Tanggal:16 May 2024
RDP ADALAH

Apa itu RDP? Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerjanya

Pernahkah kamu mendengar istilah RDP? RDP atau Remote Desktop Protocol adalah sebuah program di Windows yang dirancang agar pengguna dapat mengakses komputer dari jarak jauh atau remote dengan performa yang tinggi. Tak hanya itu, layanan RDP juga bisa dijadikan solusi untuk mengatasi masalah kecepatan internet.

Jadi, di mana pun, kamu tetap bisa menjalankan program dan aplikasi komputer lain walau dari tempat berbeda dan jarak yang jauh. Untuk lebih jelasnya, simak langsung pembahasan lengkapnya di bawah ini, yuk!

Apa itu RDP?

RDP ADALAH

source: pexels

Sesuai namanya, RDP atau Remote Desktop Protocol adalah protokol jaringan ciptaan Microsoft yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan yang lain secara remote. Artinya, protokol ini memungkinkan kamu untuk mengakses komputer lain dan bertransfer data dari jarak jauh. Tak hanya itu saja, kamu bahkan bisa melihat tampilan layar desktop dan menjalankan fungsi-fungsinya.

Namun, penggunaannya tidak terbatas antara perangkat komputer pribadi saja. Protokol ini juga dapat digunakan agar komputer kamu dapat terkoneksi dengan desktop virtual dan server RDP itu sendiri.

Baca juga: Mengenal Virtualisasi: Manfaat dan Jenis-jenisnya

Fungsi RDP

RDP ADALAH

source: pexels

Fungsi utama dari RDP adalah sebagai perangkat administrasi dan implementasi jarak jauh berbasis Virtual Network Computing (VNC). Aplikasi VNC ini memanfaatkan internet untuk memungkinkan satu mesin (klien) mengakses dan mengontrol mesin lain (server) dari jarak jauh.

Selain itu, fungsi RDP adalah dapat mengirimkan data apa pun, mulai dari sinyal perangkat serial, data presentasi, informasi lisensi, dan data yang sangat terenkripsi antara remote server dan klien.

Namun, pada dasarnya fungsi RDP adalah mengirimkan monitor (output) dari remote server ke klien. Jadi ketika kamu menggunakan aplikasi RDP, proses transfer data ke komputer lain akan dimasukkan ke channel remote desktop protocol. Nantinya, sistem operasi pada perangkat yang kamu gunakan akan mengenkripsi data tersebut sebelum dikirimkan melalui port TCP.

Selain itu, fungsi RDP juga bisa meningkatkan koneksi internet yang cepat dan stabil. Bahkan kecepatan internet bisa mencapai 1000 Mbps. Meski begitu, kecepatan koneksi RDP tetap akan dipengaruhi oleh performa server yang digunakan.

Manfaat RDP

RDP ADALAH

source: pexels

RDP sangat direkomendasikan untuk kamu gunakan sebagai salah satu pilihan remote desktop. Berikut 3 manfaat menggunakan protokol ini:

1. Memfasilitasi koneksi internet super cepat

RDP adalah sebuah protokol yang dapat meningkatkan koneksi internet cepat. Dengan menggunakan RDP, kecepatan internet yang bisa digunakan dapat mencapai 1.000 Mbps atau lebih, tergantung dari kecepatan network server RDPnya. Hal ini sangat berguna jika kamu sering mengunggah atau mengunduh data berukuran besar.

2. Menjalankan aplikasi yang selalu berjalan

Dengan menggunakan RDP, kamu dapat menjalankan bot atau aplikasi yang harus selalu berjalan. Untuk itu, koneksi ini tidak akan terputus meskipun komputer dimatikan. Kamu tetap bisa membiarkan bot atau aplikasi menyala asal proses tersebut tidak melampaui bandwidth pada server.

3. Dapat melakukan custom spesifikasi komputer RDP

Memilih RDP juga dapat disesuaikan spesifikasinya. Pada saat pembelian, kamu dapat menyesuaikan spesifikasi komputer RDP yang disewa sesuai dengan kebutuhan.

4. Kuat dalam menjalankan program berat

RDP juga dapat menjalankan program yang luas sesuai dengan spesifikasi server yang digunakan. Semakin baik spesifikasi server yang disewa, semakin baik pula kualitasnya. Kamu juga dapat menjalankan berbagai program berat yang dapat di-install langsung pada RDP.

Bagaimana cara kerja RDP?

Umumnya, yang dibutuhkan untuk menggunakan RDP adalah komputer server dan klien. Anggaplah pengguna yang membuat permintaan sambungan fungsi RDP adalah klien yang mana bisa menggunakan perangkat Windows, macOS, Android, dan iOS untuk remote controlling PC server.

Komputer Windows yang sedang diakses adalah server sehingga klien dapat terhubung dari jarak jauh. Setelah terhubung, pengguna yang membuat permintaan (klien) akan dapat melihat desktop komputer yang mereka hubungkan melalui RDP. Tetapi, pastikan bahwa kedua komputer tersebut sudah meng-install RDP sesuai perannya, apakah server atau klien.

Dengan perangkat lunak klien yang menggunakan RDP atau Remote Desktop Protocol, seseorang dapat terhubung ke komputer manapun yang menjalankan sistem operasi Windows atau sistem operasi lain yang kompatibel.

Apabila kamu ingin mengakses PC dari laptop atau perangkat lain, RDP adalah solusinya. Hal itu karena kamu bisa melihat konten di layar dari jauh, berinteraksi, dan mengontrol fungsi komputer seolah-olah kamu sedang menggunakan PC tersebut secara real-time.

Kamu hanya bisa membuat satu koneksi ke PC Windows yang mengaktifkan RDP. Jika tetap ingin menghubungkan beberapa pengguna sekaligus, kamu perlu komputer server Windows yang sudah menginstal dan mengaktifkan komponen Remote Desktop Services (RDS).

Baca juga: Apa Itu DBMS? Pengertian, Jenis dan Fungsi

Kursus MySQL dan Kursus PHP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *