Tanggal:02 May 2024

7 Tugas Bridesmaid di Acara Pernikahan!

Kehadiran para bridesmaid biasanya menambah semarak sebuah pesta pernikahan. Hal itu karena mereka adalah orang-orang terdekat yang dipilih langsung oleh pengantin wanita untuk hadir. Namun, tak hanya sekadar meramaikan suasana dan mengenakan gaun khusus saja, bridesmaid sebenarnya memiliki beberapa tugas penting, lho.

Baca Juga : Rekomendasi Lagu Untuk Pernikahan

Nah, apakah kamu pernah ditunjuk sebagai bridesmaid atau pengiring pengantin oleh orang terdekatmu? Selamat, kamu adalah salah satu orang yang beruntung! Karena hal tersebut merupakan sebuah kehormatan dan kesempatan berharga untuk merajut kenangan seumur hidup bersama orang terdekat kita. Sebelum berjalannya acara, ada baiknya kamu memahami dulu tugas penting apa saja yang bridesamaid lakukan di hari H acara pernikahan nanti. Yuk, disimak!

Apa itu bridesmaid?

tugas bridesmaid

source: pexels

Apakah kamu pernah mendengar kata “Pagar Ayu”? Kemudian apa bedanya dengan bridesmaid yang populer di acara pernikahan zaman sekarang? Tepat sekali, kedua istilah tersebut memiliki perbedaan arti dan tidak hanya sebagai mendampingi pengantin. Bridesmaid atau pengiring pengantin, biasanya dilakukan oleh wanita muda yang sudah cukup umur.

Secara bahasa, bridesmaid berarti pengiring pengantin yang menjalankan tugasnya tidak hanya pada hari pernikahan, tetapi juga sebelum acara pernikahan tersebut berlangsung. Jumlah orang yang dipilih untuk mengiring pengantin wanita biasanya bervariasi, dari berjumlah lima orang hingga sepuluh orang. Salah satu pengiring pengantin kemudian terpilih sebagai pemimpin dan bertindak sebagai perantara antara pengiring pengantin dan calon pengantin.

Bridesmaid adalah seseorang yang diinginkan pengantin wanita menjadi bagian dari pernikahannya sejak awal. Mereka juga akan sibuk merencanakan pernikahan. Selain itu mereka juga biasanya dipercaya menjadi yang paling dekat dengan mempelai wanita. Sebagai pengiring pengantin, mereka bertanggung jawab untuk membantu pengantin wanita mempersiapkan acara pernikahannya.

Baca juga: 7 Hal yang Perlu diperhatikan Sebelum Menikah, Calon Manten Wajib Baca!

7 tugas bridesmaid

Menjadi seorang bridesmaid memiliki tugas yang sangat penting bagi seorang pengantin wanita. Karena selain membantunya saat hari H pernikahan, bridesmaids juga membantu sejak beberapa bulan sebelumnya. Berikut beberapa tugas bridesmaid yang perlu diketahui:

1. Membantu persiapan pernikahan

Tugas pertama sebagai bridesmaid adalah membantu persiapan acara pernikahan. Menjadi bridesmaid tidaklah mudah. Kamu harus siap siaga apabila calon pengantin membutuhkan bantuanmu, baik di hari H maupun sebelumnya. Ada banyak yang bisa kamu bantu, misalnya fitting baju, membeli sepatu, mencari makeup artist, atau yang lainnya.

2. Menyiapkan dan mengurus pesta lajang (bridal shower)

Meskipun rangkaian ini tak wajib, namun tak lengkap rasanya acara pernikahan tanpa dimeriahkan acara bridal shower. Bridal shower adalah festival yang merayakan pembebasan kehidupan lajang wanita sebelum pernikahan mereka. Pengiring pengantin biasanya mengadakan “pesta perpisahan” untuk pengantin lajang di tempat-tempat seperti kedai kopi, restoran, dan tempat liburan lainnya.

3. Menjadi teman curhat calon pengantin

Seperti yang sudah disinggung di atas bahwa bridesmaid biasanya dipilih dari orang-orang paling dekat dengan calon pengantin wanita. Hal ini bukan tanpa alasan. Sebab, salah satu tugas bridesmaid adalah menjadi teman curhat pengantin. Calon pengantin biasanya akan mengalami stres saat hari pernikahan semakin dekat. Itulah mengapa bridesmaid harus siap siaga dalam mendengarkan keluh kesah para calon mempelai wanita. Hal itu karena pada dasarnya mereka lah orang-orang yang dipercaya oleh calon pengantin.

4. Memakai busana seragam

Pernahkah kamu melihat sekelompok wanita muda yang mengenakan kostum seragam di acara pernikahan? Ya, bisa jadi itu adalah tim pengiring pengantin alias bridesmaid. Seragam ini biasanya diberikan oleh kedua mempelai dengan warna yang telah ditentukan. Mereka juga bertanggung jawab untuk melengkapi dan mengumpulkan seragam dari toko pakaian itu sendiri. Misalnya, model khusus untuk mengenakan seragam yang direncanakan.

5. Pemberi saran

Bridesmaid juga memainkan peran penting dalam memberi saran tentang persiapan acara. Ini biasanya terjadi sebelum  pernikahan dimulai. Bisa satu bulan atau satu minggu sebelum acara. Semua calon pengantin sering kali membutuhkan nasihat tentang detail yang berkaitan dengan persiapan pernikahan. Contohnya seperti memilih pakaian untuk dekorasi pernikahan. Saran-saran tersebut tentunya akan mempengaruhi calon pengantin dalam memutuskan sesuatu. Jadi, berikanlah saran sebijak mungkin!

6. Memastikan mempelai wanita tidak kelaparan

Tugas ini yang kerap kali dilupakan oleh bridesmaids. Bridesmaids juga perlu mengingatkan sang pengantin wanita untuk makan sesuai jamnya. Jangan sampai kerabatmu tidak makan hanya karena merasa tidak lapar. Rangkaian acara pernikahan yang seharian full akan sangat menguras tenaga. Jadi, pastikan sahabatmu sudah makan agar tidak sakit, ya.

7. Menjaga barang pengantin

Ketika sudah hari H, pasti sang pengantin akan kewalahan. Alhasil, ia tak fokus dengan barang-barangnya dan cenderung mengabaikannya. Nah, agar barang miliknya tetap terjaga, tugasmu adalah menjaga barang-barang pentingnya seperti handphone, dompet, dan lainnya.

Baca juga: 13 Ide Kado Pernikahan yang Bermanfaat

kursus belajar membuat dimsum vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *