Tanggal:26 July 2024

8 Cara Membuka Bisnis Sanggar Senam, Banyak Dicari di Masa Pandemi!

Cara membuat bisnis sanggar senam.

Badan yang sehat tentunya menjadi harapan bagi setiap orang. Sehat secara fisik, fit, tak gampang merasa kelelahan, dan tak mudah untuk terserang berbagai penyakit. Apalagi di masa pandemi covid-19 seperti sekarang ini, tentunya menjaga kesehatan tubuh harus sangat diprioritaskan. Permasalahannya adalah kesibukan yang padat dengan rutinitas yang tetap, tak menyisakan waktu luang hanya untuk menggerakkan badan. Jangankan untuk berolahraga, untuk melakukan kegiatan menyuci baju saja pun sepertinya tak ada waktu. Stress dan pola hidup yang tak sehat tersebut akhirnya menjadi sebuah kebiasaan di dalam hidup masyarakat kebanyakan.

Padahal tentunya hal tersebut tak baik untuk dibiasakan di masa seperti sekarang yang mengharuskanmu untuk menjaga imun tubuh agar terhindari dari virus covid-19. Kesadaran itulah yang harusnya digencarkan dan disosialisasikan agar masyarakat akhirnya tersadar, bahkan untuk menjaga kesehatan tubuh tak hanya dengan mengonsumsi makanan sehat saja, tetapi juga diperlukan latihan fisik berupa olahraga. Nah, dengan adanya kesadaran tersebut, tentunya bisnis yang berkaitan dengan hal ini, misalnya saja sanggar senam, dinilai akan sangat menguntungkan. Loh, menguntungkan darimananya, bukankah mereka bisa melakukannya sendiri di dalam rumah, tanpa perlu mendaftar dan membayar?

Ya, mereka memang bisa melakukannya secara mandiri di rumah tanpa perlu mendaftar dan membayar di sanggar senam tersebut. Namun, biasanya permasalahan yang ditemukan adalah kurangnya kekonsistensian mereka dalam menjalankan kegiatan olahraga tersebut. Banyak orang merasa semangat ketika menjalankannya pertama kali, namun menjadi surut pada hari-hari berikutnya. Berbeda dengan mendaftar dan berolahraga di sanggat senam, yang akan membuat mereka merasa ‘tak rela’ mengeluarkan uang untuk berolahraga, tetapi tidak melaksanakannya. Dari perasaan bersalah tersebut, tentunya mereka akhirnya akan berangkat ke sanggat senam untuk berolahraga.

Nah, lalu bagaimana dengan para masyarakat yang memiliki pekerjaan rutin dan tak memiliki waktu yang cukup untuk pergi ke sanggar senam dan berolahraga? Kamu bisa mengakalinya dengan penjadwalan di waktu weekend dalam bisnis sanggar senammu tersebut. Nah, tanpa banyak basa-basi lagi, berikut akan dijelaskan beberapa cara membuka bisnis sanggar senam untukmu. Langsung saja, check this out!

1. Sewa Studio Senam

Studio senam.
Studio senam. Sumber: Pexels

Cara membuka bisnis sanggar senam #1 yang harus kamu lakukan adalah menyewa studio senamnya. Loh, kenapa harus menyewa, tak bisakan menjadikan rumah sendiri sebagai studio senamnya? Ya, kamu memang bisa menggunakan rumahmu sebagai studio senam, asalkan dengan catatan bahwa rumahmu tersebut luas yang sanggup menampung banyak peserta. Jadi, jika kamu mereka rumahmu sempit, tentunya menyewa studio menjadi pilihan terbaik. Paling tidak studio tersebut dapat menampung peserta sekitar 30 orang. Ukuran pasnya yaitu sekitar 10 x 10 meter. Nah, di dalam studio tersebut kamu bisa memasang dekorasi seperti cermin besar, AC, dan lainnya. Untuk menambah keuntungan, kamu juga bisa menjual dan menyediakan minuman di studiomu tersebut. Tentunya para peserta akan merasa kelelahan dan kehausan butuh minum setelah berolahraga, bukan?

2. Lengkapi Sarana Penunjang

Peralatan senam.
Peralatan senam. Sumber: Pexels

Cara membuka bisnis sanggar senam #2 yang juga harus kamu lakukan adalah melengkapi segala sarana penunjang bisnismu tersebut. Nah, apa saja sarana penunjang yang harus kamu miliki? Ketika membuka sanggar senam, paling tidak kamu harus memiliki matras, speaker besar, cermin dinding, skipping, dumbbell, aerobik step, hula hoop, dan almari loker. Nah, untuk menambah keuntungan bisnismu tersebut, kamu juga bisa menyediakan baju dan sepatu senam dengan cara disewa ataupun dibeli.

3. Sewa Instruktur Senam

Instruktur senam.
Instruktur senam. Sumber: Pexels

Cara membuka bisnis sanggar senam #3 yang harus dilakukan olehmu selanjutnya adalah menyewa instruktur senam. Jika kamu merasa bahwa dirimu memiliki kemampuan dan keahlian dalam bidang senam, tentunya kamu tak perlu menyewa instruktur karena kamu bisa menjadi instrukturnya sendiri. Namun, jika tidak, maka kamu perlu menyewa seorang instruktur yang berpengalaman, nih. Di dalam perekrutan tersebut, usahakan untuk memilih instruktur yang inovatif dalam gerakan senam, sehingga para peserta nantinya juga senang dan tidak mudah bosan.

4. Buat Kelas yang Bervariasi

Kelas bervariasi.
Kelas bervariasi. Sumber: Pexels

Cara membuka bisnis sanggar senam #4 yang juga harus dilakukan olehmu selanjutnya adalah membuat kelas yang bervariasi. Tentunya para peserta akan merasa bosan jika jenis senam yang dilakukan oleh instrukturnya itu-itu saja, bukan? Nah, maka dari itu, buatlah berbagai jenis senam, misalnya saja yoga, senam hip-hop, poco-poco, dansa, dan lain sebagainya. Kamu bisa membuatnya berbeda antara hari yang satu ke hari yang lainnya, nih!

5. Buat Penjadwalan

Jadwal kelas.
Jadwal kelas. Sumber: Pexels

Cara membuka bisnis sanggar senam #5 yang harus dilakukan olehmu adalah membuat penjadwalan kelas. Tentunya para peserta yang mendaftar di kelasmu tersebut juga memiliki kesibukan lainnya. Oleh karena itu, kamu harus membuat jadwal kelas, sehingga para pesertamu tersebut bisa datang di waktu luang mereka. Misalnya saja kamu membuka kelas di hari libur pada jam berapa dan lain sebagainya.

6. Tetapkan Tarif yang Terjangkau

Tarif terjangkau.
Tarif terjangkau. Sumber: Pexels

Cara membuka sanggar senam #6 yang juga harus kamu lakukan adalah menetapkan tarif yang terjangkau. Tentunya jika ingin untung, kamu tak bisa menggratiskan sanggar senammu tersebut, bukan? Namun, hal tersebut bukan berarti kamu harus menetapkan tarif yang mahal juga. Untuk menarik para peserta mendaftar senam di sanggarmu, kamu bisa melakukannya dengan cara menetapkan tarfi yang terjangkau dan tentunya sesuai dengan kantong peserta.

7. Adakan Kartu Keanggotaan

Kartu keanggotaan.
Kartu keanggotaan. Sumber: Pexels

Cara membuka sanggar senam #7 yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah dengan mengadakan kartu keanggotaan. Buatlah kartu keanggotan untuk para pesertamu yang loyal. Nah, di dalam kartu keanggotaan tersebut, kamu juga bisa menawarkan diskon-diskon menarik yang tentunya dapat menarik dan membuat betah pada peserta.

8. Lakukan Promosi

Promosi.
Promosi. Sumber: Pexels

Cara membuka sanggar senam #8 yang harus dilakukan olehmu adalah melakukan promosi. Tentunya jika sanggarmu ingin mendapatkan banyak peserta, sanggarmu tersebut harus dikenal terlebih dahulu. Nah, caranya tentu saja dengan melakukan promosi. Kamu bisa melakukan promosi melalui rekan, relasi, keluarga, sosial mediamu, dan cara promosi lainnya, nih!

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

Itulah bagaimana cara berbisnis sanggar senam, dan jika kamu tertarik untuk mengikuti kursus Vocasia, kamu bisa klik tautan dibawah ini, jangan sampa ketinggalan diskon!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *