Tanggal:29 February 2024

Apa itu Viral Marketing?

Viral marketing adalah (pexels.com/Artem beliaikim)

Pengertian Viral Marketing

Viral marketing adalah salah satu bentuk marketing atau strategi promosi untuk membuat iklan yang viral. Viral marketing mengandalkan audiens untuk menjadi promotornya. Strategi ini juga menggunakan teknik word of mouth yang artinya dari mulut ke mulut. Cara ini lebih efektif karna dapat meningkatkan brand awareness dan dapat menguntungkan sales.

Baca Juga | Apa Itu Buzz Marketing? Kelebihan dan Kekurangan

Tujuan utama dari viral marketing adalah untuk menarik dan menginspirasi seorang individu untuk berbagai informasi tentang hal dan informasi yang dipromosikan kepada orang lain. Biasanya informasi tentang suatu produk atau layanan yang tersebar melalui viral marketing akan menjadi sangat populer. Orang-orang akan terus membicarakannya, baik di sosial media.

Baca Juga | Pengertian Sosial Media Marketing Beserta 5 Manfaatnya

Dalam viral marketing, yang perlu Anda lakukan hanya menyiapkan konten yang sekiranya akan menjadi viral dan banyak menarik minat orang diluar target audiens bisnis Anda.

Contoh Viral Marketing

Contoh viral marketing brand Ramayana (KapanLagi.com)

Contoh viral marketing brand Ramayana (KapanLagi.com)

Baca Juga | Perkiraan Biaya Pasang Iklan di TV Beserta Manfaatnya

Iklan brand Ramayana yang sempat viral di tahun 2017. Dalam rangka menyambut lebaran, Ramayana merancang konten dengan menggandeng grup qasidah Nurussyifa untuk menjadi penyanyi latar di iklan tersebut. Hal ini memang disengaja, mengingat lirik-lirik lagu qasidah seringkali menjadi bahan meme netizen. Selain itu, di beberapa adegannya juga nampak nyeleneh. Seperti ada kepala penyanyi yang muncul di magic jar, atau ada juga yang bernyanyi di atas keranjang pakaian.

Strategi Viral Marketing

Strategi viral marketing (pexels.com/rodnae)

Strategi viral marketing (pexels.com/rodnae)

Baca Juga | Guerilla Marketing: Pengertian, Jenis Strategi, Contoh, dan Manfaatnya

Strategi marketing jenis ini dapat bekerja dengan cara menyebarkan informasi melalui database pengguna internet yang telah terdaftar untuk digunakan secara massal. Misalnya, dari situs web elektronik gratis seperti Yahoo, Hotmail, atau Gmail yang memberikan pelayanan email secara gratis dan memberikan berbagai penawaran produk bersamaan dengan layanan email tersebut. Bentuk strategi dari marketing jenis ini merupakan strategi pemasaran modern yang menjanjikan ketenaran produk yang dipasarkan. Apalagi, masyarakat selalu terhubung dengan koneksi internet untuk mengakses fitur secara gratis. Ide kreatif sangat diperlukan di dalam jenis pemasaran jenis ini karena pengguna internet cukup pintar dalam memilih konten yang murni sebagai informasi dan mana yang merupakan sebuah strategi bisnis atau iklan.

Baca Juga | Apa Itu Iklan Advertorial?

Tips Memaksimalkan Strategi Viral Marketing

1. Memahami audiens

Baca Juga | Begini Efek Media terhadap Masyarakat

Tahap pertama yang anda harus lakukan yaitu, memahami audiens dan mencari karakteristik audiens dari segi format konten apa yang mereka suka, sampai dengan keyword yang sering mereka gunakan. Untuk melakukan ini anda bisa menggunakan berbagai analytics tools yang tersedia misalnya, Google Analytics.

Baca Juga | Pengertian Google Analytics dan Cara Penggunaannya

2. Mengandalkan tools social media analytics

Baca Juga | Apa Saja Skill yang Harus Dimiliki Digital Marketing? Simak Penjelasan Berikut Ini!

Dengan menggunakan bantuan tools social media analytics ini bisa mempermudah anda mengumpulkan data dari setiap aktivitas di media sosial. Termasuk mentracking perfoma dari setiap campaign yang dilakukan

Baca Juga | 10 Marketing Tools yang Wajib Kamu Ketahui

Dari tools ini nantinya anda bisa mencari insight dari setiap konten atau campaign sebelumnya yang mana paling unggu diantara campaign lainnya. Anda bisa mengukur dari  jumlah likes terbanyak, komentar, klik, views dan lain-lain. Dan lakukanlah analisis hal-hal apa yang membuat konten tersebut menarik dan apa yang membuat sekitarnya bisa menjadi inspirasi di konten viral marketing anda. Di tahap ini anda bisa menggunakan beberapa tools sosial media analytics misalnya, Sprout Social, Brandwatch, Hootsuite, TapInfluence dan lain-lain.

3. Tingkatkan emosi audiens

Baca Juga | Marketing Funnel: Pengertian,Tahapan,Strategi dan Contoh

Hal yang menjadi suatu keberhasilan viral marketing yaitu, mampu menggunggah emosi audiens. Buatlah konten yang memiliki alur cerita menarik dan menyentuh sehingga konten yang anda buat lebih banyak disukai dan menjadi peluang dibagikan oleh oleh orang lain atau membeli. Pastikan di dalamnya Anda menyisipkan pesan-pesan positif, seperti mengedukasi, informatif, solutif dan sebagainya.

4. Social outreach

Baca Juga | Memahami Perbedaan KOL dengan Influencer

Strategi ini merupakan langkah lain yang efektif untuk memviralkan konten Anda. Caranya yaitu dengan menjangkau orang-orang yang berpengaruh di dalam industri Anda seperti influencer.

5. Menggunakan strategi trend jacking

Baca Juga | 5 Jenis konten Video yang dapat menghasilkan uang

Selanjutnya dengan menggunakan strategi trend jacking. Trend jacking ini pembajakan trend, merupakan salah satu strategi marketing yang memanfaatkan situasi atau isu yang tengah naik daun untuk bahan promosi. Strategi ini sering digunakan sebagai cara untuk melakukan viral marketing. Pembuatan kontennya pun bisa beragam, mulai dari penggunaan gambar atau video yang menyesuaikan dengan brand itu sendiri.

6. Menggunakan hastag pada setiap konten

Baca Juga | Optimalkan Keuntungan Bisnis dengan Terapkan 5 Cara Riset Pasar Ini!

Menggunakan bantuan hashtag pada iklan Anda adalah menjadi cara efektif untuk membuat konten Anda populer. Di samping meningkatkan brand awareness, menambahkan hashtag juga membuat konten Anda lebih berkesan. Selain itu, keberhasilan campaign Anda pun bisa mudah terlacak.Maka, usahakanlah pada setiap kontenmu menabahkan hashtag yang unik, menarik dan mudah diingat oleh audiens.

Baca Juga | Inbound Marketing: Pengerian, metodologi, dan perbedaannya dengan outbond marketing

Nah, itu tadi penjelasan mengenai viral marketing. Viral marketing menjadi andalan bagi banyak perusahaan untuk memasarkan produk dan jasanya. Gimana apa anda tertarik untuk mencoba strategi ini?

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *