Tanggal:04 May 2024

11 Solusi Untuk Rambut Rontokmu

Bagi perempuan, rambut adalah sebuah mahkota. Dengan memiliki rambut yang sehat serta indah akan membuat kamu semakin semangat dan percaya diri menjalani aktivitas sehari-hari. Namun, tanpa disadari terkadang beberapa kebiasaan yang kamu lakukan ternyata dapat merusak kondisi rambut menjadi rontok dan kusam, lho.

Untuk mengurangi serta mencegah kerontokan yang semakin parah, yuk simak beberapa solusi yang bisa kamu coba!

1. Pijat Kulit Kepala

Dimulai dengan hal yang sederhana, hanya dengan memijat kulit kepala, kamu bisa mengurangi kerontokan pada rambut sekaligus memicu pertumbuhan rambut baru yang sehat. Pastikan kamu memijat dengan gerakan memutar dan jangan terlalu keras, ya.

Baca Juga : Yuk, Ketahui Jenis Kulit Kita!

2. Konsumsi Air yang Cukup

Kebutuhan cairan sangat penting untuk kesehatan rambut. Rambut yang kering akan mudah patah dan juga rontok, sehingga orang dewasa disarankan untuk mengkonsumsi 2 liter per hari.

Baca Juga : Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah Dengan Bahan Alami

3. Minyak Kelapa

Asam laurat yang ditemukan dalam minyak kelapa dapat membantu mengikat protein di rambut dan melindunginya dari kerusakan pada akar dan helai rambut. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa dari akar hingga ujung rambut lalu memijatnya.

Baca Juga : Pengertian dan Cara Melakukan Eksfoliasi Wajah

4. Minyak Zaitun

Apabila kamu tidak memiliki minyak kelapa di rumah, kamu bisa menggunakan minyak zaitun. Kandungan asam oleat minyak zaitun bisa membantu menghambat produksi hormon dihidrotestosteron (DHT) yang dapat menyebabkan rambut rontok. Selain itu, minyak zaitun mengandung antioksidan yang bisa melindungi rambut dan kulit kepala dari paparan radikal bebas.

Baca Juga : 7 Merek Skincare Murah Tapi Bagus

5. Konsumsi Cukup Protein

Selain mengatasinya dari luar, kamu juga harus mengatasinya dari dalam. Salah satunya dengan memperhatikan asupan yang kamu makan. Orang dengan rambut rontok cenderung memiliki kondisi kekurangan protein. Maka dari itu, pilihlah protein sehat seperti telur, kacang-kacangan, ikan, produk susu rendah lemak, dan sebagainya.

Baca Juga : 9 Rekomendasi Skincare Lokal Untuk Kulit Kering

6. Lidah Buaya

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan penggunaan lidah buaya. Gel serbaguna ini dapat bantu menenangkan kulit kepala dan merawat rambut rontokmu. Cara penggunaannya pun cukup simple, kamu hanya perlu memijatkan gel lidah buaya pada kulit kepala dan rambut, kemudian diamkan selama satu jam dan bilas dengan air.

7. Teh Hijau

Teh yang satu ini terkenal khasiatnya karena dapat menurunkan berat badan. Tapi siapa sangka? Ternyata selain bisa diminum, teh hijau juga dapat mengatasi rambut rontok. Caranya, kamu hanya perlu merebus tiga kantong teh hijau dan gunakan untuk membilas rambut. Lakukanlah dua kali seminggu untuk hasil yang optimal.

Baca Juga : Manfaat Madu Untuk Wajah

8. Yoghurt

Dari zaman dahulu, yoghurt sudah menjadi bahan andalan untuk merawat rambut. Tak heran bila saat ini yoghurt masih banyak digunakan untuk mengatasi kerontokan pada rambut.

Baca Juga : Cara Perawatan Wajah Secara Alami Dirumah

9. Air Cucian Beras

9 dari 10 orang Indonesia pasti memasak nasi dirumahnya. Kamu dapat memanfaatkan air cucian beras yang ada untuk mencegah kerontokan pada rambut. Kandungan animo acids, vitamin C, dan vitamin D dalam air beras mampu memperkuat batang rambut sehingga tak mudah patah.

Baca Juga : Urutan Pemakaian Skincare Pagi dan Malam Yang Benar

10. Gunakan Shampoo yang Tepat

Biasakan untuk memilih shampoo sesuai dengan kondisi rambutmu. Untuk rambut rontok, pilih yang terdapat tulisan “anti hair fall” atau mengandung ginseng, madu serta rempah-rempah lainnya.

Baca Juga : Makanan dan Minuman Yang Dapat Mencegah Jerawat

11. Hindari Pemanasan Rambut

Panas bisa dengan mudah melemahkan protein rambut, sehingga pemakaian hair dryer atau catokan akan membuat rambutmu jadi mudah kering dan patah. Apabila kamu membutuhkannya, pastikan kamu menggunakan vitamin rambut terlebih dahulu, ya.

Nah, itu dia 11 solusi yang dapat kamu coba untuk mengatasi rambut rontok. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebutuhan rambutmu, karena rambut yang bagus adalah rambut yang sehat. Selamat mencoba!

Baca juga:

kursus belajar membuat dimsum vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *