Tanggal:25 April 2024

7 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Dengan Optimal

Setiap pekerja di tuntut untuk menghasilkan suatu hasil pekerjaan yang maksimal, Intinya seseorang selalu dituntut produktivitas dalam bekerja. Produktivitas kerja dibutuhkan agar perusahaan dapat memperoleh output yang sebesar-besarnya, Sehingga kegiatan operasional perusahaan dapat berjalan lancar.

Alhasil, dengan demikian produktivitas kerja ini menjadi perbandingan secara matematis. Yaitu perbandingan antara hasil kerja yang sudah dicapai dengan jumlah sumber daya yang digunakan dalam sebuah produksi. Perbandingan ini membutuhkan indikator produktivitas kerja untuk mengukurnya, sehingga bisa didapatkan perhitungan yang jelas terhadap hasil akhir yang dicapai.

Di kutip dari pintek.id, produktivitas kerja seseorang karyawan/pekerja dapat dinilai dari beberapa indikator. Yaitu kuantitas kerja, kualitas kerja, dan ketepatan waktu dalam bekerja. Kuantitas kerja merupakan jumlah pekerjaan yang dihasilkan oleh seorang pekerja, dan itu menjadi indikator pertama yang dinilai perusahaan. Kemudian indilkator yang kedua kualitas kerja. Kualitas kerja merupakan kemampuan terbaik seorang karyawan/pekerja dalam menyelesaikan tugasnya secara teknis itulah yang dikatakan kualitas. Semakin bagus kualitas kerja seorang karyawan/pekerja maka produktivitas akan semakin bagus.

Dan selanjutnya indikator yang terakhir adalah ketepatan waktu. Seorang pekerja harus bisa memaksimalkan waktu pengerjaan sehingga mendapatkan output yang lebih baik. Seorang pekerja yang mempunyai produktivitas kerja yang tinggi, maka akan dapat meraih kesempatan untuk menaikkan jenjang karir yang lebih tinggi. Untuk itu para pekerja perlu mengetahui bagaimana cara meningkatkan produktivitas kerja dengan optimal. Simak ulasannya di bawah ini!

Baca Juga | 7 Cara Kreatif Untuk Meningkatkan Motivasi Karyawan

7 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja Dengan Optimal

1. Membersihkan Area Tempat Kerjamu

Ilustrasi Wanita Berada Di Meja Kerja(pexels.com/kampus production)

Sebelum memulai pekerjaanmu, kamu bisa membersihkan area tempatmu bekerja. Mulai dari meja kerjamu, arsip-arsip pekerjaanmu. Susunlah arsip-arsip pekerjaanmu di tempat yang sudah di pisahkan sesuai per-kategori, agar saat kamu mencarinya kamu tidak akan kebingungan. Gunakan juga pengharum ruangan diarea tempat kerjamu, agar saat kamu bekerja pikiranmu menjadi rileks.

Selain itu kamu juga bisa menaruh beberapa bingkai foto bertuliskan kalimat motivasi. Atau juga foto orang-orang yang kamu sayangi seperi pasangan dan keluarga. Foto-foto tersebut bisa menjadi pemacu motivasimu dalam bekerja lho!. Dengan kamu membersihkan area tempatmu bekerja, kamu juga bisa bekerja dengan nyaman. Sehingga dengan ini kamu bisa fokus untuk melakukan pekerjaanmu.

Baca Juga | 6 Cara Meningkatkan Konsentrasi Dalam Bekerja, Yuk Coba!

2. Menghindari Multitasking

Ilustrasi Seorang Pria Pekerja(pexels.com/ketut subiyanto)

Dalam bekerja hindari untuk multitasking. Karena nyatanya mengerjakan pekerjaan sekaligus dalam satu waktu akan membuatmu kelelahan. Selain itu hasilnya tidak akan maksimal dibandingkan jika dirimu memfokuskan pada satu pekerjaan di satu waktu. Seperti misalnya  hasil pekerjaan tidak mendetail, ataupun terdapat banyak kesalahan dalam beberapa pekerjaan tersebut. Untuk itu mulailah pada satu tugas, setalah selesai beralihlah pada tugas yang selanjutnya.

3. Membuat Daftar Pekerjaan

Ilustrasi Catatan Kegiatan(pexels.com/picjumbocom)

Untuk memaksimalkan kegiatan pekerjaanmu, buatlah daftar pekerjaanmu. Buatlah daftar pekerjaanmu dengan rinci, agar bisa membantu kamu menyelesaikan pekerjaanmu. Dalam daftar pekerjaanmu buatlah juga langkah-langkah perencanaan strategis untuk mencapai suatu tujuan dalam pekerjaanmu. Lengkap dengan perkiraan waktu, metode pengerjaan, dan target yang akan didapat.

Sehingga dengan demikian, kamu juga bisa menentukan target yang akan kamu dapat dari hasil pekerjaanmu yang maksimal. Target ini juga menjadi salah satu kunci agar kamu terpacu untuk produktivitas dalam bekerja.

Baca juga | 7 Faktor Penentu Produktivitas Karyawan, Faktor Internal Dan Eksternal Saling Memengaruhi!

4. Mulai dari Target yang Kecil

Ilustrasi Benda Kecil(pexels.com/mart production)

Para pekerja tentunya ingin selalu meningkatkan produktivitas kerja. Mereka berpikir bahwa dengan menetapkan target project yang besar maka akan menghasilkan pencapaian yang besar. Sehingga harapannya mereka cepat mendapat hal-hal yang diinginkan, dengan target yang besar tersebut.

Namun pada kenyataannya, menetapkan target yang besar justru akan menurunkan produktivitas kerja. Apalagi untuk seseorang yang belum ahli dalam mengerjakannya. Karena terfokus pada target pekerjaan yang besar, kemudian mendapatkan kesulitan. Pada akhirnya pekerjaan tersebut tidak bisa diselesaikan dengan baik. Untuk itu mulailah menetapkan target project yang kecil. Kemudian selesaikan target dengan baik sambil berlatih menambah kemampuan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan target project yang lebih besar.

Baca Juga | Metode SMART: Langkah Jitu Dalam Menggapai Target

5. Perhatikan Juga Istirahatmu

Ilustrasi Coffee Break(pexels.com/kaboompics)

Walaupun daftar pekerjaanmu masih banyak. Namun jangan lupakan bahwa tubuhmu juga membutuhkan istirahat yang cukup. Istirahat yang cukup dapat membuat tubuh dan pikiranmu kembali segar. Dengan beristirahat kamu juga dapat menstimulasi otakmu agar bisa berkonstrasi secara maksimal terhadap pekerjaanmu. Selain itu dilansir dari Inc. Studi menunjukkan bahwa dengan memberi waktu istirahat 10 sampai 15 menit pada pekerjaan dapat meningkatkan produktivitas.

6. Bangkitkan Semangat Kerjamu

Ilustrasi Wanita Semangat(pexels.com/andrea piacquadio)

Selain harus dapat menentukkan target pekerjaanmu. Kamu juga harus bisa membangkitkan semangat dalam dirimu. Bangunlah tekad yang kuat agar kamu terpacu untuk selalu memberikan yang terbaik di setiap performa atau penampilan kerjamu. Kamu bisa membangkitkan semangatmu dengan membangun tujuan hidupmu, apa yang kamu inginkan, dan siapa yang ingin kamu banggakan atas pencapaianmu. Dengan keinginan yang kuat tersebut, tubuhmu juga akan merespon. Sehingga kamu bekerja bisa tampil dengan semaksimal mungkin.

Baca Juga | Yuk Liburan! Ini Dia 10 Destinasi Wisata Terbaik Di Indonesia

7. Lakukan Evaluasi

Ilustrasi Buku Ceklist(pexels.com/pixabay)

Setelah melakukan semua cara di atas. Penting untuk kamu selalu melakukan evaluasi terhadap hasil kinerja pekerjaanmu. Bagaimana target pencapainmu, apakah sudah sesuai dengan segala perencanaanmu, apa langkah-langkah strategis selanjutnya. Lakukanlah evaluasi sesuai dengan pertimbanganmu. Baik itu evaluasi perminggu, perbulan, ataupun per project yang sudah kamu laksanakan.

Nah itu tadi tujuh cara meningkatkan produktivitas kerja dengan optimal. Semoga Artikel ini bermanfaat. Selamat mencoba!

Baca Juga | Begini Tata Cara Komunikasi Yang Baik Dengan Orang Tua

Sukses karir profesional - personal development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *