Tanggal:13 June 2024
komprehensif

Apa itu Komprehensif? Begini Penjelasannya

Komprehensif adalah salah satu kata serapan bahasa Inggris yang banyak digunakan dalam bahasa Indonesia. Makna dari komprehensif sendiri apabila ditilik dari bahasa Inggris ialah cakupannya mencapai semua atau hampir seluruh elemen atau aspek dari suatu hal. Untuk menambah pemahamanmu mengenai komprehensif, simak paparan berikut ini. 

Kursus online belajar grammar vocasia

Baca juga: Istilah Dan Tata Istilah Dalam Bahasa Indonesia

Pengertian Komprehensif 

komprehensif

ilustrasi bekerja secara komprehensif (sumber: pexels)

Sebagaimana paparan sebelumnya, komprehensif merupakan salah satu kata serapan dalam Bahasa Inggris, tepatnya “comprehensive” yang berarti luas, menyeluruh, teliti, serta banyak hal lainnya. Istilah ini umumnya dipergunakan dalam keadaan menjelaskan secara lengkap dan luas serta sebagai langkah pemberian wawasan lebih luas. 

Komprehensif umumnya digunakan di lingkungan akademisi dan profesional di mana maknanya akan disesuaikan dengan konteks yang dibicarakan. Untuk itu, penting bagi kita mengetahui arti yang akan membuat kita memahami penggunaan dari kata yang menjadi salah satu kata serapan dari Bahasa Inggris ini. 

Walaupun dalam KBBI diungkapkan terdapat tiga makna untuk istilah tersebut, namun dapat disimpulkan bahwa komprehensif merupakan sebuah istilah yang mewakili sesuatu yang menggunakan sudut pandang secara lebih luas dan menyeluruh. Contohnya, dalam hal pemahaman. Pemahaman yang komprehensif berarti pemahaman yang dilakukan secara lebih luas dan menyeluruh. 

Baca juga: Teks Eksposisi: Pengertian, Struktur, Ciri, Kaidah Kebahasaan

Pemaknaan Komprehensif dalam Berbagai Bidang Keilmuan 

1. Bidang Filsafat 

Bidang filsafat memaknai keseluruhan sebagai cara pandang seseorang terhadap sesuatu secara lebih lengkap dan meliputi berbagai aspek dalam memandangnya. Istilah ini dapat memperlihatkan cara pikir filosofis sebagaimana orang-orang yang mendalami ilmu filsafat. 

Hal tersebut dapat terlihat dari cara mereka dalam menangkap dan memahami hal tertentu. Dengan kata lain, orang tersebut dapat memahami hal yang disampaikan hingga bagian terkecilnya, sehingga menghasilkan sudut pandang lebih luas dan mampu menyelesaikan permasalahan dengan baik. 

2. Bidang Kesehatan 

Dalam bidang ini, istilah keseluruhan digunakan dalam penanganan pada pasien. Penangan yang dilakukan secara menyeluruh berarti penanganan tersebut dilakukan secara rinci dimulai dari deteksi penyakit yang diderita hingga proses penyembuhan. 

Baca juga: Akuntabilitas, Istilah Manajemen Yang Perlu Kamu Ketahui!

3. Bidang Akuntansi 

Istilah keseluruhan dalam akuntansi dapat terlihat dari proses penjelasan mengenai laporan keuangan. Dalam hal ini, laba dan rugi dapat diperhitungkan secara menyeluruh agar penilaian yang dihasilkan dapat lebih baik. Adapun kegunaan lainnya ialah sebagai upaya pengukuran tingkat keberhasilan kinerja suatu perusahaan dalam periode akuntansi. 

4. Bidang Pelayanan 

ilustrasi bidang pelayanan (sumber: pexels)

Menurut kacamata bidang pelayanan, keseluruhan berarti pemberian pelayanan dilakukan secara menyeluruh. Pelayanan tersebut dimulai dari gerakan pencegahan/preventif, promosi/promotif, pengobatan/kuratif, hingga rehabilitatif bagi masyarakat yang membutuhkan. 

5. Bidang Kepemimpinan 

Pemimpin dalam suatu kelompok atau organisasi perlu memiliki sikap menyeluruh. Maksudnya, ia perlu memandang hal-hal yang berkaitan dalam organisasi/kelompok secara menyeluruh. Sikap ini dapat melahirkan sikap proaktif. Proaktif akan menjadi pendorong seorang pemimpin dalam memimpin organisasinya secara efektif dan efisien. 

Contoh Penggunaan Kata Komprehensif dalam Kalimat 

  1. Ujian komprehensif perlu dijalani oleh seluruh mahasiswa semester akhir di Universitas Nasional Indonesia. Dalam kalimat tersebut komprehensif atau keseluruhan merujuk pada ujian yang meliputi seluruh aspek di bidang ilmu tertentu. Melalui ujian ini bisa dilihat apakah seorang mahasiswa layak untuk dinyatakan lulus atau tidak.
  2. Masalah kesenjangan sosial mampu dipahami oleh masyarakat dikarenakan adanya siaran komprehensif yang ditayangkan oleh stasiun televisi swasta. Keseluruhan dalam kalimat tersebut mengacu pada laporan tentang suatu fakta yang disajikan secara utuh. Fakta tersebut juga diteliti secara menyeluruh dengan mempertimbangkan berbagai aspek agar dihasilkan kesimpulan yang padu.
  3. Pelayanan komprehensif pada pasien korban tabrak lari dilakukan oleh Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat. Kalimat tersebut menjelaskan keseluruhan sebagai upaya pelayanan menyeluruh yang meliputi upaya preventif, kuratif, dan rehabilitatif terhadap pasien korban tabrak lari.
  4. Laporan hasil audit keuntungan komprehensif diberikan kepada para komisioner dari PT XXX. Istilah keseluruhan dalam kalimat tersebut dapat dijelaskan sebagai keuntungan keseluruhan yang diperoleh perusahaan. Di dalam laporan tersebut umumnya menjelaskan pengaruh yang berasal dari berbagai faktor di luar operasional normal perusahaan. Misalnya, keuntungan dari perubahan nilai tukar uang.

Baca juga: Teks Eksplanasi: Pengertian, Struktur, Kaidah Kebahasaan, Dan Ciri

Demikian penjelasan mengenai komprehensif yang berisi pengertian, penggunaannya dalam berbagai bidang, hingga contoh penggunaannya dalam kalimat. Berdasarkan penjelasan tersebut dapat diketahui seberapa pentingnya membuat laporan keuangan secara menyeluruh. 

Tentu bukan hal mudah dalam memahami keseluruhan dalam bidang akuntansi, namun jangan khawatir karena vocasia menyediakan kelas Jago Akuntasi : Praktik Membuat Laporan Keuangan bersama Suci Nurul Akbar Dengan mengikuti kelas ini kamu akan dibantu membuat laporan keuangan secara menyeluruh. Worth to buy sekali, bukan? Let’s, grab it fast!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *