Tanggal:23 July 2024

6 Penyanyi Indie Indonesia Berbakat yang Wajib Kamu Tahu!

Saat ini eksistensi musik indie sudah mulai mengeluarkan taringnya di industri musik tanah air. Hal tersebut dapat terlihat dimana lagu-lagu dari penyanyi indie sudah berhasil mendominasi tangga musik di berbagai platform musik Indonesia.

Meski begitu, masih banyak yang beranggapan indie sebagai salah satu aliran musik, sama seperti pop, jazz, rock, metal, atau sebagainya. Padahal, anggapan tersebut tentu salah besar. Pengertian musik indie yang sebenarnya adalah sebuah gerakan musik yang bebas dan mandiri, tidak bergantung kepada sebuah label rekaman atau perusahaan tertentu.

Sehingga perlu apresiasi besar jika eksistensi musik indie sudah mulai bisa bersaing di industri musik tanah air. Dimana dari pengerjaan proses lagu hingga pemasaran, semua dilakukan sendiri. Tentu ini menjadi bukti bahwa penyanyi indie Indonesia memiliki bakat musikalitas dan kualitas yang tidak main-main. Nah sebab itu, Vocasia sudah merangkum 6 daftar penyanyi indie Indonesia berbakat yang harus kamu ketahui. So check this out!

1. Danilla Riyadi

Profil Danilla Riyadi. Sumber:Instagram.com/danillariyadi

Penyanyi yang memiliki nama lengkap Danilla Jelita Poetri Riyadi ini merupakan penyanyi indie berbakat yang dimiliki oleh Indonesia. Selain bernyanyi, Danilla juga memiliki kemampuannya menulis lagu dan bermain peran. Namanya sudah pasti tidak  asing lagi bagi para penikmat musik indie di Indonesia. Sepanjang kariernya, Danilla sudah mempunyai 3 album yakni “Telisik (2014)”, “Lintasan Waktu (2017)” dan “Peluh, Gairah & Kelana (80’s Version). Danilla selalu menyuguhkan image yang berbeda pada setiap albumnya. Salah satu lagu yang harus kamu dengarkan diantaranya “Ada Di Sana” dan “Senja Di Ambang Pilu”.

2. Nadin Amizah

Profil Nadin Amizah Sumber:Instagram.com/cakecaine

Penyanyi indie yang satu ini baru mengawali karier solonya pada tahun 2018. Meski tergolong pendatang baru dalam industri permusikan Indonesia, Nadin Amizah sudah membuat banyak orang terbius dengan suaranya yang merdu dan lirik lagu yang puitis. Saat ini Nadin sudah melahirkan beberapa single hits, satu album “Selamat Ulang Tahun (2020)”, dan satu album “Kalah Bertaruh (2021)” dibawah management miliknya sendiri yaitu Sorai. Beberapa piala penghargaan bergengsi Anugerah Musik Indonesia (AMI) sudah berhasil dikantonginya. Rekomendasi lagu-lagu indah milik Nadin yang wajib kamu dengar ialah “Rumpang”, “Sorai”, dan “Bertaut”.

Baca Juga | Rekomendasi Lagu Galau Korea

Baca Juga | Rekomendasi Lagu Pernikahan, Romantis!

3. Pamungkas

Profil Pamungkas. Sumber:Instagram.com/pamunqkas

Pamungkas merupakan salah satu penyanyi indie Indonesia yang sedang naik daun. Lagu “To The Bone” milikinya sukses memecahkan rekor di Spotify sebagai lagu lokal yang menjuarai tangga lagu Indonesia Top 50 dengan durasi terlama. Di bawah naungan Mas Pam Record, Pamungkas sudah berhasil menghasilkan tiga buah album yang semua lagunya tidak ada yang mengecewakan. Lagu-lagunya yang didomoninasi dengan bertempo lambat serta mendayu-dayu serta suara vokalnya yang khas membuat pendengarnya terbawa ke dalam suasana. Lagu-lagu dari Pamungkas yang harus kamu dengarkan diantaranya “To The Bone”, “One Only”, dan “I Love You But I’m Letting Go”.

4. Tulus

Profil Tulus. Sumber:Instagram.com/tulusm

Tulus merupakan salah satu penyanyi indie berbakat yang dimiliki oleh Indonesia. Mungkin fakta mengenai Tulus juga termasuk musisi indie Indonesia. tidak banyak orang yang mengetahuinya. Bersama dengan kakak kandungnya, Tulus mendirikan Tulus Company untuk mengurus perihal produksi karya-karyanya. Dengan suaranya yang merdu dan lirik lagunya yang indah, dijamin kamu tidak akan kesulitan menemukan karya bagus dari Tulus. Rekomendasi lagu yang wajib kamu dengar ialah “Pamit”, “Gajah”, dan “Teman Hidup”.

Baca Juga | Daftar Lagu Rossa yang Bikin Galau

Baca Juga | Lagu Raisa yang Paling Populer

5. Sal Priadi

Profil Sal Priadi. Sumber:Instagram.com/dimas.gopal

Penyanyi indie yang satu ini dikenal sebagai penyanyi pria dengan penghayatan yang maksimal. Sal Priadi memulai kariernya sejak 2013 melalui SoundCloud dan mendapatkan sambutan yang luar biasa dari platform media sosial tersebut. Ciri lagu Sal Priadi adalah pop-ballad dengan nuansanya yang cenderung melankolis. Dengan kemahirannya, Sal Priadi dapat menciptakan lirik yang benar-benar magis dan romantis. Namanya semakin bersinar di industri musik saat ia mengeluarkan lagu berjudul “Ikat Aku Di Tulang Belikatmu” pada tahun 2018 lalu yang membawa dirinya masuk ke nominasi AMI Awards. Rekomendasi lagu-lagu Sal yang harus kamu dengarkan diantaranya “Melebur Semesta”, “Ikat Aku Di Tulang Belikatmu” dan “Amin Paling Serius” yang merupakan lagu duetnya bersama Nadin Amizah.

6. Hindia

Profil Hindia. Sumber:Instagram.com/wordfangs

Penyanyi indie dengan nama Baskara Putra juga merupakan seorang vokalis dan produser dari band indie beraliran musik rock, .Feast. Baskara Putra memutuskan untuk mengenalkan musik solonya dengan nama Hindia. Dengan tujuan ingin membagikan cerita personal dari dirinya yang mungkin dapat membantu orang lain melalui musiknya. Hindia juga dikenal cukup sering berkolaborasi dengan musisi-musisi indie lain dari Indonesia. Banyak lagu-lagu Hindia yang membawa isu personal yang sangat dekat dengan kehidupan para pendengarnya. Sehingga tidak salah, mengapa musik Hindia begitu digandrungi oleh penikmat musik. Salah satu lagu yang wajib kamu dengarkan adalah “Secukupnya”, “Rumah ke Rumah”, dan “Membasuh”.

Itu lah deretan penyanyi indie berbakat yang dimiliki Indonesia. Apakah dari daftar penyanyi di atas yang lagu-lagunya sudah menjadi favoritmu?

Baca Juga | Stephanie Poetri The Next Pop Queen di Indonesia

Baca Juga | Daftar Lagu Romantis yang Harus Kau Dengarkan

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *