Tanggal:22 July 2024

Pentingnya Mengenal Budaya Organisasi Dalam Perusahaan

Organisasi adalah sebuah wadah untuk sekumpulan orang yang bekerja sama secara rasional serta sistematis yang terpimpin atau terkendali untuk mencapai tujuan tertentu memanfaatkan sumber daya yang ada di dalamnya.

Budaya organisasi memang terkenal sebagai salah satu budaya yang paling efektif dalam melakukan berbagai pekerjaan. Orang-orang sering menyebut itu sebagai sistem kerja paling sederhana, namun hasilnya luar biasa. Organisasi dapat menyeleksi mana orang yang benar-benar bekerja dan gigih, mana yang tidak.

Siswa-siswi SMA biasanya sudah dapat mengetahui hasil dari budaya organisasi. Mereka biasanya mengikuti berbagai organisasi seperti mengikuti kepengurusan OSIS, ekskul, dan masih banyak organisasi yang lainnya. Sejak remaja kita memang sudah diperkenalkan budaya tersebut secara perlahan.

Baca juga | 8 Ciri Pemimpin Yang Baik, Kamu Wajib Tahu!

Menjalankan Nilai Inti Organisasi

Budaya dapat menjadi cerminan dari nilai inti perusahaan. Cara kita menjalankan bisnis, mengelola alur kerja, berinteraksi sebagai tim, dan memperlakukan pelanggan kita semuanya menambah pengalaman yang harus memperlihatkan siapa kita sebagai sebuah organisasi.

Singkatnya, budaya kita adalah gabungan dari keyakinan perusahaan kita dalam bentuk tindakan.

Baca juga | Model Konseptual Manajemen Konflik Dari Sebuah Organisasi, Yuk Simak!

Membuat Karyawan Menjadi Pendukung Organisasi

Karyawan yang bekerja dalam sebuah tim di dalam perusahaan akan mengenal budaya organisasi secara otomatis. Dari situlah karyawan dapat merasakan manfaat positif dari budaya organisasi.

Mereka, para karyawan akan otomatis juga mendukungg perusahaan tersebut karena mereka mendukung organisasi yang sedang mereka jalani. Sebuah manfaat positif tersebut yang mereka rasakan membuat mereka sadar bahwa budaya tersebut memang menghasilkan sesuatu yang besar bagi dirinya dan perusahaan.

Baca Juga | 8 Cara Mengatur Atau Mengelola Karyawan Yang Baik

Mempertahankan Orang-orang Terbaik

Suatu sistem yang berjalan dengan mengandalkan kerja sama dengan sungguh-sungguh merupakan cara terbaik untuk menyeleksi karyawan. Orang-orang terbaik dalam sebuah perusahaan sedikit sulit dibedakan dengan yang hanya cari muka saja. Jadi, kita perlu melihat lebih dalam lagi satu per satu karyawan yang terbaik.

Karwayan terbaik akan selalu mengikuti budaya organisasi yang sudah ada dengan baik dan bersemangat. Walau semangat karyawan tersebut karena mengincar gajinya saja, namun seseorang yang konsisten dengan apa yang dia kerjakan akan melakukan segala hal untuk mendukung tujuan dan perusahaannya.

Baca Juga | Hubungan Antara Pelatihan Kerja Dengan Prestasi Kerja, Wajib Tahu Loh!

Membantu Jalannya Onboarding

Budaya organisasi tidak jarang bertindak sebagai penyelaras keragaman di organisasi. Maka itu, pada saat proses onboarding, penting untuk menampilkan budaya organisasi kepada karyawan baru.

Mereka tentunya membutuhkan guidance agar mereka bisa merasa cocok dengan perusahaan. Adanya budaya perusahaan yang jelas akan bertindak sebagai penuntun karyawan baru di tengah suasana baru dan beragam di organisasi.

Baca Juga | Pengertian Dan Tujuan Pelatihan Kerja Pada Karyawan

Mengubah Organisasi Menjadi sebuah Tim

Jangan terlalu fokus dengan kata “organisasi” karena itu hanya akan membebani kamu. Kata organisasi terdengar berat karena selalu bersifat luas. Kita harus mengubah organisasi ke kata yang lebih ringan yaitu “tim”.

Kata tim dalam lingkup kecil ialah sebuah kerja sama antar dua orang atau lebih. Kalau dibayangkan akan lebih mudah dalam menjalaninya. Sebuah tim akan bekerja sama dan bekerja sesuai jobdesk-nya masing-masing. Ketika semua bagian sudah selesai dikerjakan dan dijadikan satu, hasil tersebut akan sangat memuaskan.

Pekerjaan besar yang dilakukan oleh tim ataupun organisasi akan terasa lebih ringan dan lebih memuaskan ketimbang dengan pekerjaan besar yang dilakukan individu.

Baca Juga | 6 Cara Mengajak Kerjasama Bisnis

Berdampak pada Kinerja dan Kesejahteraan Karyawan

Kinerja seorang karyawan yang bekerja secara individu dan karyawan-karyawan yang bekerja secara tim akan berbeda hasilnya. Bukan hanya itu, secara kesejahteraan pun juga berbeda.

Pada umumnya, orang yang bekerja sendirian itu lebih mudah lelah dan tidak memiliki target yang cukup jelas serta tidak tertata. Sedangkan orang yang melakukan pekerjaan dengan bekerja sama, orang itu akan memiliki jadwal dan jobdesk yang sudah tertata. Pekerjaan akan lebih cepat selesai dan orang tersebut tidak akan mudah lelah.

Baca Juga | Yuk Mengenal Apa Itu Budaya Perusahaan!

Nah, itu dia pentingnya mengenal budaya organisasi dalam perusahaan. Yuk, mulai gunakan budaya organisasi agar dapat merasakan manfaat-manfaatnya!

Baca juga | Hindari Logical Fallacy Dalam Berargumen! Inilah Penjelasan Dan Jenisnya

Mahir Excel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *