Tanggal:03 May 2024
niche adalah

Apa Itu Niche? Ini Manfaatnya untuk Bisnis

Sebelum memulai bisnis, niche adalah hal penting yang arus ditentukan agar bisnis dapat berjalan dengan baik dan kian berkembang. Ketika menjalankan bisnis, terkadang orang masih ragu dengan apa yang telah dilewati karena dirasa tidak sesuai dengan harapan awal. Besar kemungkinan orang-orang semacam ini belum menentukan niche bisnis yang tepat sehingga hasil yang diperoleh menjadi kurang maksimal.

Tidak hanya pebisnis, niche juga populer di kalangan blogger yang memproduksi konten pada blog pribadi mereka demi mendapatkan banyak kunjungan pembaca. Sebenarnya, apa itu niche? Bagaimana cara menentukan niche? Simak penjelasannya di bawah ini!

Pengertian Niche

Pengertian Niche

Niche market atau dikenal juga sebagai niche adalah sebuah segmen dari target pasar yang lebih besar dan memiliki preferensi atau peminatnya sendiri. Perusahaan atau orang-orang yang berfokus pada niche-nya pasti mampu menyediakan pelayanan dan pengalaman dengan lebih baik bagi konsumen daripada kompetitor yang menargetkan pasar yang lebih besar. Niche dapat diidentifikasi dari berbagai elemen, seperti gender, usia, gaya hidup, hobi, pekerjaan, letak geografis, dan lain-lain.

Masih bingung? Mari kita bahas dengan contohnya. Sederhananya, niche adalah bagian khusus atau spesifik dari sebuah target pasar yang lebih besar. Contoh niche, ada dua jenis sistem operasi populer untuk smartphone, yaitu Android dan iOS. Kedua sistem operasi tersebut memiliki target dan segmentasi pasar yang berbeda-beda. Pasar yang lebih besar dimaksudkan adalah smartphone, sedangkan Android dan iOS adalah segmen turunan dari smartphone.

Baca juga: Memahami Market Development Strategy

Cara Menentukan Niche

Cara Menentukan Niche

Bagaimana cara menentukan niche yang tepat? Yuk simak penjelasan berikut!

1. Menentukan Hal yang Disukai

Dalam berbisnis memang ada kebebasan bagi seseorang untuk menjual produk apa saja. Namun, akan lebih baik jika produk atau layanan yang dijual adalah kesukaan atau favorit pebisnis tersebut. Terlebih lagi apabila memulai bisnis dari hal yang digemari menjadikan bisnis jauh lebih menyenangkan. Agar lebih mudah menentukan niche nantinya, pebisnis sebaiknya menuliskan terlebih dahulu tujuh hingga sepuluh hal yang disukai.

2. Riset Pasar dan Kompetitor

Pebisnis perlu melakukan riset pasar untuk mengetahui apakah hal yang disukai tersebut memiliki peluang menjadi usaha/bisnis. Tanpa riset pasar, seorang pebisnis dapat memprakirakan potensi dan risiko yang akan terjadi. Selanjutnya adalah melakukan riset kompetitor untuk memahami keunggulan dan kelemahannya serta apa yang sudah dimiliki oleh kompetitor sehingga nantinya bisa membantu dalam menciptakan inovasi baru.

3. Membangun Unique Selling Point

Unique selling point adalah keunikan atau ciri khas yang membedakan bisnis dengan kompetitor. Dapat dikatakan bahwa unique selling point adalah inovasi yang harus diciptakan agar konsumen lebih memilih produk perusahaan dibanding produk milik kompetitor.

Setelah menentukan niche yang paling tepat, selanjutnya adalah menggunakan data hasil riset pasar dan kompetitor untuk menciptakan inovasi yang membuat bisnis lebih unik.

Baca juga: Apa itu Six Sigma? Yuk, Terapkan dalam Proses Bisnis!

Manfaat Niche

Niche adalah kunci yang amat penting karena dapat memengaruhi bisnis yang sedang dikerjakan. Pebisnis akan kesulitan untuk memperoleh hasil maksimal apabila tidak menentukan niche yang jelas. Namun, apabila bisnis udah menentukan niche yang tepat, terdapat sejumlah manfaat yang akan didapatkan, di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Berkurangnya Kompetisi

Berkurangnya kompetisi bukan berarti takut untuk bersaing. Jika bisnis dijalankan dengan niche yang tepat maka dapat memperkecil lingkup kompetisi (tidak banyak kompetitor). Begitu pula sebaliknya, jika dijalankan tanpa niche, maka bisnis menjadi sama dengan banyak kompetitor yang menjual produk umum dengan penawaran yang hampir sama.

2. Brand Loyalty

Niche adalah sebuah jalan bagi bisnis untuk menciptakan brand loyalty kepada pelanggan. Meskipun jangkauan niche kecil atau spesifik, berfokus pada kualitas produk dan layanan serta menjaga hubungan baik dengan pelanggan adalah pilihan terbaik untuk memelihara bisnis. Dengan begitu, pelanggan akan memberikan kepercayaannya karena telah dianggap sebagai mitra yang tepat

3. Menekan Biaya Pemasaran

Menetapkan niche berarti segmen pasar yang disasar semakin spesifik sehingga tidak diperlukan pengeluaran biaya besar untuk melakukan pemasaran karena targetnya sudah jelas. Pemasaran untuk niche market sesungguhnya sudah ditargetkan dengan baik sehingga biaya yang dikeluarkan menjadi lebih efektif dan efisien.

4. Keuntungan yang Tinggi

Niche juga dapat mengantarkan bisnis untuk meraih keuntungan yang tinggi. Hal ini dikarenakan produsen memang dapat memenuhi kebutuhan khusus konsumen. Konsumen akan rela membayar lebih untuk mendapatkan apa yang dibutuhkan karena tempat lain tidak menyediakan produk atau layanan tersebut. Dengan demikian, perusahaan dapat memperoleh keuntungan yang tinggi.

Baca juga: Hukum Pareto 80/20, Membantu Meraih Kesuksesan Bisnis Lho!

Demikianlah pembahasan singkat mengenai pengertian niche beserta contoh, cara menentukan, dan manfaatnya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa niche adalah aspek utama yang harus ditentukan sebelum menjalankan bisnis maupun ingin mengembangkan bisnis baru. Setelah memahami cara menentukan niche, langkah selanjutnya yang diambil adalah mencari ide bisnis yang dibutuhkan pasar.

Mencari ide bisnis adalah tahap yang cukup menguras otak. Pernahkan kamu mengalami kebuntuan dalam mencari ide bisnis? Sekarang tidak perlu khawatir! Ada Vocasia yang mengajak pebisnis untuk memahami cara memvalidasi ide bisnis yang dibutuhkan pasar dengan memenuhi kompetisi berikut ini:

  • Cerdas
  • Berorientasi tindakan
  • Inovatif

Ayo miliki kursusnya sekarang!

Baca juga: Yuk Simak Apa itu Marketing beserta Jenis-jenisnya

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *