis yang berbeda, dan setiap jenis memiliki peran yang berbeda untuk dimainkan. Ini dapat diklasifikasikan ke dalam lima jenis berikut sesuai dengan format dan tata letaknya.

1. Gate Fold Brosur

Ini adalah brosur yang sangat jarang karena biayanya yang mahal, yang memiliki pengaruh besar jika digunakan dengan tepat. Desain lipat ke dalam membuatnya nyaman untuk dibawa, dan kualitas kertasnya sangat tinggi; dengan demikian, pembaca dapat menyimpannya untuk waktu yang lama.

Baca Juga | Pentingnya Jingles Untuk Iklan Bisnis Anda

2. Bi-Fold Brosur

Brosur Lipat Dua ditemukan di antara kita setiap hari. Ini adalah salah satu jenis brosur yang paling populer dan banyak digunakan, meskipun memiliki tata letak yang lebih formal daripada brosur lipat tiga. Ini terutama digunakan untuk katalog dan presentasi produk, pameran dagang dan rapat perusahaan, dll.

Baca Juga | Apa Itu Iklan Advertorial?

3. Tri-Fold brosur

Mudah untuk mengetahui ini adalah brosur lipat tiga sesuai dengan namanya. Dan ini adalah brosur yang cukup umum dan bisa kita lihat di mana-mana. Brosur ini memiliki ruang yang cukup bagi para desainer untuk menyajikan informasi dan desain yang menarik, sehingga lebih menarik perhatian pembaca.

Baca Juga | 7 Software Desain Grafis Gratis Terbaik di 2022

4. Z-Fold brosur

Brosur Z-Fold, pada dasarnya lipatan akordeon, adalah pilihan melipat brosur yang bagus karena keserbagunaannya. Desainer dapat memisahkan setiap elemen dengan membuat setiap panel berdiri sendiri, atau mendesain brosur sehingga terbuka lebar dengan satu foto besar dan dramatis.

Baca Juga | Mengenal Direct Marketing? Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya!

Fungsi brosur

  • Menghasilkan penjualan atau prospek. Ini akan digunakan sebagai bagian surat langsung
  • Memberikan informasi produk dan layanan
  • Mendukung pameran dagang dan konvensi
  • Menyediakan berita (tentang produk, layanan, perusahaan, industri)
  • Membangun identitas perusahaan

Contoh brosur

Tour Brosur

Contoh brosur (belajar-dotcom.blogspot.com)

Contoh brosur (belajar-dotcom.blogspot.com)

Seperti yang dapat Anda periksa dari contoh brosur yang tidak dilipat yang digambarkan di atas, ada halaman sampul yang rapi untuk perusahaan pariwisata untuk mencantumkan nama bisnis, tagline kecil, dan informasi kontak di bawah ini. Halaman-halaman lainnya memiliki ruang yang cukup untuk menampilkan tujuan dan rencana perjalanan teratas.

Baca Juga | Apa itu Flat Design? Pengertian, Ciri-Ciri, Sejarah dan Perkembangannya!

Company brosur

Contoh brosur (id.postermywall.com)

Contoh brosur (id.postermywall.com)

Dapatkan petunjuk tata letak profesional yang biasanya dijelaskan dalam surat edaran perusahaan. Sepanjang bagian promosi yang dibuka, Anda dapat melacak beberapa kepala dan sub-judul. Satu-satunya kesamaan antara tur dan templat perusahaan adalah halaman sampul minimalis, jadi dapatkan perhatian terbesar.

Baca Juga | 8 Website Layout Design Terbaik, Bisa Jadi Sumber Inspirasimu!

Sales brosur

Contoh brosur (edrawsoft.com)

Contoh brosur (edrawsoft.com)

Ini adalah salah satu templat yang paling umum dilihat, didistribusikan oleh supermarket, menampilkan barang belanjaan, label, dan harganya. Seperti yang Anda lihat, secara visual menakjubkan dan menarik pada saat yang sama, membedakannya dari dua di atas.

Baca Juga | Rekomendasi Font Populer Terbaik untuk UI Design

Cara membuat brosur

Langkah 1: Sesuaikan tata letak Anda

Brosur harus menarik bagi browser biasa dan pelanggan serius. Memilih tata letak yang tepat sangat penting untuk menarik perhatian pembaca Anda. Dengan program desain berbasis web seperti Lucidpress, Anda dapat menggunakan template atau mendesain brosur Anda dari awal. Keuntungan menggunakan template yang sudah jadi adalah Anda dapat fokus menyusun pesan sambil menghemat waktu.

Baca Juga | Tutorial Flat Design Long Shadow Menggunakan Adobe Illustrator

Langkah 2: Tambahkan foto dan grafik yang menarik

Semua desain brosur yang baik mencakup elemen visual. Gambar yang Anda pilih harus melengkapi teks. Foto sampul yang menarik dapat menjadi kunci untuk membuat audiens Anda mengambil brosur Anda dan menindaklanjuti pesan Anda. Dan jangan lupa untuk menyertakan logo perusahaan Anda di tempat yang masuk akal.

Baca Juga | 8 Efek Photoshop yang Sering Digunakan Para Fotografer

Langkah 3: Tambahkan teks Anda

Tulislah apa yang ingin Anda katakan di sampul depan, sampul belakang, dan isi brosur. Pastikan pesan Anda konsisten dan mudah dipahami. Sampul depan menjual produk atau layanan Anda, sampul belakang menyediakan informasi kontak, dan halaman dalam biasanya menceritakan sebuah kisah atau menyediakan opsi harga (berbagai jenis minuman yang disajikan di kafe atau paket spa, misalnya).

Baca Juga | Cara Menulis Deskripsi Produk yang Baik

Langkah 4: Memasukkan warna

Menggunakan warna dengan baik dalam desain brosur Anda meningkatkan pesan Anda secara visual dan menekankan poin-poin tertentu. Warna sangat erat kaitannya dengan emosi. Menggunakan skema warna yang konsisten dan menyenangkan memberikan pengalaman yang lebih baik bagi pembaca Anda daripada yang terlalu keras, sibuk, atau sulit dibaca.

Baca Juga | Makna Psikologi Warna dalam Desain Logo, Perlu Kamu Ketahui!

Langkah 5: Gunakan tinta yang berkualitas

Sebagian besar printer tidak dapat mencetak hingga tepi kertas. Ini dapat menghasilkan batas putih di sekitar konten Anda. Untuk mendapatkan desain yang memanjang hingga ke tepi, gunakan teknik pencetakan yang disebut full bleed. Ini memungkinkan dokumen yang dicetak dipangkas untuk memberi Anda tata letak visual yang diinginkan tanpa ruang putih yang menonjol.

Baca Juga | Apa Itu Digital Nomad? Pengertian dan Tips Menjadi Digital Nomad

Jika Anda mencetak di rumah, uji satu brosur cetak untuk memastikan alirannya sesuai dengan prediksi Anda. Jika Anda menggunakan printer atau toko fotokopi profesional, hubungi mereka untuk memastikan brosur Anda akan terlihat seperti yang diperkirakan.

Demikian penjelasan artikel diatas semoga bisa bermanfaat ya!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *