Tanggal:21 July 2024
financial freedom adalah

Tips Capai Financial Freedom di Usia Muda

Financial freedom adalah impian banyak orang. Kebebasan finansial dapat diartikan sebagai keadaan seseorang yang bebas menggunakan uang yang dimiliki untuk membeli atau melakukan apa pun. Artinya, kamu dapat mengambil keputusan bebas atas pendapatan yang kamu miliki.

Dilansir dari Forbes, financial freedom adalah kebebasan mengendalikan keuangan pribadi. Kamu juga tidak perlu bekerja sangat keras dan aktif untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti membeli kebutuhan pangan atau membeli pakaian. Kamu dapat menikmati hidup sesuai dengan keinginan tanpa perlu memikirkan kondisi keuanganmu lagi karena semuanya telah tercukupi.

Keuangan merupakan aspek yang cukup krusial dalam kehidupan. Hampir seluruh aspek kehidupan juga membutuhkan uang. Itulah mengapa orang-orang berlomba-lomba untuk mencapai financial freedom demi kehidupan yang sejahtera.

Baca juga: 6 Tips Cara Menabung Agar Keuanganmu Terjaga.

Lantas, bagaimana sih caranya untuk mencapai financial freedom bahkan sejak di usia muda? Berikut beberapa tipsnya!

1. Pahami kondisi finansialmu

Financial freedom bukan diukur dari seberapa besar penghasilan yang kamu dapatkan. Ukuran dari financial freedom adalah apakah penghasilan tersebut sudah cukup untuk memenuhi kebutuhanmu atau belum. Kamu harus bisa menghitung seberapa besar pengeluaranmu setiap bulannya.  Jika penghasilanmu belum mampu menutupi segala pengeluaranmu, tandanya kamu belum mencapai financial freedom.

2. Tentukan financial goals

Kamu bisa membuat financial goals terlebih dahulu. Misalnya bulan ini kamu harus menghemat 20%  dari total pengeluaranmu di bulan sebelumnya atau berbagai tujuan keuangan lainnya. Hal ini akan memudahkan kamu menyusun strategi untuk mencapai tujuan tersebut. Terkadang ketika memiliki suatu tujuan, kita akan lebih bersemangat untuk meraihnya.

3. Cari sumber pendapatan lainnya

Jangan pernah lelah mencari peluang untuk meningkatkan pendapatanmu. Kamu bisa mencoba berbisnis kecil-kecilan dengan memanfaatkan media sosial. Selain itu, menjadi seorang blogger juga bisa kamu coba karena akan menghasilkan passive income untukmu. Ketika pendapatanmu semakin banyak, maka semakin besar  pula peluangmu untuk cepat meraih financial freedom.

Baca juga: 5 Ciri Tanpa Sadar Menjadi Pribadi yang Boros, Jangan Mau Tereskploitasi Keuanganmu!

4. Ketika pendapatan meningkat, gaya hidup jangan ikut meningkat

Saat pendapatanmu meningkat, gaya hidup jangan ikut meningkat juga, ya! Terkadang kita suka terlena untuk menghabiskan uang demi gaya hidup karena gengsi, termakan iklan, dan berbagai alasan lainnya. Kamu harus mengingat tujuanmu adalah mencapai financial freedom! Bagaimana bisa mencapai itu semua jika kamu tidak bisa berhemat dan selalu boros?

5. Berinvestasi

Jangan lupa untuk berinvestasi! Uang yang kamu miliki saat ini akan berubah nilainya dalam lima tahun ke depan. Hal itu terjadi karena adanya inflasi. Jika kamu menabung di bank, uangmu akan terus tergerus karena terpotong biaya admin, potongan pajak, dan sebagainya. Dengan investasi, uangmu akan terus bertambah nilainya seiring berjalannya waktu. Namun sebelum berinvestasi, pastikan kamu sudah mempelajari cara kerja serta risiko dalam setiap instrumen investasi.

Baca Juga: 6 Hal Penting Dalam Mengelola Keuangan UMKM

6. Lunasi utang

Jika kamu memiliki utang, segera lunasi. Hal ini akan meringankan beban sekaligus memudahkanmu untuk segera mencapai financial freedom. Kalau bisa, sebaiknya kamu menghindari yang namanya berutang, ya!

Itu dia pembahasan singkat terkait financial freedom beserta keenam tipsnya. Bagi yang ingin segera mencapai financial freedom, kamu bisa  mengikuti tips-tips di atas, ya! Jangan pernah patah semangat, apalagi jika kamu masih di usia yang produktif untuk bekerja.

Selalu ingat peribahasa “Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian. Bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian” untuk membakar semangatmu!

Baca juga: 4 Tips Hemat Keuangan untuk Generasi Milenial

Jangan lupa untuk mengikuti kursus-kursus seputar keuangan di Vocasia. Kursus di Vocasia bersertifikasi dan didampingi oleh mentor-mentor yang ahli di bidangnya. Selain itu, harganya juga terjangkau dan bisa diakses selamanya! Segera daftarkan dirimu sekarang juga dengan klik di sini!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *