Tanggal:21 May 2024

Angka Peminat Sangat Tinggi, Ini 5 Cara Budidaya Bebek Peking

Cara budidaya bebek peking.

Apakah kamu suka memakan bebek peking? Olahan bebek peking mana yang kamu sukai? Apakah itu yang digoreng, dibakar, atau dirica-rica? Bebek peking menjadi salah satu jenis unggas yang dagingnya banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Bebek peking yang berasal dari Beijing, Cina ini memiliki daging yang lembut dan lezat dengan rasanya yang gurih. Belum ditambah dengan kandungan gizinya yang banyak. Oleh karena itu, tak mengherankan jika peminatan di pasar akan bebek peking ini sangat tinggi.

Nah, jika kamu tertarik untuk membudidayakan bebek peking ini, kamu sudah berada di halaman yang tepat, nih! Selain sangat menguntungkan karena peminatan dagingnya yang tinggi, kamu bisa membudidayakan bebek peking ini untuk dijadikan bebek penghasil telur, nih! Wah, double keuntungan banget dong ya kalau membudidayakan bebek peking. Nah, di samping itu, bebek peking juga sangat mudah untuk dibudidayakan, memiliki pertumbuhan yang cepat, tahan terhadap serangan penyakit dan segala cuaca, dan lain sebagainya. Langsung saja, tanpa basa-basi, berikut cara budidaya bebek peking untukmu!

1. Persiapan Sebelum Budidaya Bebek Peking

Persiapan budidaya.
Persiapan budidaya. Sumber: Pexels

Cara budidaya bebek peking #1 yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan segala hal sebelum budidaya tersebut dilakukan. Nah, apa saja persiapan yang harus kamu lakukan?

  1. Kamu harus mencari pemasok bibit bebek peking yang terpercaya. Pilih dan beli dari pemasok yang menjual bibit bebek peking yang berkualitas bagus ya!
  2. Sebelum mulai untuk membudidayakan bebek peking, kamu harus membuat dua kandang yaitu kandang untuk DOD (Day Old Duck) dan kandang untuk bebek peking yang telah dewasa. Bentuk kandang bisa disesuaikan dengan keinginan.
  3. Agar dalam pemeliharaan dan perawatannya bebek bisa tumbuh dengan baik, maka kamu harus menyediakan pakan, vitamin, disinfektan, antibiotik, dan lain sebagainya.
  4. Kamu harus menyiapkan untuk diletakkan di kandang DOD.
  5. Mencari dan menentukan pengepul yang akan memasarkan hasil panen dari budidaya bebek peking milikmu, baik itu untuk dagingnya atau untuk telurnya.

2. Persiapan Bibit Bebek Peking

Bibit bebek peking.
Bibit bebek peking. Sumber: Pexels

Cara budidaya bebek peking #2 adalah menyiapkan bibitnya. Untuk mendapatkan hasil budidaya berupa bebek peking yang berkualitas, tentu saja kamu harus mendapatkan bibit bebek peking atau DOD yang berada dalam keadaan sehat. Nah, berikut beberapa cara mengenali dan mendapatkan DOD yang baik.

  1. Tubuh dari DOD terlihat tegap.
  2. DOD memiliki nafsu makan yang baik.
  3. DOD terlihat aktif dengan banyak bergerak.
  4. Berat DOD sekitar 40 gram.
  5. DOD memiliki kaki yang kuat dan tidak mengalami pincang.
  6. DOD juga harus memiliki mata yang bersih, jernis, sehat, dan tidak buta.
  7. Bulu yang dimiliki DOD harus bersih, halus, dan kering.
  8. DOD harus terhindar atau bebas dari penyakit.

3. Persiapan Kandang Bebek Peking

Kandang budidaya.
Kandang budidaya. Sumber: Pexels

Cara budidaya bebek peking #3 yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah menyiapkan kandang bebek yang akan digunakan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kandang bebek terbagi menjadi dua yaitu kandang untuk DOD dan kandang untuk bebek dewasa. Kandang untuk DOD biasanya berupa box yang digunakan untuk pemeliharaan DOD hingga usia tiga minggu. Box tersebut dapat berupa lantai ram yang ditambahkan jerami. Tempatkan juga pemanas dengan kekuaran sekitar 10 – 25 watt di dalam box tersebut. Pemanas tersebut bertujuan untuk menjaga kehangatan tubuh dari DOD.

Nah, setelah berusia tiga minggu, pindahkan bebek tersebut ke tempat pembesaran hingga usianya mencapai usia panen. Terdapat beberapa tipe kandang untuk pembesaran yang bisa kamu gunakan. Berikut penjelasannya.

  1. Kandang baterai. Jenis kandang yang hanya bisa memuat sepasang ekor bebek peking. Kelebihan jenis kandang ini yaitu lebih memudahkan peternak untuk melihat dan mengawasi kesehatan bebek. Kelemahan jenis kandang ini yaitu membutuhkan biaya yang sangat banyak.
  2. Kandang postal. Jenis kandang yang dapat membuat banyak ekor bebek peking, tetapi dibagi berdasarkan fasenya, apakah itu fase starter atau growing. Kelebihan jenis kandang ini yaitu dapat mengontrol pengeluaran uang, sedangkan kelemahannya yaitu tidak bisa mengontrol apabila terdapat virus yang menyerang.
  3. Kandang ranch. Jenis kandang yang yang terdiri dari tempat ternakan dan umbaran. Jenis kandang ini juga dilengkapi dengan adanya kolam.

Adapun setelah berhasil menentukan jenis kandang yang akan digunakan, terdapat beberapa persyaratan kandang yang harus kamu pahami dan penuhi. Berikut beberapa persyaratannya.

  1. Suhu di dalam kandang harus selalu dikontrol. Suhu paling optimal yaitu sekitar 39 derajat celcius.
  2. Kelembapan udara di dalam kanda harus  sekitar 60 – 65%.
  3. Kandang harus memiliki penerangan yang cukup sehingga memudahkan dalam mengontrol atau mengawasi.
  4. Bentuk dan model kandang harus yang mudah untuk dibersihkan, sehingga kebesihkan kandang tersebut tetap terpelihara dan steril untuk tumbuh kembang bebek.
  5. Kandang harus memiliki sirkulasi udara yang baik.
  6. Kandang juga harus mendapatkan sinar matahari yang cukup.
  7. Lengkapi kandang dengan peralatah tambahan seperti tempat makan, minum, dan lainnya.

4. Perawatan dan Pemeliharaan Bebek Peking

Pemeliharaan bebek peking.
Pemeliharaan bebek peking. Sumber: Pexels

Setelah bibit bebek peking didapatkan dan kandang sudah dibuat, maka cara budidaya bebek peking #4 adalah melakukan perawatan dan pemeliharaan terhadap bibit peking tersebut, sehingga bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Terdapat beberapa perawatan dan pemeliharaan yang harus kamu lakukan jika membudidayakan bebek peking ini.

  1. Lakukan sanitasi dan tindakan preventif untuk mencegah timbulnya penyakit di dalam budidaya bebek peking tersebut.
  2. Lakukan pengontrolan penyakit secara berkala dan komprehensif.
  3. Berikan pakan berupa pakan jadi dari pabrik sesuai dengan fase pertumbuhannya, baik itu starter, growing, atau layar.
  4. Berikan minum berupa air yang dicampurkan dengan probiotik dan vitamin.
  5. Selalu jaga kebersihan kandang.

5. Masa Panen Bebek Peking

Panen bebek peking.
Panen bebek peking. Sumber: Pexels

Setelah bebek peking tumbuh dengan baik, maka cara budidaya terakhir adalah memanennya. Nah, jika berat badan bebek sudah sesuai dengan peminatan pasar, kamu bisa melakukan panen, nih! Biasanya bebek yang sudah siap dipanen tersebut telah berusia 35 hari. Setelah dilakukan panen, segera bersihkan kandang untuk budidaya selanjutnya, ya!

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *