Tanggal:21 February 2024

Biografi Stan Lee, Orang Dibalik Adanya Marvel Comic

Biografi Stan Lee.

Bagi kamu yang merupakan penggemar berat dari Spiderman, Hulk, Thor, Captain Amerika, dan tokoh superhero lainnya, pastilah kamu sudah tak asing dengan Stan Lee. Atau bahkan kamu tidak mengenalnya sama sekali? Wah, jika demikian, kamu bisa dianggap fans kaleng nih karena tidak mengenal beliau. Loh memangnya siapa beliau? Sepenting itukah perannya? Ya, tentu saja peran Stan Lee sangat penting karena tanpa kehadiran beliau, tokoh-tokoh superhero favoritmu tersebut tidak akan pernah ada.

Stan Lee adalah seorang kreator atau pencipta di balik semua toko superhero yang telah disebutkan sebelumnya. Jadi, kalau kamu tidak mengenalnya, wah, eksistensimu sebagai penggemar berat Marvel patut diperhitungkan, nih! Stan Lee bisa dianggap sebagai kreator yang sangat imajinatif dengan banyaknya tokoh superhero yang dirinya ciptakan. Stan Lee juga beberapa kali menjadi cameo di dalam film yang digarap oleh Marvel. Hasil karya kreatifnya tersebut menyejahterakan Stan Lee. Terbukti bagaimana Stan Lee bisa menghasilkan miliaran dolar USD berkatnya.

Dengan membaca artikel ini yang berisikan mengenai biografi atau perjalanan hidup beliau, dijamin kamu bisa langsung mengenal dan memahaminya. Jadi, kalau kamu ditanyakan oleh sesama penggemar Marvel mengenai siapa Stan Lee ini, kamu tidak memalukan dirimu sendiri tersebut. Oke. Langsung saja, tanpa banyak basa-basi, simak penjelasannya berikut ini.

1. Profil Stan Lee

Masa kecil.
Masa kecil. Sumber: Pexels

Stanley Martin Lieber atau yang lebih dikenal dengan nama Stan Lee dilahirkan pada tanggal 28 Desember 1922 di New York, Amerika Serikat. Stan Lee dilahirkan dari pasangan Jack dan Celia Lieber. Orangtuanya tersebut merupakan seorang imigran dari Romania. Sang ayah bekerja sebagai pemotong pakaian dan bekerja serabutan. Masa kecil Stan Lee berlangsung pada saat Great Depression, sebuah masa krisis ekonomi berkepanjangan yang menyerang Amerika Serikat sekitar tahun 1929 – 1939.

Akibatnya, masa kecil Stan Lee akhinya dilalui dengan kesulitan, khususnya untuk pemenuhan kebutuhan rumah tangga keluarganya. Darinya, Stan Lee dan keluarga harus rela untuk tinggal di tempat sempit dan harus hidup berdempet-dempetan. Tidak seperti saat ini, semasa kecil, Stan Lee tidak tertarik sedikit pun dengan komik. Dirinya hanya berkeinginan untuk menulis sebuah novel yang nantinya bisa dijuluki sebagai The Great American Novel.

2. Pendidikan dan Karir

Pendidikan dan karir.
Pendidikan dan karir. Sumber: Pexels

Meskipun datang dari keluarga yang serba kekurangan, tetapi Stan Lee tetap melanjutkan pendidikannya. Tidak dijelaskan dengan jelas dimanakah dirinya menempuh pendidikan tingkat dasar dan pertama, namun tercatat di internat bahwa Stan Lee menempuh pendidikan tingkat atas atau SMA-nya di SMA Dewitt di The Bronx, New York City. Pada saat itu, Stan Lee juga menyambi pendidikannya dengan bekerja paruh waktu sebagai penulis berita kematian, office boy, dan siaran pers National Tuberculosis Center.

Selepas dirinya dinyatakan lulus dari bangku SMA, tepatnya ketika dirinya berusia 16 tahun, Stan Lee bekerja sebagai asisten editor di Timely Comic, sebuah divisi komik dari penerbit Martin Goodman’s, yang merupakan cikal bakal dari Marvel Comic. Di sana, Stan Lee bertugas untuk mengisi tinta, meruncingkan pensil, menghapus goresan, dan lain sebagainya.

3. Komik yang Dibuatnya dan Pendirian Marvel

Sejarah berdirinya Marvel.
Sejarah berdirinya Marvel. Sumber: Pexels

Komik pertama yang berhasil dibuat oleh Stan Lee berjudul Destroyer yang diterbitkan oleh buletin Mystic Comics. Komik pertamanya tersebut terbit pada bulan Agustus 1941. Dijelaskan, Stan Lee juga berhasil naik jabatan dengan menjadi seorang editor di Martin Goodman’s pada saat dirinya berusia 19 tahun. Ketika Perang Dunia II, Stan Lee bergabung di tentara tepatnya di divisi Signal Corps yang bertugas untuk membuat laporan, slogan, film, dan lain sebagainya.

Pengalamannya menjadi tentara di divisi tersebut menjadikan kreativitas Stan Lee semakin meningkat. Stan Lee bersama-sama dengan Jack Kirby akhirnya mengagas pembentukan Marvel Comics bersama dengan Martin Goodman’s. Kisah pertama yang muncul di Marvel adalah Fantastic Four. Bersama dengan Jack Kirby, Stan Lee kemudian membuat berbagai karakter superhero seperti Iron Man, Hulk, X-Men, Thor, dan lain sebagainya.

Selain dengan Jack, Stan Lee juga menjalin kerjasama dengan Steve Ditko dalam menciptakan karakter seperti Doctor Strange dan Spiderman yang sangat sukses sekarang ini. Banyak pembaca komik menjadi beralih dari DC ke Marvel karena dirasa Marvel memiliki ciri khsusu yang unik. Penokohan dan gaya penuturan yang digunakan oleh Marvel menjadikan banyak pembaca akhirnya membacca karya-karya Marvel dan menjadikannya populer.

4. Penghargaan

Penghargaan.
Penghargaan. Sumber: Pexels

Berkat kesuksesan Marvel, hal tersebut menjadikan Stan Lee banyak menerima penghargaan. Sekitar tanggal 14 Juli 2017, Stan Lee bersama dengan Jack Kirby dinobatkan sebagai Disney Legends. Pada bulan dan tahun yang sama, hanya berjarak empat hari saja, Stan Lee menerima penghargaan berupa kaki, tangan, dan tanda tangannya yang dicetak di acara D23 Disney Legens menggunakan semen. Selain kedua itu, tercatat banyak penghargaan yang diterima oleh Stan Lee. Kamu bisa mengecek data lengkapnya di internet.

Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *