Tanggal:25 May 2024
apa itu QRIS

Apa itu QRIS?

Apa itu QRIS? Mungkin pertanyaan ini terbesit olehmu saat hendak melakukan transaksi menggunakan kode QR. Saat ini, metode pembayaran menggunakan QRIS sudah umum digunakan di kota-kota besar. Apalagi, kini pembayaran cashless sangat populer di kalangan masyarakat, khususnya selama pandemi COVID-19.

apa itu QRIS

source: freepik

Lantas, apa sih QRIS itu? Artikel ini akan menjawab pertanyaan itu secara detail. Yuk, simak sampai akhir!

Baca Juga : Apa itu Mobile Banking?

Pengertian QRIS

Sebagian besar dari kamu pasti sudah sering melakukan pembayaran secara cashless non tunai. Bahkan mungkin ada beberapa aplikasi dompet digital ter-install di ponselmu.

Metode bertransaksi ini memang memudahkan kita untuk melakukan berbagai transaksi di mana saja dan kapan saja. Namun, kini ada sebuah teknologi yang lebih memudahkan kita dalam bertransaksi, yaitu QRIS.

apa itu QRIS

source: freepik

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesian Standard. Sesuai dengan namanya, QRIS adalah upaya standardisasi oleh Bank Indonesia untuk semua perusahaan yang memanfaatkan teknologi finansial seperti GoPay, OVO, DANA, LinkAja, dan lainnya.

Dilansir dari Bank Indonesia, QRIS menyatukan berbagai macam kode QR dari beragam Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). Hal itu membuat transaksi digital menggunakan kode QR menjadi lebih cepat, aman, dan pastinya mudah. Untuk itu, setiap penyedia PJSP berbasis QR code baik lokal maupun asing wajib menggunakan QRIS.

Hal ini telah diatur dalam PADG No.21/18/2019 tentang Implementasi Standar Internasional QRIS untuk Pembayaran, seperti yang dilaporkan oleh Katadata. Jadi, semua QR code akan terintegrasi dengan seluruh aplikasi pembayaran dengan satu jenis QR code saja.

Tak peduli alat pembayaran yang kamu miliki, transaksi dapat dilakukan dengan pemindaian di satu tempat yang sama, yaitu pada QRIS di toko yang bekerja sama dengan program ini. Praktis, bukan?

Baca juga: Ini Dia 7 Metode Pembayaran Online Paling Populer di Indonesia

Manfaat QRIS

Sebagai salah satu terobosan teknologi yang kekinian, QRIS adalah solusi untuk pembayaran non tunai yang mudah dan cepat. Berikut manfaat penggunaannya baik bagi merchant dan konsumen:

Apabila kamu seorang pelaku bisnis, kamu sangat diuntungkan dengan adanya teknologi yang satu ini. Berikut keuntungan yang akan kamu rasakan:

1. Satu mitra untuk semua

Jika kamu pemilik merchant, kamu tidak perlu pusing lagi untuk mendaftar di berbagai PJSP agar dapat memaksimalkan pembayaran non tunai dengan konsumenmu. Kamu hanya perlu bermitra setidaknya hanya dengan satu PJSP. Kamu juga sudah bisa menerima pembayaran non tunai dari konsumenmu meskipun mereka memiliki akun dompet digital dari PJSP yang berbeda.

2. Mencegah penipuan

Mungkin kamu pernah menjadi korban pemalsuan uang sebagai pemilik merchant. Nah, dengan adanya metode pembayaran non tunai yang praktis ini, kamu dapat terhindar dari kemungkinan tersebut. Selain itu, QRIS adalah produk Bank Indonesia yang tentunya aman untuk digunakan.

3. Tak perlu menyediakan uang kembalian

Biasanya knsumen yang membayar berturut-turut dengan uang pecahan nominal besar akan membuatmu kesulitan untuk menyediakan kembalian. Namun dengan adanya QRIS, kamu tak perlu repot-repot lagi mencari uang nominal kecil untuk kembalian.

4. Memudahkan analisis penjualan

Manfaat penggunaan QRIS selanjutnya adalah dapat mencatat transaksi secara otomatis. Sehingga, kamu sebagai pemilik merchant akan mudah menelusuri dan menganalisis uang yang masuk.

5. Mempermudah kredit

Selanjutnya, QRIS mempermudah kamu sebagai pemilik merchant untuk mendapatkan kredit ke depannya. Pasalnya, dengan menggunakan QRIS berarti kamu sedang membangun credit profile untuk merchantmu.

  • Manfaat QRIS untuk konsumen

Apabila kamu bukan pemilik usaha, kamu juga pastinya dapat merasakan manfaatnya. Berikut beberapa manfaatnya yang akan kamu rasakan:

1. Tak perlu repot membawa uang tunai

Dengan menggunakan QRIS, kamu tidak perlu repot lagi membawa uang tunai untuk membayar transaksimu. Seperti slogannya, just scan and pay!

2. Kamu tetap dapat bertransaksi, tak peduli apa pun jenis dompet digitalmu

Asalkan kamu menggunakan dompet digital dari PJSP yang terdaftar di Bank Indonesia, kamu bisa bertransaksi di merchant mana pun. Jadi, kamu tak perlu memikirkan kode QR dari PJSP mana yang terdaftar.

Baca juga: Dijamin OJK, 7 Aplikasi Dompet Digital Teraman

3. Aman

Karena QRIS adalah produk Bank Indonesia, QRIS tentunya aman untuk kamu gunakan sebagai alat transaksi.

Baca juga: Transaksi: Pengertian, Sistem, Jenis, Pelaku, dan Bukti Transaksi

Cara penggunaan QRIS

Caranya adalah konsumen bisa memilih dan mengunduh aplikasi pembayaran yang terpasang pada ponsel mereka. Selanjutnya, konsumen perlu melakukan registrasi ke salah satu PJSP.

Jangan lupa, pastikan saldo cukup untuk melakukan transaksi. Melalui aplikasi, konsumen bisa melakukan scan QRIS pada merchant, memasukkan nominal transaksi, mengotorisasi transaksi, kemudian mengonfirmasi pembayaran kepada penyedia barang atau jasa.

Berdasarkan informasi yang ada dari BI, cara menggunakan pembayaran QRIS adalah sebagai berikut:

1. Merchant Presented Mode (MPM) statis

Para merchant hanya perlu memajang satu print-out QRIS. Kemudian, konsumennya hanya perlu melakukan scan, lalu masukkan nominal, PIN dan klik untuk membayar transaksi. Nantinya, notifikasi transaksi akan langsung diterima oleh pengguna maupun merchant. QRIS MPM Statis sangat cocok bagi usaha mikro dan kecil.

2. Merchant Presented Mode (MPM) dinamis

Cara pembayaran selanjutnya adalah MPM dinamis. Di sini QR akan dikeluarkan melalui suatu device. Hal ini bisa dilakukan gratis, lho. Merchant harus memasukkan nominal pembayaran terlebih dahulu, kemudian baru lah pelanggan bisa melakukan scan QRIS. QRIS MPM dinamis ini cocok untuk merchant skala usaha menengah dan besar atau dengan volume transaksi tinggi.

3. Customer Presented Mode (CPM)

CPM ini masih sedang dalam tahap uji coba. Nantinya, pelanggan cukup menunjukkan QRIS yang ditampilkan dari aplikasi pembayaran pelanggan untuk di-scan oleh merchant. QRIS CPM lebih ditujukan untuk merchant yang membutuhkan kecepatan transaksi tinggi seperti penyedia transportasi, parkir, dan ritel modern.

Baca juga: Cara Daftar dan Verifikasi Akun Gopay Plus, Gampang Banget!

kursus pelatihan pemograman laravel vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *