Tanggal:29 April 2024

6 Tips Cara Menabung Agar Keuanganmu Terjaga.

Ada tips menabung yang bisa kamu lakukan, salah satunya dengan berhemat dan berinvestasi. Namun, kedisiplinan menetapkan target dan memonitor tabungan juga sangat dianjurkan aset kita makin bertambah.

Dengan mengetahui tips menabung yang benar, kita bisa mencapai tujuan finansial dengan mudah. Mulai dari pengusaha, karyawan, mahasiswa, atau pelajar harus mengerti cara untuk menabung dengan baik untuk masa depan masing-masing.

Tujuan menabung setiap orang bisa beragam. Ada yang ingin menabung untuk membeli rumah, menabung untuk biaya pernikahan, atau untuk menabung dalam satu tahun untuk tujuan jangka pendek. 

Simak Beberapa Cara Menabung Yang Baik :

1. Buat tujuan keuangan dan tujuan menabung berdasarkan jangka waktu

Tuliskan semua keinginan yang ingin kamu capai dengan menabung. Biasanya, semua orang akan menuliskan keinginan-keinginan seperti membeli kendaraan, gadget baru, jalan-jalan, berangkat haji, atau menikah.

Setelah itu menuliskan keinginan yang kita miliki, silahkan jabarkan berdasarkan jangka waktu pencapaiannya

Baca Juga: Membuat website gratis

2. Cara Menabung Efektif sistem Tanggal

Ingat menabung bukanlah penyisihan uang sisa, namun menyisihkan uang sebelum digunakan.

Cobalah tips menabung terbalik tanggal ini, misalkan dalam satu bulan terdapat 30 hari.

Jadi pada tanggal 1 kamu harus menabung sebesar Rp30.000, pada tanggal 2 menabung sebesar Rp29.000, tanggal 3 menabung sebesar Rp28.000 dan seterusnya.

Sampai pada akhir bulan tanggal 30 kamu memasukan uang Rp1.000 ke dalam tabungan yang terlah di isi sebulan penuh.

Dalam 30 hari saja kamu kurang lebih telah menabungkan sebesar Rp465.000.

Lakukan hal tersebut rutin setiap bulannya.

Sesuaikan juga dengan ada berapa hari dalam satu bulan tersebut.

Misalkan dalam satu bulan terdapat 31 hari, mulailah menabung pada tanggal 1 dengan nominal uang Rp31.000 yang disisihkan ke dalam tabungan kamu.

Baca juga: Destinasi terbaik di Indonesia di tahun 2021

3. Menabung Uang Receh

Jangan anggap remeh uang receh, kamu pernah mendengar pepatah yang mengatakan bahwa sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit.

Nah, belajar dari pepatah tersebut coba kamu kumpulkan setiap uang receh yang didapat dan ditemukan dalam tas, saku, ataupun dompet setiap harinya.

Sediakan celengan dengan ukuran yang cukup besar, karena uang recehan lumayan memakan tempat.

Kamu pernah mendengar seseorang yang berhasil membeli kendaraan bermotor dengan uang receh?

Nah, cara seperti ini dapat dikatakan menabung mudah yang unik dan efektif juga memiliki dampak besar.

Baca juga: 

6 tips menjadi barista

4. Buat Dua Rekening yang Berbeda

Sangat mudah untuk menghabiskan uang yang ada di dalam rekening, terlebih jika Anda hanya memiliki satu rekening. Meskipun memiliki komitmen kuat untuk menabung dan menerapkan tips menabung uang secara disiplin, ada risiko menggunakan uang tabungan tanpa Anda sadari.

Untuk menghindari permasalahan seperti ini, Anda bisa membuka dua rekening yang berbeda. Rekening pertama digunakan untuk menerima gaji dan memenuhi kebutuhan. Rekening kedua bisa digunakan khusus sebagai rekening tabungan.

Memisahkan dua rekening seperti ini akan membantu Anda melihat banyak hal dengan lebih jelas. Anda bisa melihat berapa banyak uang yang boleh Anda gunakan setiap bulannya. Di sisi lain, Anda juga bisa melihat berapa banyak uang yang tidak boleh Anda gunakan dan harus dijaga jumlahnya.

Baca juga: 4 tips dan cara investasi emas di antam cocok untuk pemula

5. Hindari Pengeluaran yang Kurang Penting

Anggaran bulanan adalah road map dalam mengelola keuangan selama satu bulan. Karena itu, Anda harus mengikutinya. Jika Anda memiliki anggaran, godaan untuk membeli barang-barang yang tidak diperlukan akan semakin kecil.

Menghindari pengeluaran yang tidak begitu penting adalah salah satu kunci menabung. Jika sebelumnya Anda terbiasa membeli kopi di kafe, mulailah untuk mengurangi intensitasnya. Buat kopi sendiri agar lebih hemat.

Jika Anda sering membeli makanan di warung makan, mulailah untuk membeli bahan mentah dan memasaknya sendiri. Cara-cara seperti ini akan membantu menghemat keuangan Anda.

Baca juga: 4 software webinar terbaik di tahun 2021

6. Tingkatkan Penghasilan Anda

Menekan pengeluaran itu baik. Dengan melakukannya, Anda bisa menabung lebih banyak dan mencapai tujuan keuangan lebih cepat. Akan tetapi menekan pengeluaran saja tidaklah cukup. Anda juga harus mencari cara untuk meningkatkan penghasilan.

Ada banyak cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan penghasilan. Misalnya saja dengan mencari pekerjaan sampingan dengan menjadi pekerja lepas atau mulai membangun bisnis Anda sendiri. Jika Anda cukup jeli, tidak sulit melihat peluang-peluang seperti ini.

Selain menyisihkan uang untuk menabung, mulailah untuk berinvestasi. Investasi juga bisa menjadi cara cerdas untuk meningkatkan penghasilan tanpa harus bekerja keras. Jika Anda berhasil menemukan aset yang bernilai dan berpotensi untuk terus tumbuh, Anda bisa mendapatkan pasive income.

Baca juga: Cara branding produk menarik

Tips menabung uang yang satu ini memang terbilang lebih sulit jika dibandingkan dengan tips-tips sebelumnya. Namun jika Anda berhasil melakukannya, hampir bisa dipastikan Anda tidak akan mengalami masalah keuangan di kemudian hari.

basic excel training
Share

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *