Tanggal:21 February 2024

Biografi Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales

Wikipedia.

Wikipedia adalah ensiklopedia gratis berbasis online yang berisikan informasi umum dan dapat diubah atau disunting oleh semua orang. Banyak para pengguna internet ketika akan mencari suatu hal di search engine Google akan menemukan pemahaman atau pengetahuan melalui Wikipedia ini. Misalnya ketika seseorang ingin mencari pendiri Google itu sendiri, Wikipedia akan muncul paling teratas dengan biografi dari pendirinya tersebut. Seringkali orang-orang menjadikan Wikipedia sebagai sumber informasi, meskipun tak selamanya informasi yang diinginkan akan muncul di Wikipedia ini.

Biasanya informasi-informasi yang muncul di Wikipedia ini misalnya saja seperti biografi seseorang, sejarah, informasi suatu perusahaan, negara, dan banyak lainnya. Banyak orang menggunakan Wikipedia untuk menambah pemahaman mereka, tanpa tahu lebih lanjut mengenai siapa sebenarnya yang membuat Wikipedia tersebut. Nah, mungkin kamu juga salah satunya, nih! Oleh karena itu, berikut penjelasan mengenai profil pendiri Wikipedia, Jimmy Wales yang tentunya akan menambah informasi baru untukmu. Langsung saja, tanpa banyak basa-basi, check this out!

1. Profil Singkat

Jimmy Donal Wales atau yang akrab dikenal sebagai Jimmy Wales dilahirkan pada tanggal 7 Agustus 1966 di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat. Jimmy Wales dilahirkan dari pasangan Doris dan Jimmy Wales. Ayahnya, Jimmy Wales adalah seorang manager toko kelontong, sedangkan Ibunya Doris sekaligus neneknya yang bernama Erma mengurus sebuah sekolah swasta kecil yang berupa sekolah tradisional dengan hanya satu ruang kelas. Dari pernikahannya, Jimmy Wales dikaruniai dua orang anak yang bernama Kira dan Ada Wales.

2. Pendidikan

Saat kecil, Jimmy Wales pernah bersekolah di sekolah swasta tradisional yang diurus oleh Ibu dan neneknya. Sekolah tersebut merupakan sekolah tradisional yang hanya memiliki satu ruang kelas. Hal tersebut karena jumlah murid yang terdaftar hanya empat orang saja, maka pihak sekolahan akhirnya menyatuhkan murid-muridnya dari kelas 1 – 4 dan 5 – 8. Selepasnya lulus dari sekolahan tersebut, Jimmy Wales melanjutkan pendidikannya di Rudolph School, sebuah sekolah persiapan untuk masuk ke perguruan tinggi atau universitas. Sekolah tersebut merupakan pendukung awal gerakan penggunaan laboratorium komputer dan fasilitas teknologi lainnya untuk digunakan oleh para siswanya.

Di sanalah akhirnya Jimmy Wales banyak mengenal aplikasi teknologi di dalam dunia pendidikan. Setelah lulus dari Rudolph School, Jimmy melanjutkan pendidikannya di Universitas Auburn di bidang keuangan. Selepasnya lulus dan mendapatkan gelar sarjana, Jimmy Wales kembali melanjutkan pendidikannya dengan mengambil studi pasca-sarjana atau magister di Universitas Alabama dengan jurusan yang sama juga. Setelah itu, Jimmy Wales menjalani pendidikan doktoral di Universitas Indiana. Selama menempuh pendidikan pasca-sarjananya, Jimmy juga mengajar di kedua universitas tersebut. Dia pun akhirnya tak perlu untuk mengerjakan disertasi untuk mendapatkan gelar Phdnya.

3. Karir, Wikipedia dan Penghargaan

Sejak tahun 1994 – 2000, Jimmy Wales di Chicago Options Associate sebagai direktur riset. Chicago Options Associate adalah sebuah perusahaan pialang bursa berjangka dan option yang terletak di Chicago. Saat masih menjadi direktur riset di perusahaan tersebut, tepatnya sekitar tahun 1996, Jimmy Wales membuat sebuah situs portal pencari yang dinamakannya dengan Bomis. Situs tersebut juga menjual segala hal berbau erotis hingga tahun 2005.

Sekitar Maret 2000, Jimmy Wales mendirikan sebuah ensiklopedia yang dapat diubah atau disunting oleh orang lain, tetapi tetap dalam pengawasan orang terkemuka di bidangnya masing-masing. Ensiklopedia tersebut Jimmy namakan dengan Nupedia.com. Ketika mendirikan ensiklopedia tersebut, Jimmy Wales juga memperkerjakan seorang editor in chief bernama Larry Sanger.

Pada tanggal 10 Januari 2001, Larry Sanger mnegajukan sebuah proposal untuk membuat sebuah ensiklopedia dengan menggunakan peranti lunak wiki. Sekitar tanggal 15 Januari 2001, Jimmy Wales berusaha untuk mewujudkan dan meluncurkan proposal yang diajukan tersebut. Awalnya, Wikipedia dibuat untuk mengisi laman Nupedia.com. Namun, perkembangan Wikipedia yang justru lebih maju dan pesar dibandingkan Nupedia sendiri akhirnya menjadikan Nupedia terbengkalai dan Wikipedia maju sebagai yang terdepan.

Pertengahan tahun 2003, Jimmy Wales mendirikan sebuah Yayasan Wikimedia, sebuah perusahaan nirlaba yang berlokasi di St. Petersbur. Yayasan tersebut dibuat dengan maksud untuk mendukung Wikipedia dan proyek serupa lainnya. Yayasan ini juga mendukung penuh menganai dana yang harus dikeluarkan. Berbagai kontroversi juga turut menyertai bagaimana pengembangan Wikipedia ini, salah satunya mengenai fitur bagaimana Wikipedia dapat diubah dan disunting oleh orang lain. Beberapa kali Jimmy Wales juga terkena kritikan bagaimana dirinya menyunting sejarah hidupnya dalam artian membuat biografinya sendiri terkesan baik dan kritikan akan hal lainnya.

Banyak kritik dan kontroversi dilayangkan ke Jimmy Wales berkaitan dengan proyek Wikipedianya tersebut. Meskipun begitu, hal tersebut tak menjadikan Jimmy pantang menyerah. Terbukti bagaimana Wikipedia semakin berkembang dan sukses hingga saat ini. Kesuksesan dari Wikipedia tersebut juga membawa Jimmy Wales untuk mendapatkan berbagai penghargaan seperti berikut ini.

  1. Tahun 2005, Jimmu ditunjuk sebagai anggota Berkman Center for Internet and Society di Harvard Law School.
  2. Di tahun yang sama, Jimmy bergabung dengan dewan direksi Socialtext.
  3. Pada tahun 2006, Jimmy juga bergabung dengan dewan direksi Creative Commons.
  4. Di tahun yang sama, Jimmy mendapatkan gelar kehormatan dari Knox Collage.
  5. Di tahun itu juga, Jimmy mendapatkan penghargaan Pioneer Award dari Yayasan Elctronic Frontier.

Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
kiat menjadi pengusaha
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *