Tanggal:14 May 2024

Tips Mahir Microsoft Office

Di jaman serba modern ini sudah banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan menggunakan laptop atau pc, misalnya pekerjaan untuk membuat tabel dengan mudah. Salah satu aplikasi pembuat tabel sekaligus pengolah data yang paling populer saat ini adalah Ms Excel.

Penting untuk bisa menguasai Ms Excel saat ini, mengingat skill ini sedang banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Minimal di jaman yang serba modern seperti sekarang ini kamu wajib memahami dasar-dasar penggunaan aplikasi ini.

Lalu terdapat juga aplikasi pengolah kata seperti microsoft word yang biasa digunakan banyak orang untuk membuat suatu dokumen dan masih banyak aplikasi microsoft office lainnya.

Bagi kamu yang saat ini tertarik untuk mempelajari Ms Word, merasa beruntunglah karena kamu sudah menemukan artikel ini. Pada artikel ini, Vocasia akan memberimu tahu cara mudah dan cepat untuk mahir menggunakan microsoft word.

Daripada terlalu banyak basa-basi, yuk simak artikel berikut ini sampai tuntas!

Sebelum masuk ke tahap cara mempelajari ms word, alangkah lebih baik kamu mengenali terlebih dahulu apa saja hal yang bisa kamu buat dengan memanfaatkan aplikasi Ms Word ini, diantaranya adalah :

  • Pembuatan proposal
  • Makalah
  • Buku
  • Novel
  • Sertifikat
  • Kartu ucapan
  • Kartu nama
  • Brosur
  • Pamflet
  • Absensi
  • Surat
  • dan masih banyak lagi dokumen lain sebagainya.

Berikut adalah beberapa hal yang bisa kamu pelajari dalam menggunakan ms word, antara lain:

1. Page setup dan margin

Mengatur Margin Word

Mengatur Margin Word – @windowsku.com

Page setup merupakan fitur dari ms word yang memungkinkan kamu untuk mengatur format halaman word yang akan kamu gunakan. Kamu bisa mengatur satuan jarak antara ujung kertas dengan ujung tulisan dengan satuan centimeter.

Istilah yang digunakan untuk menyebutkan jarak tersebut adalah margin.

Masuk ke menu layout lalu klik menu page setup, kemudian akan muncuk menu untuk mengatur jarak margin di kiri,kanan,atas dan bawah.

Selain itu juga, kamu bisa mengatur ukuran kertas yang digunakan di menu paper.

2. Alinea

Alinea atau paragraf bisa kamu atur juga menggunakan aplikasi ini. Cara mudah untuk membuat paragraf adalah dengan menekan enter.

Untuk mengatur paragraf yang kamu buat, kamu bisa masuk ke menu home lalu klik paragraf. Kemudian akan muncul menu paragraf dan kamu bisa mengarur jarak dan letak paragraf.

3. Header dan Footer

Header dan footer adalah tempat dimana sisa space yang terdapat di atas dan dibawah tulisan yang kamu buat. Dengan menggunakan aplikasi ms word kamu bisa mengedit bagian ini. Biasanya bagian header akan diisikan informasi sumber dokumen dan kemudian pada bagian header akan berisikan informasi mengenai halaman.

Untuk menggunakanya kamu bisa masuk ke menu insert, lalu klik opsi footer atau header. Kemudian akan muncul beberapa pilihan seperti halaman sebelah bawah kiri atau bawah kanan dan lain sebagainya, setelah kamu mengkliknya akan muncul nomor halaman pada dokumenmu di setiap halamannya secara berurutan.

4. Cover

Kamu pernah berpikir untuk membuat cover sangatlah repot, tapi ms word memiliki fitur yang membuatmu lebih mudah membuat cover dokumen.

Caranya mudah, yaitu dengan masuk ke menu insert lalu kemudian klik menu cover page. Maka selanjutnya kamu akan melihat beberapa template pilihan desain cover yang bisa kamu pakai secara gratis.

5. Tema

Tema pada dokumen ini berfungsi untuk memberikan kesan menarik. Dengan fitur tema dari Ms Word ini, kamu bisa menggunakannya tanpa membayar sedikitpun alias gratis.

Walaupun gratis, ms word sudah menyediakan banyak opsi tema yang bisa kamu gunakan sesuai selera kamu.

Cara menggunakannya adalah pertama kamu masuk ke menu design. Klik tombol theme kemudian akan muncul beberapa pilihan desain tema yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Demikian 5 cara mudah mahir menggunakan microsoft office. Semoga bermanfaat!

Nah, ada informasi tambahan nih buat kamu yang bingung mencari tempat untuk mengembangkan potensi diri
Kamu bisa mulai dengan mengikuti pelatihan online bersama Vocasia.
Karena Vocasia merupakan salah satu platform edukasi online yang menyediakan banyak pelatihan keahlian di berbagai macam bidang dengan bantuan mentor-mentor berpengalaman
Yuk segara daftar, klik disini untuk mengunjungi website Vocasia!

Sumber: Windowsku.com

Kursus online pelatihan membuat aplikasi android dan ios vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *