Tanggal:03 May 2024

Yuk Simak Apa itu Marketing beserta Jenis-jenisnya

Pada zaman sekarang, banyak dunia bisnis yang telah memasuki era baru. Era globalisasi memiliki pengaruh yang signifikan pada setiap usaha bisnis dalam menumbuhkan tantangan baru untuk mempertahankan bisnisnya, dapat memasuki pasar apa pun, baik dalam dan luar negeri.

Dengan kondisi tersebut mendorong para pemasar untuk dapat memahami bagaimana setiap aktivitas bisnis mengalami perkembangan atau berubah. Apalagi setiap perusahaan harus mencari temuan terbaru dalam perumusan strategi pemasarannya.

Teknik dan strategi marketing yang membuat produksi dapat diakses dan dipasarkan. Untuk memasarkan suatu produk, perlu menggunakan teknik pemasaran tertentu.

Fungsi marketing dalam hal ini harus diketahui untuk memaksimalkan peran pemasaran dalam suatu perusahaan yang menjalankan suatu bisnis. Marketing memiliki dampak yang cukup besar terhadap kelangsungan bisnis di masa yang akan datang. Marketing sendiri merupakan kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen dalam berbagai cara seperti pembuatan produk, penetapan harga, lokasi penjualan dan promosi produk.

Nah, pada artikel ini, kamu akan diajak untuk memahami lebih lanjut mengenai istilah marketing. Mulai dari definisi dan juga jenis-jenisnya. Penasaran, kan? Simak lengkap artikelnya berikut ini, ya.

Baca Juga | Yuk Mengenal Digital Marketing, Wajib Tahu Loh!

Apa itu Marketing?

Marketing merupakan upaya memperkenalkan produk kepada pelanggan dan dilakukan dengan berbagai kegiatan mulai dari promosi, distribusi, penjualan, hingga strategi pengembangan produk. Marketing memegang peranan penting dalam perkembangan suatu usaha. Dapat dikatakan tidak ada usaha yang berhasil tanpa upaya marketing yang baik.

Dalam praktiknya, marketing sering kali dimulai dengan melakukan riset pasar dan menganalisis kebutuhan konsumen berdasarkan persona pembeli. Meskipun kedua hal ini dapat dilanjutkan, penting untuk terus menggunakan strategi marketing yang up to date.

Baca juga | Mengelola Bisnis Digital Marketing dengan Facebook Business Manager

Jenis-Jenis Marketing

1. SEO

Search Engine Optimization atau SEO adalah jenis pemasaran yang paling populer saat ini. Proses ini menggunakan optimasi website agar produk atau jasa muncul di mesin pencari seperti Google. Dengan SEO, pemilik produk atau layanan dapat menargetkan dan menganalisis pembeli potensial tertentu, seperti orang berusia antara 18 dan 25 tahun atau orang yang tinggal di kota tertentu.

Baca Juga | Penjelasan lengkap Apa Itu SEO Marketing, Pentingkah?

2.SEM

Search Engine Marketing dikenal dengan singkatan SEM adalah jenis pemasaran yang membuat produk atau layanan yang ditawarkan muncul di urutan pertama mesin pencari. Selain itu, tipe ini dapat memaksimalkan kedatangan calon pembeli dengan metode bayar per klik.

Baca juga | Yuk Ketahui Apa Sih Perbedaan Antara SEO Dan SMM

3. Sosial Media

Sosial media sama populernya dengan SEO. Bedanya di media sosial produk atau jasa yang ditawarkan tidak akan mudah menarik calon pembeli. Memang setiap media sosial memiliki segmentasi dan target pasar yang berbeda.

Baca Juga | Apa Itu Content Marketing? Ini Dia Penjelasannya, Penting Banget Untuk Mengembangkan Bisnis Loh

4.Video

Jenis pemasaran video berubah seiring waktu. Jika dulu video marketing hanya digunakan untuk menarik calon pembeli, kini video marketing juga bisa digunakan untuk membangun loyalitas pelanggan. Contohnya adalah membuat film mini atau serial TV.

5. Blogging dan Media Cetak

Jenis marketing lainnya adalah blogging dan media cetak. Melalui tipologi ini, pemilik produk atau jasa dapat memasarkan produk melalui spanduk dan tulisan (jika menggunakan blog) dan iklan (jika menggunakan media cetak).

Baca juga | Apa Itu Bisnis MLM?

Selain di atas, sebenarnya ada banyak jenis pemasaran. Dimulai dengan ad-lips yang dikembangkan oleh saluran radio atau uji coba gratis yang menawarkan produk gratis dengan periode masa uji coba terbatas.

Itulah penjelasan mengenai marketing dan jenisnya. Untuk kalian para pebisnis wajib tahu. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa untuk baca artikel informatif lainnya, ya!

Baca juga | Pengertian, Manfaat, Dan Cara Melakukan Marketing Campaign

 

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *