Tanggal:04 May 2024

6 Cara Mudah Membuat Desain Logo yang Menarik

Logo merupakan salah satu hal yang umum digunakan dalam sebuah entitas. Dengan adanya logo, masyarakat dapat mengenal suatu jati diri dari sebuah entitas. Suatu logo wajib untuk memiliki ciri khas tertentu, baik dari segi bentuk ataupun warnanya, dengan tujuan agar dapat dibedakan antara logo yang satu dengan logo yang lain.

Logo mempunyai jenis-jenisnya tersendiri, diantaranya yaitu lettermark, wordmark, pictorial mark, logo abstrak, logo maskot, logo kombinasi, dan logo lambang. Adapun fungsi dari logo, antara lain yaitu sebagai media menyampaikan informasi tentang suatu entitas, sebagai media persuasi, sebagai sarana promosi dan juga presentasi.

Karena logo brand merupakan satu hal yang penting untuk keberlangsungan bisnis kamu. Sebab itu dalam mendesain logo, kamu harus bersungguh-sungguh. Berikut cara desain logo yang baik dan benar.

1. Tentukan Tujuan pembuatan Logo

Sebelum desain logo dibuat, hendaknya kamu mengetahui terlebih dahulu tujuan pembuatan logo tersebut. Hal ini diperlukan agar kamu dapat memikirkan desain yang cocok dan pesan dari logo tersebut tersampaikan kepada masyarakat yang melihatnya. Tujuan dari logo sendiri bermacam-macam. Dengan kamu menenetukan tujuan dari suatu logo, kamu akan dapat menentukan bentuk atau model yang sesuai dengan tujuan logo tersebut.

Baca Juga: 5 Prinsip Desain Logo Efektif

2. Sesuaikan dengan Target yang Dituju

Dalam pembuatan desain logo, penting untuk memperhatikan target yang ingin dituju. Hal ini bertujuan agar pesan pada logo tersebut tersampaikan kepada target. Misalnya, apabila  logo ditujukan kepada anak–anak, maka hendaknya logo dibuat dengan penuh warna, yang menjadikan anak-anak tertarik pada logo tersebut. Namun, tidak menutup kemungkinan bahwa terdapat logo yang mempunyai target, yaitu seluruh kalangan masyarakat, contohnya adalah logo dari aplikasi Facebook dan juga Whatsapp.

3. Buat Desain Logo Sesuai Konsep dan Inspirasi

Setelah kamu mengetahui tujuan dan target dari logo yang akan dibuat. Mulailah membuat logo dengan mencari inspirasi yang bisa kamu dapatkan dengan mengamati bentuk dari logo entitas yang sudah banyak dikenal masyarakat.

Hal ini bertujuan agar kamu dapat memiliki gambaran mengenai bentuk, warna, maupun huruf yang mudah dikenal dan melekat di hati masyarakat. Namun, bukan berarti kamu dapat meniru logo tersebut. Setelah kamu mendapatkan inspirasi, mulailah membuat logo yang sesuai dengan konsep, tujuan dan target yang telah ditentukan.

Baca Juga: 7 Aplikasi Desain Logo Terbaik

4. Buat Unik, Sederhana, dan Fleksibel

Sebuah logo harus memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan logo tersebut dengan logo yang lain. Oleh karena itu, dalam pembuatan desian logo haruslah memperhatikan unsur keunikannya. Namun, logo yang unik bukan berarti logo yang memiliki desain yang rumit. Logo yang sederhana justru umumnya lebih dikenal dan diingat oleh masyarakat. Selain itu, fleksibilitas dari logo juga harus diperhatikan, agar logo tetap indah dan menarik walaupun dipajang di sembarang media, seperti spanduk, baliho, ataupun transportasi umum.

5. Pilih Warna dan Font Logo

Warna yang kamu pilih harus mewakili karakter bisnis yang kamu miliki. Sebelum ini tentukan apakah merek kamu tegas dan cerah, atau tradisional dan lembut? Pertimbangkan hal yang ingin ditonjolkan pada merek bisnis kamu. Selain itu kamu juga dapat mempelajari teori warna untuk memilih warna yang tepat bagi citra bisnismu.

Selanjutnya pilih font yang mudah dibaca sekaligus khas untuk bisnis kamu. Sesuaikan font dengan gaya bisnis yang kamu miliki. Pastikan  warna dan font yang kamu pilih dapat menarik perhatian.

Baca Juga: Makna Psikologi Warna dalam Desain Logo

6. Lihat Perkembangan Desain dan Lakukan Evaluasi

Adakalanya, kamu harus melihat sejauh mana perkembangan dari desain dari logo yang dibuat. Hal ini bertujuan agar kamu mengetahui apakah terdapat kemajuan dalam pembuatan logo tersebut. Apabila tidak terdapat perkembangan pada desain, lakukanlah evaluasi pada hal-hal yang dianggap kurang. Kamu juga dapat mengaapus semua elemen yang tidak sesuai dengan sasaran desain logo kamu dan buat penyesuaian untuk desain yang kamu anggap perlu..

Demikianlah beberapa langkah dalam membuat desain logo yang baik. Gunakanlah kreativitas dan jangan lupa untuk selalu meminta saran atau kritik mengenai logo yang Anda buat kepada teman maupun sahabat Anda. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Cara Efektif Membuat Logo Professional

autocad
belajar photoshop
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *