Tanggal:25 May 2024
media pembelajaran

Media Pembelajaran Penunjang Semangat Belajar

Media pembelajaran merupakan seperangkat alat yang digunakan untuk mendukung semangat belajar. Selain itu, alat yang digunakan tersebut menjadi sarana untuk membantu pendidik dalam melakukan proses mengajar.

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

Demi memperlancar proses pembelajaran di dalam kondisi pandemi Covid-19, maka diperlukan suasana yang menyenangkan. Berikut beberapa media yang dapat digunakan untuk menunjang semangat belajar siswa.

1. Melalui Visual 

Media Pembelajaran Visual
Ilustrasi Penggunaan Visual dalam Pembelajaran

Media pembelajaran visual adalah alat yang menggunakan indera penglihatan dalam proses belajar. Selain menjadi penyemangat belajar, unsur visual menjadi hal krusial untuk menarik perhatian dan penyaji ilustrasi fakta agar lebih mudah dipahami. Macam-macam alat penunjang proses belajar melalui visual yaitu gambar, diagram, poster, peta dan sebagainya.

Baca juga: 4 Hal Mengapa Belajar Bahasa Inggris Cukup di Duolingo!

2. Berbentuk Audio 

Ilustrasi Penggunaan Audio dalam Pembelajaran

Media pembelajaran audio adalah alat yang menggunakan indera pendengaran untuk menyajikan ide dalam proses belajar. Melalui perantara audio, pembelajaran dapat disampaikan melalui kata-kata maupun bunyi-bunyian sebagai penyemangat proses pembelajaran. Macam-macam media penunjang proses belajar yang menggunakan audio adalah radio, siniar/podcast, piringan hitam, laboratorium bahasa, dan sebagainya. 

Baca Juga | Rekomendasi Lagu-Lagu Yang Cocok Untuk Menemani Kerja

3. Media Proyeksi Diam 

Ilustrasi Penggunaan Proyeksi Diam dalam Pembelajaran

Media pembelajaran proyeksi diam merupakan alat yang menyajikan pesan atau hal yang ingin disampaikan pendidik berbantuan proyektor. Macam-macam alat bantu pembelajaran yang diproyeksi diam adalah film bingkai (slide), film rangkai (film strip), proyeksi mikro, dan sebagainya. 

Meski digunakan sebagai alat untuk menyampaikan pelajaran dengan lebih efektif, penggunaan alat bantu tersebut juga perlu diperhatikan. Hal ini mengingat satu jenis media tidak cocok untuk semua proses dan tujuan belajar. Variasi penggunaan media untuk menunjang proses pengajaran di kelas memang diperlukan, namun jika digunakan terlalu banyak dapat menghambat keberlangsungan proses belajar.

Penggunaan media tersebut diharapkan dapat membuat siswa berperan aktif di dalam kelas.

Perkembangan alat penunjang pembelajaran akan terus terjadi seiring perkembangan teknologi dan proses belajar di lapangan. Pengguaan media tersebut diharapkan dapat membat siswa berperan aktif di dalam kelas.

Baca Juga | Apa Itu Profesi Data Analyst?

Baca Juga | Cara Belajar Digital Marketing Sampai Mahir

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *