Tanggal:05 May 2024

7 Cara Berkomunikasi Yang Efektif Di Dunia Kerja

Tak bisa dipungkiri bahwa kita manusia melakukan kegiatan berkomunikasi setiap harinya. Kemampuan kita dalam berkomunikasi sangat menentukan keberhasilan dalam kehidupan bersosial. Kemampuan komunikasi tidak hanya dilihat dari sekedar kemampuan dalam berbicara dengan lancar saja. Namun juga kemampuan dalam menyampaikan pesan kepada seseorang. Dan kemampuan dalam memahami pesan yang disampaikan oleh seseorang.

Komunikasi ini menjadi penting didalam kehidupan manusia. Terutama pula dalam hal pekerjaan. Dengan memiliki komunikasi yang baik dan efektif, maka ini akan dapat menunjangmu dalam hal pekerjaan. Baik dalam mencari pekerjaan, mendapatkan promosi kenaikan jabatan, maupun pencapaian karir yang diinginkan.

Dalam dunia kerja, komunikasi yang tidak efektif sering menimbulkan berbagai masalah. Sebagian masalah dalam dunia kerja erat sekali dengan komunikasi. Seperti adanya kesalahpahaman, kesalahan dari prosedur kerja. Hal-hal seperti itu harus bisa diatasi agar tidak menghambat pekerjaanmu bukan ? Oleh karena itu penting sekali agar kita dapat berkomunikasi yang efektif di dunia kerja. Yuk lihat tujuh cara di artikel ini, agar kamu bisa berkomunikasi yang efektif di dunia kerja. Simak ya!

7 Cara Berkomunikasi Yang Efektif Di Dunia Kerja

1. Dengarkan dan Pahami Sebelum Sampaikan

Ilustrasi Mendengarkan(pexels.com/andrea piacquadio)

Sebelum berkomunikasi dengan lawan bicara, dengarkan dulu apa yang mereka katakan. Dan pahami maksud dan tujuannya, baru setelah itu sampaikan respons dan pendapatmu mengenai topik yang sedang dibicarakan. Dengan begitu pesan yang kamu sampaikan kepada lawan bicaramu sesuai dengan konteks permasalahan yang sedang di bahas. Dan kamu juga bisa mengemas pesanmu dengan baik agar bisa dipahami dengan baik pula oleh lawan bicaramu.

Banyak-banyak menderngar sebelum menyampaikan pembicaraan juga akan menghindarkan kita dari yang namanya kesalahpahaman. Terkadang seseorang malas mendengar, sehingga dia hanya memproses informasi sedikit. Dan akhirnya saat pembicaraan berlangsung dapat menimbulkan ketidakcocokan. Sehingga menimbulkan kesalahpahaman. Untuk itu dengarkan terlebih dahulu lawan bicaramu, sebelum berbicara ya!

2. Sampaikan Pesan Dengan Baik

Ilustrasi Wanita Mengurimkan Pesan Di Handphone(pexels.com/shvets production)

Sampaikan pesanmu kepada lawan bicaramu dengan baik. Gunakan kalimat yang mudah di mengerti dan dengan intonasi yang tepat. Selain itu sampaikan pesanmu dengan lugas, dan per-poin, agar lawan bicaramu paham apa yang sedang kamu coba utarakan. Hindari kalimat-kalimat yang akan mengundang pertentangan. Sehingga tidak adanya kesalahpahaman antara dirimu dan juga lawan bicaramu.

3. Perhatikan Juga Bahasa Tubuhmu

Ilustrasi Wanita Presentasi(pexels.com/fauxels)

Bahasa tubuh merupakan bentuk komunikasi non verbal, yang juga sebagai komponen utama dalam berkomunikasi secara efektif. Secara harfiah, bahasa tubuh merupakan proses pertukaran pikiran dan gagasan di mana pesan yang disampaikan dapat berupa isyarat, ekspresi wajah, pandangan mata, sentuhan, artifak, diam, waktu, suara, serta postur dan gerakan tubuh.

Dengan menggunakan bahasa tubuh seperti ekspresi wajah, pandangan mata, dan gerakan tubuh. Seseorang bisa mendalami apa yang sedang mereka sampaikan kepada lawan biacaranya. Selain itu, bahasa tubuh yang tidak bersahabat juga akan menimbulkan permasalahan. Seperti ketika kita berbicara dengan lawan bicara kita, namun gerakan tangan kita seperti mengepal, atau pandangan bola mata kita seperti sinis. Maka lawan bicara kita juga bisa tersinggung dengan bahasa tubuh yang kita perlihatkan. Untuk itu gunakanlah bahasa tubuh yang menyenangkan agar bisa menyampaikan pesanmu dengan baik, dan menghindari dari segala macam kesalahpahaman yang mungkin akan terjadi.

4. Berikan Senyuman Ramah Pada Lawan Bicara

Ilustrasi Wanita Tersenyum Ramah(pexels.com/this is engineering)

Setiap orang pasti senang sekali melihat pribadi yang ramah dan murah senyum. Oleh karena itu seseorang yang ramah selalu mendapatkan perhatian khusus dari orang-orang disekitarnya. Karena membawa dampak positif dari aura yang terpancar pada senyumannya maupun dirinya. Maka dari itu cobalah untuk selalu memberikan senyuman yang ramah pada lawan bicaramu. Sehingga mereka merasa bahwa dirimu adalah sosok orang yang bisa di ajak bicara dengan baik. 

Dengan kamu selalu memberikan senyuman dan keramahanmu, maka hal itu akan menjadi energi positif di lingkungan kerja. Sehingga para rekan kerjamu pun terinspirasi dengan sikapmu itu. Dan secara tidak langsung, suasana kantormu akan lebih hangat.

5. Pandai Mengontol Emosi

Ilustrasi Wanita Ceria(pexels.com/pixabay)

Dalam pekerjaan pasti ada saja hal-hal yang bisa membuat emosimu naik. Namun kamu harus pandai mengontrol emosi tersebut. Jika kamu pintar dalam mengandalikan dan mengontrol emosimu, maka kamu akan terhindar dari pertentangan-pertentangan yang akan terjadi. Emosi yang ada pada dirimu justru akan membuat pekerjaanmu semakin berantakan. Untuk itu cobalah kendalikan dirimu, agar kamu bisa menyelesaikan pekerjaanmu bersama tim dengan baik.

6. Meminta Saran dan Pendapat dari Rekan Kerja maupun Atasan

Ilustrasi Dua Orang Sedang Berdiskusi(pexels.com/thirdman)

Mintalah saran dan pendapat dari rekan kerja maupun atasanmu, agar kamu bisa selalu memperbaiki kinerjamu. Saran dan pendapat dari rekan kerja maupun atasan juga dapat membantu kamu untuk menyelesaikan target pekerjaanmu. Terbukalah dari pandangan-pandangan orang lain, agar kamu tidak hanya terfokus pada dirimu sendiri. Karena nyatanya tidak semua hal pasti kita ketahui, kita juga butuh dari perspektif orang lain.

7. Memberikan Umpan Balik Kepada Tim

Ilustrasi Sebuah Tim(pexels.com/jopwell)

Berikan juga feedback atau umpan balik yang baik kepada timmu ketika sudah berhasil mencapai suatu target. Kamu bisa memberikan apresiasi serta ucapan selamat kepada timmu. Dengan memberikan umpan balik yang baik. Maka hal ini juga dapat mendorong timmu agar bisa bekerja lebih giat lagi untuk pencapaian target-target selanjutnya.

Nah itu dia tadi ulasan mengenai tujuh cara berkomunikasi yang efektif di dunia kerja. Semoga artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba!

Baca Juga : 7 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *