Sobat Vocasia tanpa disadari pasti setiap hari menggunakan mobile banking. Mobile banking sangat memudahkan aktivitas manusia dalam bertransaksi. Banyak sekali fitur yang ditawarkan oleh mobile banking untuk memudahkan urusanmu.
Baca Juga | Apa Itu Rekonsiliasi Bank?
Ketika berpegian keluar rumah, sering kali kamu lupa untuk menyiapkan uang tunai, solusi terbaik dari itu ialah dengan mobile banking. Aplikasi mobile banking dapat dengan mudah didapatkan, Sobat Vocasia hanya tinggal mengunduh aplikasi tersebut sesuai bank digunakan. Untuk lebih jelasnya, mari simak rangkuman Vocasia di bawah ini.
Baca Juga | 100+ Daftar Pinjaman Online Resmi: Aman, Mudah, Berizin OJK
Pengertian Mobile Banking
Mobile banking merupakan layanan yang memungkinkan nasabah bank melakukan transaksi perbankan melalui ponsel atau smartphone. Layanan mobile banking dapat digunakan dengan menggunakan menu yang sudah tersedia melalui aplikasi yang dapat diunduh dan diinstal oleh nasabah. Mobile banking menawarkan kemudahan jika dibandingkan dengan SMS banking karena nasabah tidak perlu mengingat format pesan SMS yang akan dikirimkan ke bank dan juga nomor tujuan SMS banking.
Mobile banking merupakan inovasi digital dari perbankan konvensional. Secara singkat, ini merupakan layanan elektronik milik bank yang dapat diakses dengan internet melalui sebuah aplikasi di ponsel. Apabila dulu nasabah harus datang ke kantor cabang terdekat dan mengantri di mesin ATM untuk melakukan transaksi, kini hal tersebut dapat dilakukan di mana saja melalui smartphone kamu.
Baca Juga | Apa Itu Cashless
Dengan mobile banking atau m-banking, nasabah bisa melakukan berbagai transaksi keuangan layaknya transaksi di ATM. Mulai dari transfer, isi pulsa, token listrik, hingga lainnya. Jadi, nasabah bisa melakukan pembayaran penting di mana dan kapan saja.
Lebih hebatnya lagi, cek rekening bank, pembelian online, pembukaan rekening, dan investasi juga bisa dilakukan dalam satu aplikasi mobile banking. Dengan teknologi ini, segala urusan perbankan dapat terselesaikan dalam hitungan detik. Hebat bukan?
Baca Juga | Apa Saja Alat Pembayaran Non Tunai?
Fitur Mobile Banking
Mobile banking memiliki beragam fitur atau layanan perbankan yang bisa dinikmati nasabahnya. Artinya, mobile banking benar-benar seperti fasilitas mesin ATM dalam versi yang lebih praktis. Umumnya, terdapat perbedaan dalam fitur m-banking, namun secara umum memiliki kesamaan, sama-sama ada fitur transaksi transfer uang.
Baca Juga | 9 Aplikasi Pengatur Keuangan, Solusi Terbaik Mengendalikan Keuangan Yang Terpercaya, Yuk Coba!
Berikut ini beberapa fitur yang bisa dinikmati di sebagian besar aplikasi mobile banking.
- Layanan transfer antarbank.
- Layanan pembayaran tagihan kartu kredit.
- Layanan pembayaran kebutuhan rumah, seperti listrik, PDAM, hingga internet.
- Layanan pembayaran premi BPJS Kesehatan dan asuransi swasta lainnya.
- Layanan pembelian dan top up dompet digital, seperti OVO, Gopay, hingga LinkAja.
- Layanan pembayaran pajak.
- Layanan investasi seperti deposito.
- Layanan administrasi perbankan, seperti cetak rekening koran, penggantian PIN ATM, layanan lainnya.
Baca Juga | Mengenal Lembaga Keuangan Bukan Bank Beserta Fungsinya
Fungsi Mobile Banking
Adapun beberapa fungsi lain mobile banking, yaitu:
- Memungkinkan nasabah melakukan pengecekan saldo dan riwayat transaksi perbankan.
- Melakukan pembayaran transaksi keuangan dari orang ke orang.
- Menyediakan informasi letak ATM atau kantor cabang bank terdekat.
- Memberikan laporan dan ringkasan aktivitas keuangan sesuai dengan permintaan nasabah.
- Memberikan pemberitahuan tentang aktivitas penggunaan transaksi keuangan.
- Memberikan layanan pembayaran tagihan secara elektronik, misalnya bayar listrik, bayar paket internet, TV kabel, dan layanan lainnya.
Baca Juga | Apa Itu Mutasi Rekening? Arti, Manfaat Dan Cara Cek Untuk Mengetahuinya
Cara Kerja Mobile Banking
Untuk menggunakan mobile banking, nasabah harus mendaftarkan diri terlebih dahulu ke bank. Nasabah dapat memanfaatkan layanan mobile banking dengan cara mengakses menu yang telah tersedia pada aplikasi yang ter-install di ponsel. Apabila nasabah menggunakan mobile banking melalui aplikasi yang terinstal di ponsel, nasabah harus mengunduh aplikasi pada telepon seluler terlebih dahulu. Pada saat membuka aplikasi tersebut, nasabah harus memasukkan User-ID dan password untuk login, kemudian nasabah dapat memilih menu transaksi yang tersedia dan diminta memasukkan OTP saat menjalankan transaksi.
Dengan menggunakan mobile banking, kamu dapat melakukan berbagai transaksi dengan mudah dan cepat. Jangan ragu menggunakan mobile banking, ya! Selalu bijaksana dan waspada dalam bertransaksi, ya, Sobat Vocasia.
Baca juga | Menghadapi Tantangan Era Ekonomi Digital, Sudah Siap?
Leave a Reply