Tanggal:02 May 2024
visioner

Kamu Seorang Visioner? Kenali Karakteristiknya!

Visioner merupakan seseorang yang memiliki tujuan jelas di masa depan. Mereka cenderung akan merencanakan hidupnya secara tertata. Kita tidak tahu masa depan akan seperti apa. Namun, bukan berarti kita hanya memasrahkan semuanya sesuai takdir dan waktu yang berjalan. 

Ada beberapa hal di masa depan yang dapat direncanakan sebelumnya. Hal ini akan membuat proses menjalani hidup menjadi lebih jelas dan terukur. Cara pandang ini juga akan membantu seseorang menentukan pilihan terbaik bagi hidup mereka. 

Berdasarkan paparan singkat tersebut, sudahkah kamu memiliki karakteristik seorang visioner? Ingin mengetahui selengkapnya mengenai seorang visioner? Simak paparan berikut ini, yuk!

Baca juga: 7 Mindset Orang Sukses Yang Wajib Kamu Ketahui!

Arti Visioner 

visioner

Ilustrasi seorang yang visioner (sumber: pexels)

Visioner termasuk dalam sebuah cara pandang yang dimiliki seseorang dalam menjalani hidup. Lebih lanjut, Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebutkan visioner sebagai seseorang yang pandangan atau wawasannya mengacu pada masa yang akan datang. 

Buah dari cara pandang ini biasanya akan terlihat dari cara seseorang menentukan strategi yang tepat dalam setiap proses yang dijalani. Mereka juga cenderung dapat membaca peluang dan potensi dalam setiap hal yang terjadi untuk keberlangsungan hidup yang lebih baik di masa depan. 

Dalam gaya kepemimpinan, cara pandang visioner akan menjelma menjadi sosok pemimpin yang memiliki visi ke ke arah masa depan. Cara pandang ini akan diimplementasikan pada strategi dan langkah yang tepat untuk mewujudkan visi tersebut. 

Seseorang yang memiliki jiwa kepemimpinan visioner biasanya mampu melihat potensi dari organisasi atau perusahaan yang tak banyak disadari oleh banyak orang. Aksi yang selanjutnya mereka lakukan ialah menciptakan ide dan peluang untuk bersaing dengan kompetitor. 

Baca juga: 8 Tips Ampuh Melatih Jiwa Kepemimpinan, Coba Yuk!

Sebagai seseorang yang mampu melihat potensi tersembunyi dari perusahaan atau organisasi, mereka juga memiliki kemampuan untuk mewujudkan, menginformasikan, menyusun, mensosialisasikan serta mempraktikkan sesuatu. Oleh karena itu, pemikiran yang datang dari mereka akan menjadi buah pikiran ideal bagi keberlangsungan perusahaan atau organisasi. 

Memiliki wawasan yang jelas ke masa depan menjadi sebuah bekal yang mumpuni bagi seorang pemimpin. Bukan hanya menjaring setiap potensi yang dimiliki perusahaan, mereka mampu memberdayakan setiap sendi perusahaan untuk memiliki tujuan dan energi yang sama

Karakteristik Orang Visioner

Menjadi seseorang yang berwawasan ke masa depan, perlu kamu ketahui mengenai karakteristik yang terlihat, diantaranya: 

1. Memiliki Tanggung Jawab 

Ilustrasi seorang yang memiliki tanggung jawab (sumber: pexels)

Rasa tanggung jawab yang dimiliki oleh seorang berwawasan ke masa depan akan terlihat dari langkah dan cara yang diambil dalam mewujudkan sesuatu. Ketika mereka menerima tantangan, rasa tanggung jawab yang dimiliki akan mengantarkan mereka pada penyelesaian tantangan tersebut dengan baik. 

Adanya rasa tanggung jawab ini juga untuk mewujudkan ide-ide yang telah direncanakan sebelumnya. Rasa tanggung jawab tersebut tertanam dalam diri mereka dalam-dalam. 

2. Tidak Takut Mengambil Risiko

Apapun keputusan yang diambil, ada risiko yang datang bersama. Ide-ide atau gagasan yang dibuat juga tidak luput dalam hal ini. Segala kemungkinan dapat terjadi ketika membuat gagasan atau ide. Bagi mereka yang memiliki wawasan ke masa depan, risiko dan kemungkinan apapun akan diambil tanpa ragu. 

Mereka juga berpandangan bahwa setiap hal yang terjadi akan beriringan dengan risiko yang perlu diambil. Meski begitu, mereka akan tetap menjalankan ide tersebut karena bertujuan untuk mewujudkan visi yang sudah dicanangkan. 

Baca juga: 6 Tips Memiliki Rasa Percaya Diri Berani Mengambil Keputusan

3. Optimis 

Selalu berprasangka baik pada setiap gagasan yang dibuat menjadi karakteristik seseorang yang visioner. Mereka juga percaya bahwa hal-hal yang akan terjadi di kemudian hari untuk mewujudkan visi mereka akan berjalan dengan lancar. 

Begitu pula dalam menghadapi masalah, mereka akan melaluinya dengan prasangka baik sehingga mampu menyelesaikan setiap masalah yang dihadapi dengan baik. 

Jangan salah, sikap optimis ini juga tanpa sadar akan menular ke orang-orang di sekitarnya sehingga ambience yang tercipta menjadi baik. Hasil yang akan diraih pun akan semakin baik. 

4. Konsisten 

Sikap konsisten yang dimiliki orang berwawasan ke masa depan akan menjadi bekal yang cukup dalam meraih tujuan yang ingin dicapai. Hal ini karena konsisten merupakan sikap yang tidak berubah-ubah dan tetap pada hal yang dikerjakan. Sikap ini akan mampu menjadi amunisi dalam mencapai gagasan dan ide yang telah dibuat dengan lebih mudah. 

5. Jujur dan Apa Adanya 

Seseorang yang berwawasan ke masa depan lekat dengan kewibawaannya. Hal ini didukung oleh kepemilikan integritas dalam diri mereka, seperti sifat jujur. Dalam meraih visi yang sesuai dengan gagasan dan ide yang dimiliki, mereka akan mengedepankan sifat jujur dan keselarasan antara ucapan dengan perbuatan. 

Mereka pun akan terbuka pada setiap kondisi yang terjadi. Oleh karena itu, sikap apa adanya turut mengalir dalam diri mereka. 

Ciri-ciri Seorang Visioner 

Berikut ciri-ciri yang akan ditunjukkan oleh seseorang yang berwawasan ke masa depan. 

1. Mampu Menjalin Relasi dengan Baik 

Ilustrasi menjalin relasi dengan baik (sumber: pexels)

Kemampuan menjalin relasi yang baik menjadi salah satu ciri yang dimiliki oleh seorang berwawasan ke masa depan. Keuntungan yang akan didapatkan dari kemampuan menjalin relasi dengan baik dapat dirasakan oleh diri sendiri maupun perusahaan. 

Dalam mewujudkan visi yang telah direncanakan, relasi yang baik antara berbagai pihak akan membangun rasa kepercayaan. Apabila kepercayaan sudah didapatkan, kebutuhan yang diperlukan dalam mencapai visi yang telah ditentukan akan lebih mudah. Hal ini juga akan membantu dalam proses menggali kebutuhan yang diperlukan khalayak untuk kemudahan hidup. 

2. Mampu Membangun Nilai 

Dalam memberikan keyakinan pada pihak yang akan diajak bekerja sama dengan perusahaan. Hal ini menjadi salah satu karakteristik dari seseorang yang berwawasan masa depan. 

Kepercayaan dan keyakinan yang diberikan orang lain akan menjadi bukti bahwa menjalin kerja sama dengan perusahaan kita akan menguntungkan. Nilai-nilai yang telah ditanam tersebut dapat menjadi keuntungan bagi kedua belah pihak. 

3. Dapat Berpikir Kritis 

Mampu berpikir dengan kritis menjadi salah satu ciri-ciri orang yang berwawasan ke masa depan. Berpikir kritis adalah kemampuan menilai sesuatu dengan logis dan masuk akal. Mereka juga biasanya memiliki pemikiran yang matang terhadap sesuatu. 

Seseorang yang berwawasan ke masa depan akan dibantu dengan kemampuan ini untuk lebih terbuka pada pemikiran-pemikiran baru. Sudut pandang yang dimiliki pun akan lebih luas. 

4. Memiliki Tabungan Investasi 

Sebagai seseorang yang berwawasan ke masa depan, memiliki tabungan menjadi hal yang akan dilakukan oleh mereka. Mereka akan memahami segala kemungkinan krisis finansial yang dapat terjadi secara tidak terduga. 

Menabung bagi mereka adalah suatu kebiasaan yang baik, meski jumlah yang ditabung tidak sebanyak itu. Namun, bagi mereka lebih baik memiliki tabungan daripada tidak sama sekali. 

Baca juga: Asuransi: Pengertian, Fungsi, Jenis, Dan Contohnya

5. Membantu Orang Lain Berprogres 

Dalam meraih kesuksesan, pihak yang terlibat bukan hanya diri sendiri, melainkan orang lain juga. Untuk itu, mengulurkan tangan bagi seorang visioner menjadi hal yang tak luput ia lakukan. Selain membantu orang lain untuk berkembang, mereka yang berwawasan ke masa depan akan memastikan setiap pekerjaan dilakukan sesuai dengan tugasnya masing-masing. 

Demikian paparan mengenai seorang yang visioner. Setiap pekerjaan memerlukan sudut pandang yang mengarah ke masa depan. Hal ini akan membantu proses yang dilewati dapat terencana dan mampu menghadapi setiap risiko dengan baik. Tak luput untuk selalu memfokuskan diri pada tujuan. 

sukses wawancara - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *