Tanggal:22 June 2024

9 Aplikasi Pengatur Keuangan, Solusi terbaik Mengendalikan Keuangan Yang Terpercaya, Yuk Coba!

Mengatur dan mencatat keuangan terkadang bukanlah hal yang mudah. Apalagi kalau dilakukan secara manual dengan tulis tangan, pasti ribet dan merepotkan. Nah, kabar baiknya  sekarang sudah banyak aplikasi pengatur keuangan sehari-hari secara praktis. Caranya pun mudah, kamu hanya perlu menginput nominal uang yang kamu keluarkan sesuai tanggalnya.

Nantinya, aplikasi tersebut bisa membuat rangkuman pengeluaran dan pemasukan kamu selama sebulan. Selain itu, aplikasi pengelola keuangan ini pun bisa membantu kamu menjaga keuangan tetap stabil dan membantu kamu untuk tidak boros, lho! Dengan begitu, kamu bisa lebih aware terhadap saldo keuanganmu melalui kalkulasi otomatis dari aplikasi tersebut.

Berikut di bawah ini kami rekomendasikan beberapa aplikasi pengatur keuangan yang dapat membantumu mengelola keuangan pribadi secara lebih rigid dan transparan. Yuk simak satu per satu!

Baca juga | Yuk Mengenal Kakeibo, Teknik Mengatur Keuangan ala Orang Jepang!

9 Rekomendasi Aplikasi Pengatur Keuangan

Berikut ini sembilan daftar aplikasi pengatur keuangan terbaik yang bisa kamu unduh dan gunakan di ponsel pintar kesayanganmu.

1. UangKu

Aplikasi Atur Uang: UangKu

UangKu adalah aplikasi keuangan yang cocok untuk orang-orang yang belum pernah menggunakan aplikasi pengatur uang. Dengan fitur yang terperinci serta terstruktur dan dikemas dengan sederhana, para pemula tidak akan kesulitan untuk mengoperasikan aplikasi ini. Saat menggunakan aplikasi ini, kamu akan diminta untuk mengisi target tabungan dan pengeluaran selama satu bulan.

Lalu, aplikasi ini secara otomatis akan menganjurkan berapa batas uang yang bisa kamu keluarkan setiap harinya untuk mencapai target yang kamu ingin capai. Pengeluaran dan pemasukan yang tercatat di dalam aplikasi bisa kamu kelompokkan dalam berbagai kategori. Hal ini akan membantu kamu melacak uang yang masuk dan keluar.

Baca Juga | Dijamin OJK, 7 Aplikasi Dompet Digital Teraman

2. Wallet

Aplikasi Atur Uang: Wallet

Wallet merupakan aplikasi pengatur keuangan yang dirilis oleh BudgetBakers. Aplikasi pengatur keuangan ini secara umum akan membantumu mengelola dan menghemat uang, serta merencanakan masa depan dengan lebih rinci dan terarah. Wallet dapat membantumu untuk melihat semua catatan keuangan dalam satu wadah praktis yang dapat diakses lewat smartphone.

Aplikasi pengatur keuangan ini memungkinkan pengguna untuk memantau pengeluaran harian secara otomatis, dan juga dapat disinkronisasikan dengan akun bank. Wallet juga dapat mempelajari laporan pengeluaran mingguan, mengelola utang, dan melacak tagihan kapan pun dan di mana pun.

Baca juga | 8 Cara Sederhana Mengatur Keuangan Pribadi yang Baik

3. Sribuu

Aplikasi Atur Uang: Sribuu

Sribuu adalah aplikasi catatan keuangan yang bisa kamu unduh di perangkat ponsel Android maupun iOS. Aplikasi ini merupakan karya anak bangsa dengan fitur pencatatan keuangan yang super lengkap dan tampilan yang simpel untuk dioperasikan. Dengan Sribuu, kamu bisa mengatur budget bulanan hingga menyambungkan ke rekening bank untuk mencatat pengeluaran dan pemasukan secara otomatis.

Setelah catatan keuangan kamu tercatat dengan rapi, Sribuu akan memberikan analisis terkait kondisi keuangan kamu yang kemudian bisa kamu konsultasikan secara langsung ke financial planner melalui fitur chat.

Baca Juga | Mengenal Apa Itu Gestun Dan Alasan Mengapa Berbahaya

4. Goodbudget

Aplikasi Atur Uang: Goodbudget

Keunikan aplikasi ini adalah fitur amplop yang membantu kamu membagi pendapatan bulanan berdasarkan kategori pengeluaran tertentu dengan lebih mudah. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu juga tidak perlu menyinkronkan perangkat lunak dengan akun bank. Kamu cukup menuliskan secara manual untuk menambahkan saldo, uang tunai, dan daftar utang ke dalam perangkat tersebut.

Kemudian, kamu juga dapat mengakses akun yang sama dalam aplikasi ini lewat beberapa perangkat, sehingga anggota keluarga dan mitra bisa membuat anggaran bersama. Untuk versi gratisnya bisa digunakan oleh dua perangkat dengan satu akun disertai dengan pencantuman anggaran amplop yang terbatas. Sementara untuk versi berbayar dikenai biaya sebesar USD 6 per bulan atau USD 50 per tahun.

Baca Juga | Wajib Tahu! Inilah Kelebihan Dan Kekurangan Kartu Kredit

5. Spendee

Aplikasi Atur Uang: Spendee

Spendee merupakan aplikasi yang membantu kamu untuk mengatur budget dan pengeluaran, sekaligus merencanakan dan melacak pengeluaranmu secara mudah dan otomatis. Aplikasi pengatur keuangan ini bahkan diklaim dapat melihat dan mempelajari kebiasaan seseorang dalam mengeluarkan uang. Hal ini memungkinkan kamu untuk melacak dan mengatur prioritas keuangan secara bertanggung jawab.

Spendee juga dapat dihubungkan dengan akun bank daring milikmu, baik e-wallet maupun mata uang kripto. Selain itu, aplikasi pengatur keuangan ini juga dapat mengoptimalkan pengeluaran dan mengaturnya serta memberikan analisis dengan grafik atau infografis sederhana.

Baca Juga | Pengertian Revenue Dan Perbedaannya Dengan Income

6. Monefy

Aplikasi Atur Uang: Monefy

Sedang mencari aplikasi untuk mengatur keuangan keluarga atau bersama pasangan? Monefy bisa jadi pilihanmu sebagai aplikasi pengatur keuangan terbaik bagi keluarga. Terdapat pula fitur sinkronisasi akun dengan memanfaatkan Dropbox, sehingga kamu bisa bersama memantau pengeluaran keluarga secara real time.

Selain itu, Monefy juga memiliki fitur antarmuka yang mudah dipelajari serta digunakan, yang perlu kamu lakukan adalah memasukkan angka pengeluaran dan pemasukan. Setelah itu, aplikasi akan secara otomatis mengelompokkan jenis transaksi tersebut ke dalam pos yang sesuai.

Baca juga | Analisis Rasio Keuangan: Arti, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya dalam Laporan Keuangan!

7. Cash Droid

Aplikasi Atur Uang: Cash Droid

Aplikasi catatan keuangan ini memiliki tampilan sederhana yang mampu menunjukkan grafik keuangan pribadi dengan simpel. Pengembang dari aplikasi pengatur uang ini mengklaim jika Cash Droid merupakan app pengatur keuangan terbaik yang ada di kelasnya. Salah satu alasannya adalah karena tampilan grafiknya yang mampu menganalisis keuangan dan file CSV impor (untuk versi Cash Droid Pro).

Tak hanya itu, aplikasi ini juga mampu mengelompokkan berbagai macam pemasukan dan pengeluaran. Seperti misalnya kamu bisa mengelompokkan sumber dana yang kamu miliki yang berasal dari gaji pokok, serta pembayaran asuransi dan tagihan bulanan yang dikelompokkan dalam kategori pengeluaran.

Baca Juga | Mengenal Lembaga Keuangan Bukan Bank Beserta Fungsinya

8. Finansialku

Aplikasi Atur Uang: Finansialku

Jika kamu memiliki tujuan finansial seperti membeli mobil, membeli rumah, berangkat haji, dan lain-lain, cocok sekali menggunakan aplikasi Finansialku. Aplikasi ini bisa memberikan catatan proses tabungan kamu untuk mencapai tujuan finansial.

Caranya cukup masukkan nominal tabungan yang ingin dicapai sesuai dengan tujuan finansial, lalu masukkan setiap jumlah tabungan yang disimpan ke rekening. Selain tabungan, aplikasi ini juga memungkinkan kamu untuk mencatat seluruh pengeluaran.

Baca Juga | Daftar Perusahaan Fintech Yang Terdaftar Di OJK

9. Teman Bisnis

Aplikasi Atur Uang: TemanBisnis

Nah, kalau bagi kamu yang sedang membutuhkan aplikasi catatan keuangan untuk bisnis, aplikasi Teman Bisnis sangat cocok untukmu. Dengan Teman Bisnis, para pengusaha termasuk pengusaha kecil bisa mencatat seluruh transaksi pemasukan dan pengeluaran dari berbagai macam sumber yang telah dikategorikan.

Di akhir bulan aplikasi ini juga memberikan laporan secara otomatis terhadap keuangan bisnis kamu, mulai dari laba, rugi, utang, piutang, dan arus kas.

Baca juga | Tugas dan Tanggung Jawab Manajer Keuangan

Itulah beberapa rekomendasi aplikasi pengatur keuangan, yang bisa menjadi solusi terbaikmu dalam mengendalikan keuangan. Sebab memiliki aplikasi pengatur keuangan setiap bulan adalah hal yang wajib diperhatikan lho, agar kamu tidak “kecolongan”. Jadi, sudah tahu akan menggunakan aplikasi yang mana?

Untuk kamu yang ingin belajar mengenai tata kelola keuangan pada sebuah perusahaan, kamu bisa mengikuti course “Kursus Akuntan: Tata Kelola Keuangan Perusahaan”. Di sini kamu akan mempelajari terkait fundamental akuntansi keuangan, siklus akuntansi, metode pengelolaan transaksi keuangan, cara membuat laporan keuangan serta bagaimana cara membaca laporan keuangan, sehingga dapat menjadi insight di dalam mengambil keputusan bisnis.

Baca Juga | Tugas Dan Tanggung Jawab Manajer Keuangan

Kursus online pelatihan membuat aplikasi android dan ios vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *