Tanggal:29 February 2024

10 Cara agar Video TikTok Kamu FYP

Hashtag #FYP atau #ForYourPage adalah hastag populer yang sering Anda lihat pada postingan video di TikTok. Kedua hastag ini sering digunakan oleh para pemilik akun TikTok untuk membantu postingan mereka bisa masuk di FYP (For Your Page).

TikTok menjadi media sosial yang menarik dengan konten utama dari video-video pendek yang di-upload oleh para pengguna.

TikTok menjadi wadah bagi anak-anak muda bahkan akun bisnis sekalipun untuk menciptakan video-video kreatif dengan menggunakan smartphone.

Bagi kamu yang memiliki akun TikTok pasti penasaran bagaimana bisa masuk FYP trending di TikTok dan jadi viral?

Apa Itu FYP?

FYP (For Your Page) adalah halaman yang direkomendasikan di aplikasi TikTok saat kita membuka login ke akun TikTok, biasanya berisi video yang menjadi trending dan viral.

Pada halaman beranda TikTok, banyak sekali video yang menjadi rekomendasi untuk Anda tonton. Setiap akun memiliki rekomendasi video FYP TikTok yang berbeda-beda tergantung dari interest pengguna.

Baca Juga : 5 Software Editing Video Yang Lagi Rame Di Social Media

Perlu Anda ketahui bahwa halaman FYP TikTok ini berbeda dengan halaman following pertemanan Anda, ya. Pada halaman following, ketika teman ada post video maka Anda akan bisa melihatnya, tetapi postingan teman Anda belum tentu ada di FYP TikTok. Nah, kalau halaman FYP di TikTok ini muncul setelah video populer dan trending dilihat banyak orang.

Baca Juga: Tips untuk menjadi streamer game handal

Cara FYP di TikTok

Nah, tenang saja karena pada pembahasan kali ini kami akan memberikan cara FYP di TikTok, silakan ikuti semua caranya dari awal sampai akhir.

1. Ikuti Trend dan Challenge

Setiap beberapa minggu sekali biasanya TikTok memiliki trend dan challenge yang berbeda-beda. Untuk bisa mengetahui trend apa yang sedang terjadi di TikTok, Anda bisa melihat video-video yang masuk di FYP TikTok. Anda bisa mengikuti trend dan challenge dengan membuat video yang lebih menarik versi Anda. Dengan cara ini peluang untuk bisa FYP dan menambah follower akun TikTok Anda semakin besar.

Baca Juga: Cara social media marketing

2. Buat Konten yang Meningkatkan Engagement

Agar engagement video TikTok Anda tinggi, Anda bisa membuat konten yang unik, lucu dan original versi Anda sendiri. Dengan bermodalkan konten yang memiliki engagement yang tinggi, peluang untuk FYP pada TikTok semakin besar. Jangan lupa sisipkan ajakan bagi para follower untuk menekan tombol love, comment, dan share pada postingan Anda.

Baca Juga: Cara meningkatkan penjualan online

3. Perhatikan Kualitas Konten

Kualitas video menjadi salah satu kunci FYP pada TikTok. Bukan masalah kualitas dari sisi kamera yang digunakan saja, melainkan originalitas dari video yang Anda buat.

Membuat konten original memang menjadi nilai plus bagi para penonton. Dari konten ini juga bisa menjadi salah satu ciri khas akun TikTok Anda, sehingga para pengguna TikTok akan mengenali Anda dari ciri khas video yang dibuat.

Baca Juga: Strategi digital marketing yang efektif

4. Buat Video Durasi Pendek

Video TikTok yang banyak dipakai untuk akun-akun yang bisa trending biasanya antara 9 detik – 15 detik saja. Maksimal durasi video yang bisa Anda post hingga 10 menit. Tetapi kuncinya Anda harus bisa membuat video yang berkualitas dan memiliki engagement yang bagus kepada para pengguna TikTok.

Baca Juga: Strategi pengembangan bisnis

5. Kolaborasi atau Duet

Agar akun TikTok Anda semakin dikenal oleh pengguna TikTok, Anda bisa melakukan opsi untuk melakukan kolaborasi atau duet dengan kreator lain.

Cara ini sampai sekarang masih terbukti ampuh untuk meningkatkan video Anda dari segi jumlah views. Anda tinggal mengajak saja kreator TikTok yang mau diajak untuk berduet.

Kalau tidak ada, Anda bisa melakukan mention ke kreator TikTok lain yang memiliki follower banyak agar mendapatkan respons sehingga exposure video bisa bertambah.

6. Gunakan Sound yang Trending

Sama seperti tagar, suara dan lagu yang sedang tren dapat membantu konten Anda dilihat oleh lebih banyak orang. Anda dapat mencari suara yang sedang tren di menu Discover atau menggunakan suara yang biasa digunakan dalam konten yang diunggah oleh pengikut Anda.

7. Manfaatkan Hashtag dengan Tepat

Banyak orang berpikir bahwa #ForYou dan #FYP akan meningkatkan viewership. Namun, cara ini tidak selalu efektif untuk membuat konten viral di TikTok. Cara yang benar adalah dengan menggunakan hashtag yang relevan atau sesuai secara kontekstual. Hindari tagar berlebihan yang tidak sesuai dengan isi konten Anda. Selain itu, Anda dapat menggunakan tagar yang sedang tren atau menggabungkan tagar populer dan kurang populer.

Baca juga: 8 Aplikasi Untuk Edit Video Di HP

8. Berinteraksi dengan Followers

Keterlibatan dapat ditingkatkan dengan berinteraksi dengan pengikut Anda, seperti menyukai mereka dan membalas komentar mereka. Terakhir, keterlibatan yang baik juga penting untuk menyertakan video dalam FYP.

9. Unggah Konten Saat Prime Time

Jika Anda membuat konten yang menarik, waktu mengunggah konten yang akan menentukan apakah itu FYP. Caranya adalah dengan mengunggah konten saat pengikut atau pengguna Anda paling aktif di TikTok. Untuk mengetahui kapan sebagian besar pengikut Anda online, Anda dapat memeriksa perfomance Akun untuk akun TikTok Pro Anda. Secara umum, Anda juga dapat mengandalkan prime time media sosial. Unggah konten antara jam istirahat 12:00 dan 13:00 dan saat Anda pulang kerja sekitar jam 16:00 atau 17:00.

10. Gunakan Caption yang Menarik

Tidak hanya video Anda yang berdurasi pendek, penggunaan caption yang pendek dan menarik juga membantu konten Anda FYP. Dengan hanya 150 kata, Anda perlu mencari cara untuk menggabungkan pesan yang ingin Anda sampaikan dan hashtag yang ingin Anda gunakan menjadi caption yang menarik.

Triknya adalah menggunakan kalimat pendek untuk menarik perhatian audiens dan membuat mereka mendengarkan. “Tonton sampai akhir” atau “Butuh waktu 5 hari untuk membuat ini”. Selain itu, Anda juga dapat menulis teks untuk memicu percakapan di bagian komentar.

Baca Juga: Makanan yang baik untuk kesehatan kulit

(Sumber: qwords)

Edited by: Marsella Shafira Lukmi

Instagram: @marsellasl

Kursus digital marketing
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *