Tanggal:06 May 2024

Memahami Market Development Strategy

Market development atau dikenal luas sebagai pengembangan pasar adalah prosedur pertumbuhan dengan mengambil lebih banyak pelanggan baru untuk produk yang telah ada di ruang publik. Dengan ini, perusahaan maupun pebisnis harus mencari segmen pasar baru. Biasanya hal itu dilakukan jika segmen tersebut sudah siap agar bisa berupaya memperluas wilayah pemasarannya.

Pastinya di setiap pasar memiliki kompetitor, terutama dalam dunia bisnis. Oleh karena itu, perkembangan bisnis yang terpenting adalah adanya suatu inovasi. Tanpa pengembangan bisnis serta inovasi, perusahaan akan tertinggal seiring perkembangan waktu. Hal itu karena kebutuhan konsumen yang serba ingin cepat, aman, serta nyaman. 

Agar lebih paham lagi mengenai market development strategy, Vocasia akan membahasnya secara lengkap. Disimak, ya!

Apa itu Market Development?

Ilustrasi Market Development (Pexels)

Market development adalah salah satu upaya perusahaan untuk meningkatkan penjualan produk yang sudah ada di pasar baru. Kegiatan ini hanyalah sebagian kecil dari berbagai peluang pertumbuhan perusahaan. Strategi ini bertujuan untuk memperkenalkan produk atau layanan yang ada di geografi baru (dari perspektif global).

Market development atau dikenal pengembangan pasar dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu:

  1. Secara geografis, bisnis akan membuka pasar tambahan melalui ekspansi regional, nasional, atau internasional.
  2. Perusahaan berusaha merebut pangsa pasar lain dengan mengembangkan versi produk. Misalnya produk yang ditawarkan dengan kemasan yang lebih mewah, metode pelayanan yang lebih khas, merambah ke saluran distribusi lain, atau memasang iklan di media lain.

Baca Juga :

Strategi dalam Market Development

Ilustrasi Market Development Strategy (Pixebay)

Agar bisnismu berkembang dengan pesat, susunlah strategi dengan detail dan terarah, diantaranya seperti:

1. Pahami persaingan pasar

Dalam dunia bisnis, persaingan merupakan hal yang sangat wajar. Hal itu karena semua pelaku bisnis bergerak untuk mencapai hasil yang diinginkan. Sebagai seorang pengusaha, Anda harus memahami bahwa persaingan di pasar berarti bisnis beroperasi di bidang yang sama.

Bagaimana dengan sistem point of sale, variasi produk, fasilitas, pelayanan, dan lainnya? Cara tersebut bisa mendongkrak penjualan. Dengan memahami persaingan di pasar, Anda dapat mengidentifikasi strategi atau langkah yang tepat untuk menghasilkan penjualan yang tinggi. Pengamatan akan persaingan di pasar membuat Anda mengetahui apa yang dicari konsumen dan apa yang paling menarik bagi konsumen. Namun, perlu diingat bahwa dalam berbisnis, para pihak harus menjaga persaingan yang sehat. Artinya, pebisnis harus menahan diri dari perbuatan-perbuatan yang saling merugikan dan memelihara kerukunan dalam persaingan.

Baca Juga :

2. Tentukan harga ideal berdasar dari survei dan kumpulkan data pasar

Salah satu poin yang selalu menjadi pertimbangan banyak konsumen adalah harga. Menentukan harga terbaik merupakan strategi penting untuk menarik lebih banyak konsumen hingga kesepakatan terjadi. Harga terbaik yang disebutkan adalah patokan paling ideal berdasarkan kondisi ekonomi sekitar, permintaan pangsa pasar, harga bahan baku seperti modal dan keuntungan.

Semuanya harus dicampur dalam proporsi yang tepat agar konsumen puas dan kembali membeli. Namun, hal itu juga tidak membuat perusahaan mengalami kerugian. Konsumen sering melakukan survei atau mencari informasi mengenai harga terbaik untuk kualitas produk atau jasa yang direkomendasikan. Oleh karena itu, sebagai strategi pengembangan pasar, penting untuk menetapkan harga yang paling ideal bagi konsumen untuk ditemukan, bahkan terus menguntungkan bagi para pebisnis.

Baca juga: 

3. Berinovasi dengan variasi produk baru atau peningkatan layanan

Manusia adalah makhluk yang cenderung bosan dengan sesuatu yang monoton. Masyarakat sering kali menuntut inovasi dan kreasi yang provokatif. Meski tetap mengutamakan keunikan, inovasi pada varian baru akan menghasilkan warna yang lebih atraktif. Dengan menerapkan strategi ini, pelanggan lama tidak akan bosan dan akan lebih sering bertransaksi. Sedangkan pelanggan baru akan datang karena tertarik dengan unit baru yang menarik.

Strategi ampuh ini terbukti banyak digunakan oleh pebisnis ternama bahkan perusahaan kelas dunia. Konsumen cenderung tertarik dengan inovasi dan terobosan baru yang dilakukan secara rutin oleh para pelaku komersial. Bahkan, para pelanggan masih akan menunggu produk baru yang Anda rilis di periode berikutnya.

Baca Juga :

4. Memperluas pasar regional dan nasional

Memiliki satu tempat pasar tentunya akan terasa kurang sempurna. Penjualan hanya akan dihasilkan dari satu area itu saja. Namun, jika perusahaan mengambil keputusan untuk meningkatkan penjualan, kemungkinan peningkatan jumlah konsumen masih terbuka lebar. Peningkatan penjualan tentunya akan mendatangkan keuntungan yang menarik.

Ekspansi penjualan dapat dilakukan baik di perkotaan, luar kota, seluruh nusantara, atau bahkan ke luar negeri. Semakin banyak orang yang tahu bisnis Anda, semakin banyak permintaan dan penjualan yang dapat dicapai perusahaan. Perluasan pasar ini dapat berupa pendirian cabang, agen atau sarana distribusi yang meluas ke berbagai wilayah.

Baca Juga :

5. Memaksimalkan teknologi digital sebagai sarana periklanan dan pemasaran

Keberuntungan kaum milenial saat ini adalah hidup dengan nafas digital. Seluruh komponen kehidupan hampir tidak terlepas dari peran penting teknologi. Hadir sebagai solusi atas berbagai permasalahan umat manusia di muka bumi ini, digital dapat digunakan untuk berbagai aktivitas dan bisnis. Beberapa dari mereka melakukan pemasaran dan periklanan melalui platform, situs web, dan akun media sosial.

Di era modern ini, semua perusahaan besar memiliki akun media sosial resmi selain email dan situs web. Mereka juga memiliki media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook dan bahkan aplikasi perpesanan Whatsapp. Cara ini diambil dengan tujuan untuk mendekatkan pelaku usaha dengan konsumen dan lebih merespon kebutuhan dan tuntutan pasar. Hal itu karena semua orang sudah populer dengan aktivitas dunia maya dalam kehidupan sehari-hari. Melalui akun media sosial, konsumen dapat melihat lebih banyak aktivitas bisnis dan akan menerima informasi terbaru, terutama tentang produk atau layanan yang ditawarkan.

Itulah informasi penting mengenai market development strategy. Jika diikuti, strategi di atas bisa meningkatkan pendapatan, loh. Semoga informasi ini bermanfaat dan nantikan juga artikel lainnya dari Vocasia. Ikuti terus media sosial kami agar tidak ketinggalan informasi lainnya, ya!

Baca Juga :

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *