Tanggal:17 June 2024

Apa Itu Mutasi Rekening? Arti, Manfaat Dan Cara Cek Untuk Mengetahuinya

Nasabah bank pasti tidak asing dengan istilah mutasi rekening. Apa itu mutasi rekening? Bahasa ringannya, mutasi rekening adalah laporan catatan keluar masuknya uang tabungan nasabah.

Banyak sekali manfaat yang dapat diterima nasabah dari kehadiran fitur mutasi rekening ini. Mulai dari catatan pembukuan keuangan, pengingat pengeluaran, serta pengontrol uang tabungan yang ada di rekening. Para nasabah yang sangat sering melakukan transaksi dari bank pasti sudah sangat sering mengecek mutasi rekening mereka, bahkan hanya sekadar untuk mengontrol saja.

Baca Juga | Apa Itu Rekonsiliasi Bank?

Apa itu Mutasi Rekening?

Mutasi rekening adalah salah satu catatan atau riwayat transaksi yang pernah terjadi di suatu rekening bank. Bentuk mutasi rekening ini dapat berupa catatan aliran kas atau dana yang diterima atau dikeluarkan oleh sebuah rekening. Hal ini sangat bermanfaat untuk menjaga keamanan uang yang ditabung.

Dalam kata lain, ketika kamu melakukan sebuah transaksi pengambilan uang dari rekening, secara otomatis aktivitas rekening tersebut akan tercatat dalam mutasi debet pada rekening saldo serta isi tabungan akan mengalami pengurangan. Begitu pun sebaliknya, saat nasabah memasukkan sejumlah dana ke dalam rekeningnya, secara otomatis pengiriman uang tersebut akan tercatat dan masuk ke mutasi kredit. Hal tersebut menjadi catatan bahwa saldo di tabungan mengalami kenaikan atau penambahan.

Pengertian lainnya, mutasi rekening adalah satu di antara berbagai layanan atau fitur yang disediakan oleh pihak bank untuk keperluan nasabahnya. Melalui mutasi rekening, nasabah bank mampu melihat seluruh riwayat atau catatan yang berhubungan dengan transaksi finansial yang pernah terjadi pada rekening tabungannya. Jika ada kejahatan dalam pencurian uang melalui transfer antar bank, nasabah mempunyai bukti yang akurat di dalam mutasi rekening.

Baca Juga | Apa Itu E-Money? Pengertian, Cara Kerja, Jenis, Kelebihan Dan Kekurangan

Manfaat Mutasi Rekening

Secara umum, manfaat mutasi rekening dibagi menjadi 2, yaitu untuk pemilik rekening pribadi dan pemilik rekening bisnis. Bagi perorangan, mutasi rekening adalah metode guna mengontrol transaksi yang dilakukan. Sedangkan bagi para pelaku bisnis, mutasi rekening berguna dalam menjaga keamanan sistem keuangan bisnis Anda.

Berikut ini merupakan beberapa manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan jika menggunakan mutasi rekening.

Baca Juga | 5 Perbedaan Bank Konvensional Dan Bank Syariah Yang Wajib Kamu Ketahui!

1. Syarat Pengajuan VISA

Manfaat pertama dari mutasi rekening adalah sebagai salah satu syarat mendapatkan visa. Beberapa negara biasanya memberikan kebijakan bagi para pendatang dari luar negeri untuk menunjukan riwayat transaksi selama 3 bulan terakhir sebagai salah satu syarat dalam memperoleh visa.

Baca Juga | TKI Jepang : Gaji, Persyaratan, Dan Cara Daftarnya

2. Bukti Transaksi Keuangan

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mutasi rekening adalah bukti transaksi keuangan berbagai kepentingan bisnis maupun pribadi. Dengan adanya bukti tersebut, risiko kecurangan maupun penggelapan dana akan dapat diminimalisir.

Baca Juga | 10 Prinsip Dasar Akuntansi Yang Penting Kamu Ketahui

3. Syarat Pengajuan Kredit (Pinjaman)

Informasi keuangan melalui mutasi rekening juga bisa dimanfaatkan untuk pengajuan kredit, baik itu kredit rumah, mobil, dan sebagainya. Hal ini dilakukan karena mutasi rekening adalah aspek yang dapat membantu bank dalam menganalisis kondisi keuangan Anda.

Baca Juga | Apa Itu Kreditur? Ketahui Pengertian, Peran, Manfaat, Jenis, Dan Contohnya

Cara Cek Mutasi Rekening

Nasabah dapat memilih dari beberapa metode untuk menemukan mutasi akun. Tidak sulit kok, dan nasabah bisa menentukan metode mana yang paling mudah dan praktis untuk mengecek aliran uang masuk atau keluar dari rekening bank nasabah. Berikut adalah beberapa caranya:

Baca Juga | Apa Itu PayPal? Pengertian, Fungsi, Cara Daftar Dan Cara Pakai, Serta Kelebihan Dan Kekurangan

1. Mendatangi Langsung Teller Bank

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk mengecek mutasi rekening adalah dengan mengunjungi langsung kantor cabang dari rekening bank yang kamu miliki dan mendatangi teller-nya. Syarat untuk melakukan pengecekan mutasi dari teller bank adalah membawa kartu identitas dan juga buku tabungan.

Setelah menunggu antrean, kamu dapat menyampaikan keinginan mencetak buku tabungan maupun mutasi rekening kepada teller. Setelah itu, kamu hanya perlu menunggu hingga proses pencetakan selesai. Dengan begitu, kamu bisa melihat seluruh transaksi pada rekening sesuai dengan periode waktu yang ada telah ditentukan.

Baca Juga | 6 Skill Yang Harus Dimiliki Untuk Bekerja Di Bank

2. Melakukan Pengecekan melalui Mesin ATM

Jika tidak mau ribet mengantre di kantor cabang bank, kamu bisa mengecek mutasi rekening melalui ATM. Cara ini terbilang lebih praktis dan hemat waktu karena hanya perlu mendatangi tempat ATM terdekat dengan membawa kartu ATM saja. Simpel, kamu hanya perlu memasukkan kartu ATM seperti saat ingin melakukan transaksi perbankan biasa dan pilih opsi mutasi rekening.

Setelah menunggu beberapa saat, mesin ATM akan mencetak setruk yang berisi beberapa transaksi terakhir dari rekening. Jadi, jika ingin mengetahui mutasi rekening di kurun waktu tertentu, kamu perlu mencoba cara lainnya.

Baca Juga | Apa Itu Virtual Account? Pengertian, Manfaat, Dan Cara Kerjanya

3. Melalui SMS Banking

Cara ketiga untuk mengecek mutasi rekening adalah dengan memanfaatkan fitur SMS banking. Namun, untuk menggunakan cara ini, kamu harus lebih dulu mengetahui akses kode dari bank yang kamu gunakan dan langkah-langkah pengajuan laporan mutasi rekening.

Jika dibandingkan dua cara sebelumnya, cara ini jauh lebih praktis karena bisa dilakukan kapanpun dan di manapun. Hanya saja, nasabah akan dikenakan tarif pulsa dan informasi mutasi rekening dari sejumlah bank juga terbatas hingga 4 transaksi paling baru saja.

Baca Juga | Apa Itu Carding? Waspadai Kejahatan Penipuan, Wajib Tahu!

4. Menggunakan Layanan Mobile Banking

Aplikasi mobile banking bisa dengan mudah diunduh dan dipasang via Google Playstore atau App Store. Cukup dengan melakukan login pada aplikasi tersebut, nasabah bisa memilih opsi mutasi rekening untuk mengetahui informasinya. Seperti SMS banking, cara ini praktis bisa dilakukan di mana dan kapan saja.

Baca Juga | Apa Saja Alat Pembayaran Non Tunai?

5. Melalui Aplikasi Internet Banking

Pada aplikasi atau website Internet Banking, pilih opsi mutasi rekening, dan tentukan durasi atau periode waktu yang ingin dilihat. Tergantung dari kebijakan bank, nasabah hanya bisa melihat mutasi rekening hingga 30 hari terakhir, dan dalam kurun waktu 7 hari saja.

Kelebihan dari cara ini adalah nasabah bisa melakukan pengecekan kapan dan di mana saja, tanpa harus mengeluarkan biaya atau pulsa. Namun, karena berbasis internet, nasabah perlu terhubung ke jaringan internet agar bisa melakukan pengecekan mutasi rekening dengan cara ini.

Baca juga | Transaksi: Pengertian, Sistem, Jenis, Pelaku, Dan Bukti Transaksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *