Tanggal:27 April 2024

Apa Itu Learning Management System (LMS)? Cari Tahu Yuk!

Pandemi Covid-19 membawa perubahan yang sangat signifikan. Berbagai bidang ikut berubah menyesuaikan keadaaan. Tak terkecuali bidang pendidikan. Learning management system (LMS) hadir membantu dan mempermudah perkerjaan kamu. Tahukah kamu apa itu LMS? LMS ialah perangkat lunak yang dirancang untuk membuat, mendistribusikan, dan mengatur penyampaian materi pembelajaran. LMS dapat digunakan sebagai media pembelajaran jarak jauh.

Pada dasarnya LMS diciptakan untuk mendistribusikan pesan pembelajaran secara luas. Sistem LMS tentu sangat akrab pada kalangan siswa maupun mahasiswa. Kamu pasti sudah mengenalnya, bukan? Ya tentu saja LMS sangat mempengaruhi pendistribusian pesan dalam waktu singkat. LMS bisa kamu akses secara online di mana pun dan juga kapan pun. Namun, apakah kamu tahu apa itu manfaat utama LMS? Yuk, kenali lebih dekat manfaatnya!

Manfaat LMS:

1. Lebih efisien

Kamu tentu bisa membayangkan saat pandemi covid-19 melanda hampir semuanya berhenti sejenak. Berbagai lapisan teknologi mulai mencari terobosan baru. Salah satunya yakni learning management system (LMS). Penggunaan LMS tentu sangat efisien. Hal ini dikarenakan semua orang yang terkoneksi dapat mengaksesnya secara mudah. LMS dirancang melalui sistem online. Lalu, dapat diakses secara bersamaan oleh orang lain. Sungguh sangat membantu pekerjaan kamu, ya.

2. Alternatif pembelajaran online

Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada tatanan kehidupan. Seluruh pekerjaan harus dilakukan secara online. Aktivitas pembelajaran pun ikut berdampak. Namun, adanya LMS menjadi alternatif solusi untuk pembelajaran online. Kamu bisa memanfaatkan akses platform ini lebih mudah dibandingkan bertatap muka langsung. Kamu bisa mengirimkan berbagai materi, tugas, hingga visualisasi video menjadi efektif. Tentu sangat bermanfaat!

3. Mempermudah interaksi

LMS menyediakan fitur obrolan juga, loh. Kamu bisa menyampaikan pesan ataupun menyanggah melalui fitur ini. Orang akan menerima pesan kamu secara praktis. Kamu juga bisa berbalas pesan seputar pembelajaran melalui LMS. LMS dirancang untuk mempermudah interaksi antar pengguna. Tak terkecuali dalam hal mengutarakan pesan. Kamu bisa mengetahui distribusi pesan dari orang lain secara efisien. Tanpa perlu mendatangi orang yang bersangkutan. Menakjubkan!

4. Mendukung visualisasi materi pembelajaran

LMS juga memberikan akses terhadap video, audio, hingga gambar. Berbagai konten visual dapat kamu gunakan dalam platform ini. Kamu bisa mendistribusikan video beriringan dengan audio secara efektif. Penerima pesan juga mampu memberikan tanggapan seusai melihat konten visual milik kamu. LMS memang diciptakan untuk membagikan apa pun. Tak hanya pesan teks saja. Namun, komponen penunjang yakni gambar visual juga bisa distribusikan.

5. Mempermudah aktivitas pembelajaran

Apa itu manfaat LMS yang terakhir? Ya, LMS mampu mempermudah aktivitas pembelajaran kamu. LMS mampu mengoperasikan kuis, tugas, materi, hingga diskusi interaktif dalam satu platform. Kamu bisa mengirimkan tugas hingga membuat kuis secara online. Diskusi interaktif juga bisa dilakukan didalamnya, loh. Para pengguna yang terkoneksi dapat mengutarakan pendapat lebih mudah. Dan tak lupa, mengirimkan materi diskusi juga menjadi efisien. Sangat membantu sekali, ya.

Baca juga : Media Pembelajaran Penunjang Semangat Belajar

Cara Menerapkan LMS :

Cara menerapkan learning management system (LMS) dapat diikuti dengan pola pembelajaran jarak jauh. Pada dasarnya LMS memang diperuntukkan mempermudah pembelajaran online. Keterbatasan aktivitas membuat semuanya perlu beradaptasi. Kamu juga bisa beradaptasi melalui penggunaan platform online ini. Mulai beralih menjadi serba online sangat menguntungkan. LMS dapat diterapkan pada berbagai bidang yang membutuhkan pendistribusian pesan secara cepat. Dan juga dapat memuat jumlah orang yang sangat banyak. Penggunaan LMS dinilai begitu efektif dan efisien untuk digunakan.

Nah, itu dia seluk-beluk tentang learning management system (LMS). Kamu bisa menerapkannya pada aspek pendidikan yang sedang ditempuh. LMS memang sangat mempermudah pergerakan aktivitas kamu, ya. Semuanya menjadi lebih mudah dan efisien dalam satu waktu. Kamu tak harus bersusah payah keluar untuk mengirimkan beragam berkas. Hanya dengan mengakses platform online ini, semua permasalahan dapat terjawab. Pahami berbagai fiturnya dan terapkan manfaatnya, ya. Selamat belajar!

kursus pelatihan pemograman laravel vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *