Tanggal:09 May 2024

7 Cara Bisnis Bengkel Motor yang Sangat Mudah dan Menguntungkan

Cara bisnis bengkel motor.

Dibandingkan dengan kendaraan roda empat seperti mobil, motor termasuk kendaraan yang paling banyak digunakan. Hal itu terbukti dengan semakin bertambahnya kepemilikan akan kendaraan beroda dua ini. Lihat saja di jalan-jalan besar, jumlah proporsi motor lebih banyak dibandingkan kendaraan lainnya. Hampir tiap rumah pasti memiliki kendaraan ini. Banyaknya penggunaan motor sendiri ditunjang oleh harganya yang lebih murah dibandingkan harga kendaraan lain, serta konsumsi bahan bakar yang terbilang cukup irit. Adanya peningkatan tersebut akhirnya berdampak pada bertambahnya lahan industri atau usaha di bidang ini, misalnya saja bisnis bengkel motor.

Motor yang dimiliki dan setiap harinya digunakan tersebut tidak selamanya berada dalam kondisi yang bagus atau sama seperti ketika pertama kali dibeli. Ada kalanya, motor tersebut mengalami kerusakan dan membutuhkan perbaikan. Bisa saja di dalam perjalanan seseorang ke kantor, tiba-tiba motor mati mendadak karena adanya gangguan. Nah, untuk menghindari adanya kejadian demikian, motor haruslah dibawa ke tempat service atau bengkel untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan setiap kurun waktu tertentu. Melihat adanya fenomena tersebut, tentu akan sangat disayangkan jika kamu tak mencoba untuk membuka bisnis bengkel motor ini dong! Tapi, bagaimana caranya? Tenang saja. Berikut akan dijelaskan secara rinci mengenai cara bisnis bengkel motor hanya untukmu! Langsung saja, check it out.

1. Tentukan Besaran Modal yang Akan Dikeluarkan

Modal bisnis.
Modal bisnis. Sumber: Pexels

Cara bisnis bengkel motor #1 yang harus kamu lakukan adalah menentukan besaran modal yang akan dikeluarkan ketika membuka bisnis ini. Sama seperti bisnis lain, ketika membuka bisnis bengkel motor inipun, kamu harus mengeluarkan modal untuk memulainya. Nah, modal untuk apa saja yang harus dipersiapkan tersebut? Siapkan modal untuk penyewaan ruko sebagai tempat bisnis bengkel motormu tersebut akan dibuka. Jika kamu merasa bahwa kamu memiliki modal yang terbatas, kamu bisa menghilangkan penyewaan ruko tersebut dan menggantinya dengan rumahmu sendiri sebagai lokasi usaha bengkel motormu nanti dibuka. Nah, selain sewa ruko, kamu juga harus menyiapkan modal untuk membeli perlengkapan bengkelnya, spare parts, dan biaya operasional yang harus kamu keluarkan setiap bulannya, seperti listrik nih! Terakhir, kamu juga harus menyiapkan modal untuk menggaji karyawan yang bekerja padamu dan biaya promosi.

2. Pilih Lokasi Bengkel yang Strategis

Lokasi bisnis.
Lokasi bisnis. Sumber: Pexels

Setelah menentukan modal, maka cara bisnis bengkel motor #2 yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah menentukan lokasi bengkel yang strategis. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, jika modal usahamu sangat terbatas, kamu bisa memanfaatkan rumahmu sendiri sebagai lokasi bengkel ini. Akan tetapi, jika lokasi rumahmu tidak berada di wilayah yang strategis, tentu saja hal tersebut akan merugikan bisnis bengkelmu sendiri. Nah, menyewa ruko akhirnya menjadi salah satu solusinya. Jika kamu berniat untuk menyewa ruko untuk menjalankan bisnis bengkel motor ini, pastikan agar ruko tersebut berada di wilayah yang strategis dengan lalu-lalang orang dan kendaraan, dekat dengan perkampungan atau hunian, memiliki aksesibilitas kendaraan, dan dekat dengan jalan ya!

3. Lengkapi Peralatan yang Dibutuhkan untuk Bengkel

Peralatan bengkel.
Peralatan bengkel. Sumber: Pexels

Cara memulai bisnis bengkel motor #3 yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan. Tentu saja ketika kamu membuka bisnis bengkel dan menyewakan jasa untuk memperbaiki motor yang rusak tersebut, kamu harus mempunyai berbagai peralatan untuk bisa melakukannya. Adapun berbagai peralatan yang dibutuhkan ketika ingin membuka bisnis bengkel motor ini seperti dongkrak, segala perkunci, obeng, tang, dan lain sebagainya. Segera lengkapi perlaatan ini ya!

4. Sewa Tenaga Ahli dalam Bidang Otomotif

Sewa karyawan.
Sewa karyawan. Sumber: Pexels

Setelah peralatan dilengkapi, maka cara memulai bisnis bengkel motor #4 adalah menyewa tenaga ahli dalam bidang otomotif motor. Jika kamu merasa bahwa kamu tidak memiliki pengetahuan dan keahlian dalam bidang tersebut, tentu akan lebih baik untukmu menyewa ahlinya. Namun jika berkebalikannya, kamu bisa memanfaatkan dirimu sendiri, nih. Jadi, tak usah menyewa orang lain dan membengkakkan modal yang harus disiapkan untuk menggaji seseorang.

5. Atur Pengelolaan dan Layanan yang Akan Disediakan

Layanan yang akan diberikan.
Layanan yang akan diberikan. Sumber: Pexels

Setelah semua hal telah disiapkan, maka cara memulai bisnis bengkel motor #5 adalah mengatur bagaimana bisnismu tersebut akan dikelola dan pelayanan apa yang akan disediakan. Nah, sama seperti bisnis atau usaha lain yang menerapkan moto, “Pembeli adalah raja.” Tokomu tersebut juga harusnya demikian. Berikan yang terbaik dalam hal service motor ini. Selain itu, selalu berikan pelayanan yang ramah juga ya! Nah, kamu bisa nih menyediakan layanan antar jemput. Maksudnya, kamu bisa mengantarkan motor yang telah diservice ke tempat konsumen, dan kamu bisa menjemput motor yang rusak dan akan diservice. Tentunya, kamu juga harus mematok harga untuk layanan itu ya!

6. Distributor Pemasok Suku Cadang Bengkel

Distributor spare part.
Distributor spare part. Sumber: Pexels

Cara mamulai bisnis bengkel motor #6 yang harus kamu lakukan selanjutnya adalah mencari distributor pemasok suku cadang atau spare part. Biasanya seseorang mengunjungi sebuah bengkel motor salah satunya untuk mengganti spare part yang dimiliki, misalnya saja rem motor. Nah, untuk memilikinya, tentu kamu harus menjalin kerjasama dengan distributor yang menyediakan spare part tersebut. Oleh karena itu, pilih dan jalin kerjasama dengan distributor spare part atau pemasok suku cadang yang terpercaya ya!

7. Tentukan Strategis Promosi Bengkel

Promosi usaha.
Promosi usaha. Sumber: Pexels

Setelah semua hal dipenuhi dan bisnis bengkelmu siap dibuka, maka cara terakhir akan menentukan strategi promosi yang tepat, sehingga ketika bengkelmu tersebut dibuka akan banyak pengunjung yang berdatangan. Selain memanfaatkan relasi dan sosial media, kamu bisa membuat brosur, baliho, dan sebagainya, nih! Jangan lupa juga untuk memberikan promo-promo menarik lainnya ya!

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *