Tanggal:20 June 2024

10 Cara Bisnis Jajanan Ringan, Dijamin Langsung Banyak Pembeli!

Cara bisnis jajanan ringan.

Siapa yang tak suka dengan jajanan ringan? Dalam satu hari, pastilah seseorang akan memakan jajanan ringan atau yang biasa disebut dengan camilan ini, baik itu camilan yang dibeli di warung/toko atau camilan yang dibuat sendiri di rumah.  Rasanya yang enak yang tak langsung mengenyangkan, dengan harga yang murah, dan mudah sekali untuk didapatkan inilah yang menjadikan jajanan ringan banyak dikonsumsi. Bahkan segmentasi pembelinya pun tak hanya terbatas pada anak-anak saja. Hampir semua umur juga bisa membeli jajanan ringan ini.

Oleh karena itu, tak dapat dipungkiri jika jajanan ringan merupakan salah satu bisnis kuliner yang paling menguntungkan dan memiliki prospek masa depan yang cerah. Tak mengherankan juga akhirnya banyak orang mulai menjalankan bisnis mereka di bidang jajanan ringan ini, terbukti dengan banyaknya penjual jajanan ringan yang berseliweran, seperti siamoy, pempek, batagor, es, dan lain sebagainya itu. Nah, inilah saatnya untuk kamu juga memulai bisnis jajanan ringan ini. Lalu, bagaimana caranya? Tenang saja! Dengan menyimak cara bisnis jajanan ringan di bawah ini, kamu sudah bisa menjalankan bisnis jajanan ringanmu sendiri dan dijamin akan langsung banyak mendatangkan pembeli! Langsung saja, tanpa banyak basa-basi, check this out!

1. Lakukan Analisis Pasar

Analisis pasar.
Analisis pasar. Sumber: Pexels

Cara bisnis jajanan ringan #1 yang harus dilakukan olehmu adalah melakukan analisis pasar. Semua bisnis harus melakukan cara ini, tak terkecuali bisnis jajanan ringan yang akan kamu dirikan. Nah, lakukan analisis atau riset terhadap pasar. Perhatikan apa yang sedang terjadi di pasar? Jajanan ringan apa yang sedang trend atau digemari di pasaran? Siapa saja yang menggemarinya? Berapa harga yang ditetapkan? Berapa besar daya beli pasar? Analisis juga bagaimana kompetitormu dalam bisnis jajanan ringan ini menjalankan bisnisnya. Perhatikan bagaimana mereka menjual dan melayani pembeli, harga yang dipatok, jajanan ringan apa saja yang dijual, strategi promosi yang ditetapkan, dan lain sebagainya. Nah, dari hasil analisis pasar dan kompetitormu tersebut, nantinya kamu bisa menciptakan produk jajanan ringan yang sesuai, segmentasi pasar yang tepat, harga yang terjangkau tetapi tidak membuatmu rugi. Kamu juga bisa menciptakan pelayanan dan strategi marketing yang lebih baik dari sainganmu tersebut.

2. Buat Produk yang Unik

Rancangan produk.
Rancangan produk. Sumber: Pexels

Cara bisnis jajanan ringan #2 yang juga harus kamu lakukan selanjutnya adalah membuat produk yang unik. Setelah dilakukannya analisis pasar, tentunya kamu sudah mendapatkan ide produk jajanan ringan yang akan dijual. Misalnya saja diambil contoh, kamu akan menjual jajanan ringan berupa minuman es. Nah, pada saat merancang produk jualanmu tersebut, usahakan untuk merancangnya seunik dan seinovatif mungkin, sehingga jajanan pasarmu tersebut menarik minat pembeli dan tidak membosankan. Kamu bisa membuatnya seunik mungkin dari bahan yang digunakan, rasa, nama, ataupun yang lainnya!

3. Bahan Berkualitas

Bahan baku.
Bahan baku. Sumber: Pexels

Cara bisnis jajanan ringan #3 yang harus kamu lakukan ketika ingin memulai bisnis di bidang ini adalah memilih bahan yang berkualitas. Tentu saja, kamu harus memilih bahan yang berkualitas baik. Mana ada orang yang ingin membeli jajananmu jika bahan baku yang digunakan itu berkualitas jelek, bukan? Tapi, bukankah mereka (para pembeli) tak mengetahui bahan yang digunakan itu jelek atau bagus? Ya, mereka tidak tahu kalau kamu menggunakan bahan jelek atau bagus. Namun, dari rasa yang mereka cicipi, tentu saja lidah tak bisa membohongi apakah jajanan ringanmu memiliki enak atau tidak karena jajanan ringan yang enak tentu saja berasal dari bahan yang berkualitas. Untuk itulah dalam pemilihan bahan ini, usahakan untukmu memiliki pemasok bahan yang terpercaya ya! Usahakan juga untuk tidak memiliki satu pemasok saja.

4. Rasa dan Kemasan

Rasa dan kemasan.
Rasa dan kemasan. Sumber: Pexels

Cara bisnis jajanan ringan #4 yang harus dilakukan olehmu selanjutnya adalah memastikan bahwa rasa dari produk yang kamu jual enak. Tidak ada orang yang rela mengeluarkan uangnya untuk membeli jajanan ringan yang berasa tak enak. Untuk itulah, selalu pastikan rasa dari jajanan ringan yang kammu jual, karena jajanan yang enak tentu saja akan mendatangkan banyak pembeli dan mmebuat mereka loyal, bukan? Nah, selain itu, buat juga kemasan yang menarik dan unik ya!

5. Pembuatan Tidak Rumit

Teknik pembuatan.
Teknik pembuatan. Sumber: Pexels

Cara bisnis jajanan ringan #5 yang juga harus dilakukan olehmu adalah memastikan bahwa pembuatannya tidak rumit. Usahakan jajanan ringan yang kamu jual tersebut bisa dibuat dalam waktu yang singkat dan tidak membutuhkan teknik-teknik yang rumit. Alias buat semuanya sederhana, praktis, dan efisien! Loh, memangnya kenapa? Dengan pembuatannya yang memakan waktu lama, tentu saja pembeli akan merasa lelah menunggu dan akhirnya pergi tanpa jadi membeli. Nah, untuk menghindarinya pastikan untuk menerapkan cara kelima ini ya!

6. Menu Bervariasi

Menu bervariasi.
Menu bervariasi. Sumber: Pexels

Cara bisnis jajanan ringan #6 yang juga wajib untuk kamu lakukan adalah mengadakan menu yang bervariatif. Menu yang itu-itu saja tentunya akan membuat pembeli bosan dan akhirnya meninggalkan tokomu untuk mencari jajanan menarik lainnya di luaran sana. Untuk menghindarinya, adakan menu lain yang menarik. Misalnya jika kamu menjual minuman es, kamu bisa mengadakan menu pelengkap seperti corndog, sosis bakar, dan lain sebagainya.

7. Harga Kompetitif

Harga terjangkau.
Harga terjangkau. Sumber: Pexels

Cara bisnis jajanan ringan #7 yang harus dilakukan selanjutnya olehmu adalah menetapkan harga yang kompetitif dan terjangkau di kantong masyarakat. Siapa yang ingin membeli jajanan ringanmu jika harganya tak sesuai dalam artinya terlalu mahal, bukan? Oleh karena itulah, pastikan untuk menetapkan harga yang kompetitif, tetapi jangan terlalu murah juga karena hal itu justru akan merugikanmu sendiri!

8. Jual Online

Jual secara online.
Jual secara online. Sumber: Pexels

Cara bisnis jajanan ringan #8 adalah menjualnya secara online. Kamu ingin bisnis jajanan ringanmu tersebut semakin maju dengan banyaknya pembeli yang meluas? Nah, cara ini berarti wajib banget untuk dilakukan. Kamu bisa memanfaatkan online market place yang ada atau sosial mediamu untuk menjual produk jajanan ringanmu tersebut, nih!

9. Strategi Promosi yang Jitu & Pelayanan

Promosi.
Promosi. Sumber: Pexels

Cara bisnis jajanan ringan #9 yang juga harus kamu lakukan adalah menetapkan promosi yang baik. Ingin agar bisnismu banyak didatangi orang? Jika ya, maka kamu harus memastikan bahwa bisnismu tersebut dikenali oleh mereka. Caranya tentu saja dengan mengadakan promosi! Nah, lakukan promosi sebaik mungkin sehingga bisnismu akhirnya terkenal ya! Pastikan juga untuk menetapkan standar pelayanan yang baik dan ramah kepada pembeli.

10. Lokasi Harus Strategis

Lokasi bisnis.
Lokasi bisnis. Sumber: Pexels

Cara bisnis jajanan ringan #10 yang harus kamu lakukan terakhir adalah menetapkan lokasi bisnis yang strategis. Banyak bisnis akhirnya gagal karena lokasi mereka yang jauh dari keramaian. Oleh karena itulah, untuk menghindari kejadian serupa, lokasi bisnismu harus strategis, seperti dekat dengan keramaian/pemukiman, sering dilewati orang, memiliki aksesibilitas kendaraan, dan lain sebagainya.

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
jadwal kerja terstruktur
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *