Tanggal:18 July 2024
jadwal post tiktok

PRIME TIME: Waktu Terbaik untuk Posting di Media Sosial

Akhir-akhir ini, media sosial marak digunakan oleh segala kalangan. Anak-anak, remaja, hingga dewasa kebanyakan memiliki akun media sosial.Tujuan dari penggunaannya tentu berbeda, bergantung pada masing-masing individu. Ada yang menggunakan media sosial sebagai sarana hiburan, sumber informasi, hingga ladang penghasilan.

Sebagai sarana hiburan, ia digunakan untuk membagikan tiap momen bersama orang-orang terdekat. Tak hanya itu, konten yang menghibur juga bisa membuat pikiran lebih fresh. Sementara itu, medsos juga menjadi sarana pemerolehan informasi. Siapa sangka, banyak orang hebat yang membagikan ilmu secara gratis melalui akun media sosial pribadinya.

Tujuan lain dari post di media sosial adalah untuk meraup keuntungan. Bagi pebisnis, ia sering digunakan sebagai media promosi. Berbeda dengan dua tujuan lainnya, promosi harus menggunakan trik yang tepat dan jitu. Jadwal pengunggahan dan interest audience adalah dua hal yang perlu diperhatikan.

Tahukan kamu, bahwa tiap medsos memiliki prime time yang berbeda-beda? Oleh karena itu, para pebisnis harus mengetahui masing-asing jadwal post terbaiknya. Hal tersebut dilakukan guna meraup keuntungan yang sebanyak-banyaknya.

Artikel ini akan membahas mengenai jadwal post terbaik yang dimiliki tiap media sosial. Simak artikel ini hingga akhir, ya!

Baca juga : 7 Ide Bisnis Digital yang Paling Diminati

Jadwal Post TikTok

Dalam TikTok, terdapat istilah bernama FYP atau For You Page. Setiap orang berlomba-lomba melakukan segala cara agar konten yang mereka buat FYP. Mengapa demikian? Apabila konten kamu naik, maka ia dapat menjangkau banyak orang dan sesuai sasaran. Jika kamu sedang promosi produk, hal yang akan kamu dapat adalah keuntungan yang meledak dan berlipat. 

Seperti yang kita ketahui, Senin merupakan hari yang sangat sibuk. Oleh karena itu, jadwal post tiktok di hari Senin adalah pada jam-jam yang tidak terlalu hectic. Kamu bisa mengunggah videomu saat waktu makan siang yakni pukul 12.00 WIB. Selain itu, pukul 22.00 WIB juga dapat digunakan, karena itu adalah waktu menuju tidur. Waktu tersebut sangat pas, karena biasanya sebelum tidur orang akan melihat medsos meski hanya sebentar.

Kecuali hari Senin, jadwal  post TikTok untuk hari-hari lain dapat diseragamkan. Prime time TikTok di hari lain adalah sebagai berikut:

  • 07.00 – 08.00
  • 13.00 – 14.00
  • 16.00 – 17.00
  • 18.00 – 21.00

Jadwal Post Instagram

jadwal post ig

Sama seperti TikTok, Instagram juga dapat digunakan sebagai sarana promosi. Jadwal pengunggahan paling baik di Instagram adalah sekitar pukul 11.00 hingga 13.00 WIB dan pukul 19.00 hingga 21.00. Mengapa demikian? Di waktu tersebut biasanya orang-orang dalam keadaan santai atau istirahat. Di siang hari, mereka menghabiskan waktu pada pukul tersebut untuk makan siang dan membuka medsos. Sementara itu, di malam hari biasanya pengguna Instagram akan membuka medsosnya untuk menyegarkan pikiran. Pada waktu tersebut, mereka sudah akan beranjak tidur dan tidak memiliki aktivitas lain.

Namun, kamu harus menghindari hari Minggu. Minggu dianggap hari paling buruk untuk mengunggah sesuatu di medsos. Mengapa demikian? Saat weekend kebanyakan orang memilih menghabiskan waktunya dengan berlibur dan berkumpul bersama keluarga. Oleh karena itu, mereka akan jauh dari media sosialnya.  Jadi, hari Selasa, Rabu, dan Kamis adalah hari terbaik untuk mengunggah konten Instagram.

Baca juga : Cara Melihat Insight Instagram Post Dan Story, Yuk Coba!

Jadwal Post Youtube

jadwal post youtube

Bagi para Youtubers, trending adalah suatu impian dan pencapaian yang luar biasa. Agar konten memiliki banyak views, kamu harus mengunggahnya di hari Sabtu dan Minggu pada pukul 09.00 hingga 11.00. Namun, waktu terbaik Youtube tetap jatuh pada hari Kamis dan Jumat saat pukul 12.00 hingga 16.00 WIB. Sementara itu, kamu perlu menghindari hari Senin, Selasa, dan Rabu. Pada hari tersebut, orang-orang disibukkan dengan pekerjaannya. Mereka tidak memiliki waktu untuk melihat video dengan durasi yang cukup panjang. Instagram dan TikTok lebih dipilih karena ringan dan hanya membutuhkan waktu yang singkat. 

Waktu Post Terbaik Facebook

Para pengguna Facebook kebanyakan adalah orang yang sudah berumur atau para pekerja. Maka dari itu, pilihlah waktu-waktu senggang yang mereka miliki. Para pekerja kantor utamanya, memiliki waktu cukup luang pada pukul 13.00 hingga 16.00 WIB.

Berbeda dengan Instagram, konten Facebook lebih baik diunggah pada hari Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. Jika ingin mendapat engagement yang tinggi, kamu bisa memaksimalkan pada hari Rabu. Sementara itu, hari Selasa merupakan hari yang harus dihindari karena merupakan waktu yang buruk. Jika ingin mendapat engagement yang tinggi, kamu bisa memaksimalkan pada hari Rabu.

Kini, kamu sudah mengetahui Prime Time dari beberapa medsos. Kamu harus menerapkan jadwal post Tiktok, Instagram, Facebook, hingga Youtube, sesuai dengan waktu terbaiknya. Tak hanya waktu, isi dan konten yang diunggah juga harus diperhatikan kualitasnya. Selamat mencoba dan mendapatkan hasil terbaik!

Baca juga : Cara Memasang Iklan di Google Ads

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *