Tanggal:26 July 2024

Anak Muda Harus Pintar Bangun Networking, Begini Caranya!

Mengikuti perkembangan zaman, sebagai anak muda yang tidak mau ketinggalan segala informasi terkini ada baiknya kamu membangun relasi atau networking. Membangun relasi atau networking merupakan sebuah skill yang wajib dimiliki oleh setiap orang khususnya generasi muda. Dengan memiliki relasi yang tepat, kamu bisa meningkatkan karier, pengetahuan bahkan menambah teman. Supaya kamu semakin paham mengenai networking, yuk simak penjelasan di bawah!

Apa itu Networking?

Networking berasal dari kata network, artinya jaringan. Sehingga networking dapat disimpulkan sebagai proses bagaimana cara kamu untuk memelihara dan membangun jaringan dengan orang lain. Seperti bertukar informasi ataupun menjalin hubungan profesional yang bermanfaat.

Networking harus dibangun dengan siapa pun. Ketika networking dapat dibangun dengan baik, kamu akan lebih mudah meraih peluang kerja, berdiskusi bersama atau melakukan berbagai inovasi untuk perusahaan tempatmu bekerja.

Manfaat Networking

Jangan anggap remeh, ternyata ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan apabila membangun networking dengan orang yang tepat. Berikut beberapa diantaranya:

1. Kolaborasi

Dari networking, kamu dapat membuka peluang adanya kolaborasi antar satu sama lain. Contohnya seperti kegiatan workshop antara usaha kecil mikro dan menengah (UMKM) dengan penyelenggara event (EO) yang saling bekerja sama. Dengan networking, kolaborasi ini akan berjalan dengan lancar karena adanya rasa percaya antar pihak satu dengan yang lainnya.

2. Bertukar Ide

Pernahkah kamu merasa kehabisan ide? Nah, mungkin kamu perlu membangun dan memperluas relasi dengan orang baru agar bisa mendapatkan ide serta wawasan baru. Tak jarang, dari obrolan biasa bisa memberikan kamu sebuah inovasi baru yang bermanfaat untuk pekerjaanmu.

3. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Percaya atau tidak, orang yang sudah terbiasa bertemu dengan orang lain, memiliki tingkat percaya diri yang lebih tinggi. Rasa percaya diri yang tumbuh karena networking ini dapat muncul ketika seseorang mendapat pengakuan dan dukungan dari orang lain atas capaian-capaiannya.

4. Memperkuat Personal Branding

Personal branding merupakan cara mempromosikan diri kamu ke orang lain. Personal branding yang baik akan membentuk kepercayaan orang lain pada kamu. Setelah kamu berhasil menunjukan dan memperkenalkan dirimu, orang akan lebih yakin dan secara tidak langsung akan berdampak pada networking-mu yang semakin luas.

5. Mendapatkan Bantuan

Tips berikutnya, dengan memiliki hubungan relasi yang baik, akan memberikan dampak positif berupa kemudahan dalam mendapatkan bantuan antara satu sama lain. Di sisi lain, tidak ada salahnya juga, kan berbuat baik kepada orang lain yang sedang dalam kesulitan?

6. Kesempatan Mengembangkan Karier

Mendapatkan karier yang bagus adalah impian semua orang. Dengan membangun relasi dengan orang-orang yang berprestasi, bisa membantu kamu dalam mendapatkan karier yang lebih baik. Contohnya seperti motivasi yang diberikan atau bahkan kesempatan kerja sama dengan orang tersebut.

Tips Membangun Networking

Mau mulai bangun relasi, tapi bingung harus bagaimana? Jangan khawatir, Vocasia udah siap untuk memberikan beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

  • Menjadi pendengar yang baik.
  • Bersikap positif dan open-minded.
  • Pahami konteks pembicaraan.
  • Fokus pada kualitas hubungan.
  • Jangan merasa malu atau minder.

Itu dia penjelasan singkat mengenai networking. Untuk kamu yang ingin menambah relasi, pastikan kamu bergaul dengan orang yang tepat, ya! Hindari orang-orang yang memberikan dampak negatif kepada dirimu, semoga berhasil.

Baca juga: Belajar Mengenal Pentingnya Feedback Dalam Komunikasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *