Tanggal:29 April 2024
ilustrasi Cara Mempromosikan Webinar dengan Target Audiens yang Besar (pixabay.com)

Berikut Cara Mempromosikan Webinar dengan Target Audiens yang Besar!

Pilih topik yang berpeluang

Langkah pertama dan utama dalam membuat webinar yang bisa meraup banyak target audiens ialah dengan menemukan topik yang sesuai dengan keinginan serta kebutuhan mereka, ya. Dimana untuk menemukan topik yang tepat tentunya harus melakukan riset pasar terlebih dahulu. Yang mana riset pasar ini berguna untuk melihat mengnenai apa sih yang sedang jadi kebutuhan serta permasalahan yang tengah di hadapi masyarakat secara luas. Dari itu mulailah dilakukan analisis terkait solusi apa yang bisa ditawarkan dengan hadirya webinar yang memberikan semacam tips dan trik untuk menarik minat masayrakat yang membutuhkan solusi terkait. Di sini dapat dilihat bahwa semakin besar kebutuhan serta permasalahan yang tengah dihadapi oleh target pasar, tentu keinginan mereka untuk mendapatkan solusi berupa tips dan trik lewat webinar yang akan kamu selenggarakan tentu auto tinggi, ya.

Selain melakukan riset terhadap pasar, kamu juga bisa mengkombinasikannya dengan melihat peluang dan ancaman yang akan terjadi di masa depan dalam menentukan topik yang tepat. Dari situ kamu bisa membuat webinar dengan topik yang mengarahkan pada persiapan untuk memaksimalkan peluang yang ada di masa depan serta meminimalisir ancaman yang juga terjadi di masa depan. Misalnya saja, webinar terkait skill yang dibutuhkan di masa depan seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, ya.

Analisis target audiens

Setelah menemukan topik webinar yang tepat sesuai dengan keadaan pasar, kini saatnya melakukan analisis terkait kalangan mana yang ada menjadi target audiensnya, nih. Hal tersebut perlu dilakukan agar topik webinar yang sudah bagus tidak sepi peminat hanya karena salah sasaran audiens, ya. Oleh karena itu, jangan dipikir jika topik sudah bagus alias kekinian denagn kondisi pasar, lantas bisa menawarkannya pada sembarangan kalangan audiens, tentu hal itu boleh tapi tidak akan maksimal hasilnya. Misalnya saja, kamu membuat webinar yang membahas mengenai pengembangan skill pegawai kantoran, tentu saja target audiens utama yakni para pegawai kantoran sendiri, yang selanjutnya bisa menyasar pada kalangan pencari kerja ataupun mahasiswa sebagai upaya persiapan memasuki dunia kerja.

Pilih hari dan waktu yang tepat

Periode antara pukul 10.00 dan 14.00 secara luas dianggap sebagai waktu terbaik untuk menyelenggarakan webinar, nih. Tapi balik lagi, waktu yang tepat untuk webinar yang kamu selenggarakan sebagian besar bergantung pada lokasi audiens tergermu. Begitu pula untuk hari yang tepat juga menyesuaikan target audiens kamu, dimana sebagian besar akan lebih menyukai saat weekend sehingga tak menganggu aktivitas utama di setiap harinya.

Maksimalkan pemasaran sosial media

Terakhir, saat webinar sudah mengusung topik yang bagus lalu menemukan pembicara yang ahli di bidangnya serta waktu yang tepat, kini saatnya memasarkannya semaksimal mungkin. Di sini kamu bisa menggunakan semua media sosial untuk memakismalkan pemasaran webinar, mulai dari instagram, facebook, twwiter, hingga tik tok, ya.

Jangan lupa untuk menggunakan fitur yang tersedia di sosial media, mulai dari penggunaan filter untuk menghasilkan suasana yang tepat dalam postingan, caption yang persuasif untuk menarik audiens merasa mereka membutuhkan materi webinar untuk sesegera mungkin membelinya, hingga penggunaan hastag yang mampu membuat postinganmu berada di atas saat orang mencari topik terkait webinarmu melalui bantuan hastag.

Selain itu, kamu bisa menggandeng influencer untuk meggaet audiens semakin banyak lagi. Hal itu mengingat pada kenyataan bahwa influencer ini memiliki banyak followers di sosial medianya, tentu mereka yang mengidolakan influencer tersebut akan mengikuti acara webinar dari influencernya, ya.

Demikian penjelasan terkait cara mempromosikan webinar dengan target audiens yang besar . Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi seputar dunia kerja lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Kamu bisa menikmati segala kursus online dari berbagai topik yang sedang kamu butuhkan dengan potongan harga khusus hanya di Vocasia . Ingat bahwa dunia semakin cepat berkembang tanpa menunggu kesiapanmu, kalau bukan dari sekarang kamu menyiapkan kemampuan diri atau menjadikan diri lebih mahir akan suatu hal, lantas menunggu kapan lagi? Segera cek dan temukan kursusmu hanya dengan klik tautan berikut.

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *