Tanggal:30 May 2024

Bisnis Coffee Shop: Kelebihan, Ancaman Dan Langkah Awalnya

Ancaman bisnis coffe shop.

Belakangan ini, kopi menjadi salah satu minuman yang paling populer di masyarakat. Meski kopi akrab dengan rasanya yang pahit dan membuat banyak orang menolak untuk sekadar menyicipinya, namun saat ini rasa dari kopi telah berubah. Dengan banyaknya kreasi dan inovasi, kopi berubah menjadi minuman baru dengan campuran-campurannya seperti susu, gula aren, dan lain sebagainya. Rasanya yang tak pahit tersebut akhirnya menjadikan kopi banyak disukai dan dibeli. Terbukti dengan banyak kedai-kedai kopi yang baru buka dan menawarkan es kopi dengan berbagai rasa.

Apa Itu Coffee Shop

Coffee shop sendiri merupakan suatu tempat ngopi, semacam warung atau kafe yang menjual berbagai jenis minuman kopi. Coffee shop biasanya digunakan sebagai tempat bercengkrama atau nongkrong oleh banyak orang. Sebenarnya, tempat ini merupakan warung kopi bentuk yang lebih modern dan kekinian, yang tidak hanya digunakan untuk ngopi saja. Di era sekarang, banyak coffee shop yang digunakan untuk mengerjakan tugas, rapat, dan sebagai tempat untuk acara-acara tertentu.

Keuntungan Memiliki Bisnis Coffee Shop

Saat ini, coffee shop sangat digandrungi oleh masyarakat khususnya kaum muda. Karena mereka bisa berkumpul, bercengkrama, bahkan mengerjakan tugas di coffee shop. Oleh karena itulah, bisnis coffee shop memiliki banyak sekali keuntungan seperti:

Target pasar yang begitu luas

Bisnis coffee shop memang identik dengan anak-anak muda. Tapi tidak bisa dipungkiri bahwa masyarakat yang memiliki usia cukup tua pun masih ada yang minum minum kopi di coffee shop. Alasannya yaitu konsep coffee shop yang berbeda dengan warung kopi lainnya, dan kesan yang ada di coffee shop lebih modern. Apalagi Indonesia merupakan salah satu negara dengan penghasil biji kopi berkualitas yang membuat bahan dasar minuman di tempat ini memiliki jenis yang beragam. Ditambah dengan kopi yang dianggap sebagai minuman yang dapat mengakrabkan seseorang . Sejak dulu, istilah ngopi sering digunakan orang untuk mengajak rekannya bercengkrama. 

Membutuhkan tempat yang tidak terlalu luas 

Banyak coffee shop yang memiliki lahan terbatas namun tetap bisa berjalan dengan lancar. Karena cara menjalankan bisnis ini tidak hanya menggunakan metode dine in saja, ada beberapa coffee shop yang menyediakan sistem take away, bahkan hanya menyediakan pemesanan online sehingga bisnis ini tidak membutuhkan banyak ruang. 

Menu yang disajikan mudah dibuat 

Jika kalian perhatikan, banyak coffee shop yang menawarkan menu sederhana dan dikemas secara unik. Dan menu yang disajikan ini didominasi dengan menu yang bisa disandingkan dengan minuman kopi. Misalnya kentang goreng, burger, roti bakar, dan makanan ringan lainnya yang memang cocok disajikan dengan kopi. 

Omset yang didapatkan cukup besar 

Seperti pada poin 1 yang mengatakan bahwa target pasar bisnis coffee shop ini cukup luas yang otomatis akan membuat konsep dari bisnis ini juga cukup besar apalagi jika ingin memperoleh pendapatan harian di sini sangat cocok untuk diterapkan.

Segmen pembelinya yang luas dan loyal menjadikan bisnis coffee shop dinilai sangat menguntukan jika dilakukan. Nah, tentunya kamu juga sangat diuntungkan jika membuka bisnis coffee shop ini. Namun, tentunya semua bisnis memiliki ancamannya masing-masing, tak terkecuali bisnis coffee shop yang akan kamu jalankan tersebut. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu mengetahui apa saja ancaman yang dapan membahayakan dan merugikanmu di masa depan, sehingga kamu bisa meminimalisasinya. Nah, berikut beberapa ancaman yang bisa diantisipasi olehmu.

1. Banyaknya Kompetitor

Kompetitor banyak.
Kompetitor banyak. Sumber: Pexels

Ancaman yang dapat membahayakan bisnis coffee shop #1 yang harus kamu waspadai adalah banyaknya kompetitor ataupun pesaing di bidang ini. Memang tak bisa dipungkiri, dengan banyaknya peminatan masyarakat terhadap kopi, akhirnya membuat banyak orang mendirikan bisnis kopi ini. Terbukti dengan banyak kedai kopi yang buka di pinggir-pinggir jalan.

Nah, banyaknya kompetitor tersebut tentunya merupakan ancaman bagi keberlangsungan bisnis coffee shop-mu tersebut. Bisa jadi di masa depan, banyak dari pelangganmu berpindah tempat ke coffe shop lainnya. Tentunya hal tersebut merugikan bisnismu sendiri. Lalu, apa yang harus kamu lakukan? Tidak mungkin dong kamu memaksa dan mengancam kompetitormu untuk menutup bisnis coffe shop mereka? Ya, tentu saja hal tersebut tak bisa kamu lakukan.

Salah satu jalan untuk menghindari keadaan di atas adalah dengan selalu berinovasi dan memperbaiki kualitas bisnismu, baik itu dari segi rasa, pelayanan, dan sebagainya. Untuk semakin menarik pembeli dan membuat mereka menetap, kamu juga bisa mengadakan promo-promo menarik, lho!

2. Kualitas dari Kopimu

Kualitas kopi.
Kualitas kopi. Sumber: Pexels

Ancaman bisnis coffe shop #2 yang juga harus kamu waspadai adalah kualitas rasa dari produkmu yang menurun. Siapa pembeli yang ingin terus-terusan membeli kopi di tempatmu, jika rasanya tidak enak? Tentunya tak ada seorang pun yang akan melakukannya. Nah, untuk menghindarinya, tentu saja kamu harus selalu menjaga kualitas rasa dari produk kopimu tersebut.

Bahkan jika memungkinkan, kamu bisa meningkatkan kualitas rasanya! Sering-seringlah berkreasi dengan rasa dari kopi. Siapa tahu kamu akan menemukan resep unik yang bisa kamu jual sebagai menu andalan coffee shop-mu tersebut!

3. Variasi Menu yang Kurang

Variasi menu.
Variasi menu. Sumber: Pexels

Ancaman bisnis coffee shop #3 yang juga harus kamu perhatikan adalah variasi menu yang kurang. Banyak orang khususnya pembeli memilih pindah ke tempat coffee shop lainnya karena coffe shopmu hanya menyediakan menu kopi-kopi saja, tak ada menu lainnya! Nah, tentunya untuk menghindari kejadian yang demikian, kamu juga harus menyediakan menu lain, disamping minuman ya! Kamu bisa menyediakan kue-kue, atau camilan lainnya, nih!

4. Perencanaan Bisnis yang Kurang Matang

Perencanaan bisnis.
Perencanaan bisnis. Sumber: Pexels

Banyak usaha terancam gagal karena kurang baiknya perencanaan yang mereka lakukan sebelum usaha tersebut dimulai. Ancaman usaha gulung tikar tesebut tentunya menjadi mimpi buruk bagi setiap pengusaha, tak terkecuali dirimu yang ingin mendirikan coffee shop. Nah, untuk menghindari malapetaka tersebut, tentunya kamu harus membuat perencanaan yang matang terlebih dahulu, sebelum bisnis coffe shop tersebut mulai dieksekusi. Perencanaan usaha ini dimaksudkan agar kamu bisa menghemat, waktu, tenaga, dan modal.

Nah, apa sajakah perencenaan usaha yang harus kamu lakukan? Kamu bisa memulai perencanaan ini dengan memikirkan modal dan biaya operasional setiap bulannya yang harus dikeluarkan, bagaimana konsep bisnismu, promosi yang akan dilakukan, lokasi bisnis, menu yang akan dijual, dan lain sebagainya.

5. Bisnis Tak Memiliki Konsep yang Jelas

Konsep usaha.
Konsep usaha. Sumber: Pexels

Tak jarang pembeli mampir ke coffee shop dan membeli produknya karena tertarik dengan kosep yang disuguhkan. Oleh karena itu, buatlah konsep yang jelas dan menarik untuk diterapkan di dalam bisnismu tersebut. Selain itu, adanya konsep yang jelas ini juga dapat menghemat banyak dana dan waktu karena adanya hal tersebut akan membuat bisnismu tetap dalam konsep awalnya, tidak berubah-ubah. Maka dari itu, buatlah konsep yang jelas dan menarik ya!

6. Manajemen Bisnis yang Tak Jelas

Manajemen bisnis.
Manajemen bisnis. Sumber: Pexels

Ancaman bisnis coffee shop #6 yang harus kamu waspadai selanjutnya adalah menajemen bisnis yang tak jelas. Adanya manajemen yang tak benar tentunya sangat berimbas pada kesuksesan bisnis coffee shopmu tersebut. Nah, untuk itulah kamu harus mengelola manajemen dengan baik, sehingga bisnismu terus bisa berjalan. Misalnya saja, dengan mengelola karyawan dan gaji mereka, inventory manajemen, menjaga hubungan baik dengan vendor, dan lain sebagainya.

7. Pelayanan yang Buruk

Pelayanan bisnis.
Pelayanan bisnis. Sumber: Pexels

Ancaman bisnis coffee shop terakhir yang juga harus kamu waspadai di masa depan adalah adanya pelayanan yang buruk dan tak profesional dari pekerjamu. Banyak pelanggan merasa betah untuk selalu datang ke kedai kopimu tersebut, salah satunya ditunjang oleh pelayanan karyawannya yang ramah dan baik.

Berbeda halnya jika karyawan tersebut bersikap buruk, tentunya hal tersebut menjadikan orang malas untuk membeli kopi di kedaimu. Nah, untuk itulah, kamu harus merekrut dan melatih karyawanmu, sehingga dapat bersikap profesional di depan situasi apapun.

Langkah Membuka Usaha Coffee Shop

Jika melihat dari sisi keuntungan yang didapatkan oleh pebisnis coffee shop, maka hal ini tentu membuka peluang bagi seseorang yang ingin juga membuka bisnis coffee shop. Lalu, bagaimana langkah-langkahnya? Yuk simak tahapan berikut ini.

Menyusun rencana usaha

Membuat rencana bisnis (sumber: Pexels)

Sebelum bergerak ke lapangan, memang ada baiknya membuat rencana terlebih dahulu. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menyusun rencana usaha kopi ini, seperti menentukan target pasar, menganalisis kompetitor di usaha yang serupa, hingga konsep usaha yang akan dibuat esok seperti apa. Hal ini agar bisnis berjalan dengan konsisten dan lancar serta siap menghadapi ancaman yang kemungkinan akan terjadi. 

Memilih lokasi yang strategis 

Menentukan lokasi (sumber: Pexels)

Lokasi merupakan hal yang perlu dipikirkan selanjutnya. Untuk memulai usaha coffee shop, lokasi ini tidak harus di pusat kota yang memang ramai. Yang terpenting adalah setiap hari ramai pengunjung. Misalnya, di kawasan kampus, kompleks, perkantoran, dan disekitar tempat yang memang terdapat banyak orang.

Menentukan menu yang akan disajikan 

Membuat menu (sumber: Pexels)

Menu yang disajikan sebisa mungkin menu yang memiliki ciri khas dari coffee shop tersebut. Hal ini bertujuan untuk membedakan antara coffee shop yang akan dibangun dengan kompetitor lainnya. Jenis kopi yang dijual pun juga seharusnya lebih beragam dan banyak pilihan agar minat pembeli lebih besar dan penasaran untuk mencicipi kopi tersebut.

Memaksimalkan promosi 

Menggiatkan promosi (sumber: Pexels)

Yang perlu diperhatikan terakhir yaitu promosi. Promosi ini perlu dirancang dengan matang karena dengan strategi promosi inilah kopi bisa dikenal dan dijual khalayak yang lebih luas. Promosi bisa dilakukan secara offline dan online. Apalagi sekarang adanya media sosial membuat orang lebih cenderung mempromosikan usahanya melalui berbagai platform media sosial.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Itulah kumpulan ancaman bisnis coffe shop yang sedang marak saat ini, dan jika kamu tertarik untuk mengikuti kursus Vocasia, kamu bisa klik tautan dibawah ini, jangan sampa ketinggalan diskon!

Edited by Romadhona S.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *