Tanggal:25 April 2024

Apa Itu Trademark? Berikut Penjelasan dan Contohnya

Trademark adalah ciri khas suatu produk yang ditampilkan dalam bentuk frasa, kata, slogan, atau simbol.  Fungsi trademark adalah untuk membedakan keaslian suatu produk dengan produk lain yang sejenis. Dengan adanya trademark, pelanggan dapat lebih mudah menemukan produk yang mereka inginkan.

Kursus online IELTS Vocasia

Di Indonesia, pendaftaran trademark atau merek dagang dapat dilakukan atas hak kekayaan intelektual. Jika pemilik suatu produk atau jasa telah mendaftarkan trademark, pemilik tersebut akan memperoleh perlindungan hukum yang sah. Akan tetapi tidak semua trademark dapat didaftarkan.

Baca Juga | 5 Tips Mempertahankan Bisnis Agar Semakin Tumbuh, Jangan Lengah!

Artikel ini memberikan penjelasannya untuk kalian. Yuk, simak!

Apa itu Trademark?

Trademark adalah salah satu dari berbagai jenis HKI (Hak Kekayaan Intelektual) yang terdiri dari desain, tanda, atau ekspresi yang dapat dikenali pada layanan atau produk yang dipasarkan. Di Indonesia, trademark dikenal sebagai merek dagang. Menurut OJK (Otoritas Jasa Keuangan), merek dagang didefinisikan sebagai simbol yang digunakan oleh pedagang besar. Dalam UU No. 15 Tahun 2001 tentang Merek Pasal 1, merek dagang adalah merek yang digunakan pada barang yang diperdagangkan oleh satu orang atau lebih secara bersama-sama atau oleh suatu badan hukum untuk membedakannya dengan barang lain yang sejenis.

Baca Juga |  Cara Mudah Membuat Desain Logo Yang Menarik, Yuk Coba!

Trademark yang Tidak Bisa Didaftarkan

UU yang membahas tentang trademark adalah No. 15 Tahun 2001. Dalam Pasal 5, ada beberapa merek yang tidak bisa didaftarkan, antara lain:

  1. Bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, moralitas agama, kesusilaan, atau ketertiban umum.
  2. Tidak memiliki daya pembeda.
  3. Telah menjadi milik umum.
  4. Merupakan keterangan atau berkaitan dengan barang atau jasa yang dimohonkan pendaftarannya.

Baca juga |  Bagaimana Cara Membuat Akun TikTok Shop?

Contoh Trademark Indonesia yang Terkenal Sampai Luar Negeri

1.Tokopedia

Platform e-commerce dengan warna hijau ini memang berkembang sangat pesat. Tidak butuh waktu lama untuk dikenal masyarakat. Jangkauannya pun tidak hanya wilayah perkotaan, melainkan hingga ke pelosok negeri. Salah satu strategi yang dilakukan Tokopedia adalah berani menggandeng brand ambassador dari artis-artis ternama, baik Indonesia maupun mancanegara. Iklan besar-besaran Tokopedia di YouTube dan media sosial lainnya telah berkontribusi pada perkembangannya yang pesat.

Baca Juga | Yuk Simak! 11 Tips Berjualan Produk Di Tokopedia Untuk Toko Onlinemu

2.Teh Botol Sosro

Teh Botol Sosro merupakan pionir teh instan di Indonesia. Meski belakangan ini semakin banyak pesaing yang terus bermunculan, namun eksistensi Teh Botol Sosro tetap bertahan dan tidak banyak berubah. Solusi berupa teh untuk dibawa kemana-mana berhasil menarik perhatian. Kesegaran tehnya pun terjaga. Kalian masih ingat dengan slogan brand ini? “Makan apa saja, minumnya Teh Botol Sosro”. Jargon ini mengakar kuat di benak orang-orang hingga kini.

3. Indomie

Mie Instan ini wajib ada di dalam dapur kalian. Sebagian besar orang Indonesia sudah mengenal Indomie dan sangat menyukainya. Dengan popularitas yang diraih, bukan berarti Indomie berhenti berinovasi. Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya varian mie yang bermunculan, entah itu mie goreng atau kuah, pilihannya lebih lengkap.

Baca Juga | 4 Bisnis Kuliner Online Ini Banyak Peminatnya, Lho!

4. LEA

Merk LEA jeans dikenal di seluruh Indonesia.Tampilan logo Amerika dan iklan yang juga selalu menggunakan model luar negeri membuat banyak yang mengira bahwa jeans merek ini merupakan produk impor dari luar negeri. Padahal, LEA adalah produk jeans asli dari Indonesia. Corak dan kualitasnya tidak kalah bersaing dengan produk jeans lain dari luar negeri. Selain itu, di mal mana pun, jeans merek LEA dapat menandingi merek asing.

5. J.CO

Bagi anda yang khusus berdomisili di Jabodetabek pasti tahu J.C.O. Brand yang menjual donat premium ini sangat disukai oleh masyarakat. Tidak hanya menawarkan donat biasa, tetapi penampilan dan variasi rasa terus diperbarui mengikuti perkembangan zaman. J.C.O banyak diminati oleh konsumen, terutama anak muda.

Baca Juga | 10 Cara Bisnis Jajanan Ringan, Dijamin Langsung Banyak Pembeli!

Itu dia, penjelasan singkat mengenai trademark yang ada di indonesia. Dari sekian banyak contoh diatas, merek mana saja yang sering kalian pakai? Nantikan artikel yang lainnya dari Vocasia, ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *