Tugas Public Relation
Public relation adalah peran yang membangun dan mempertahankan hubungan baik dan bermanfaat antar organisasi dengan publik hal ini sangat mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan organisasi tersebut.
Public relation juga bisa diartikan sebagai interaksi dan menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan untuk kedua belah pihak, dan profesi yang mempunyai kedudukan penting dalam mencapai tujuan organisasi secara tepat dan merupakan kelangsungan hidup organisasi yang bersangkutan. Public Relation akan berkomunikasi secara aktif dengan publik, klien, dan pemangku kepentingan lain sebagai perwakilan dari perusahaan atau organisasi. Berikut tugas seorang public relation:
- Mengelola reputasi perusahaan dengan membuat program manajemen krisis dan membuat riset tentang sentimen publik terhadap perusahaan
- Memperbarui dan memonitor konten serta aktivitas pada platform media sosial dan website.
- Membuat dan mengelola event seperti pameran atau peluncuran produk baru;
- Merencanakan dan membuat press release, termasuk menyiapkan pernyataan atau pidato, serta membuat audio visual untuk materi yang akan disampaikan
- Memonitor aktivitas kompetitor bisnis, membangun identitas brand dan kesadaran publik tentang perusahaan6
- Menulis berita pers yang menarik dan efektif, menyiapkan informasi untuk artikel media, dan mengembangkan serta menjaga halaman web internet dan intranet perusahaan
- Mengenali kelompok utama klien dan masyarakat, kemudian menentukan cara terbaik untuk mengkomunikasikan informasi publik, serta mengembangkan serta menerapkan rencana komunikasi kepada mereka
- Membentuk dan mempertahankan hubungan kerja yang efektif dengan klien, pejabat pemerintahan, dan wakil media, serta menggunakan hubungan tersebut untuk mengembangkan kesempatan bisnis baru
- Mengenali kelompok utama klien dan masyarakat, kemudian menentukan cara terbaik untuk mengkomunikasikan informasi publik, serta mengembangkan serta menerapkan rencana komunikasi kepada mereka
Keterampilan dan Kemampuan yang Dibutuhkan Public Relation
- Aktif Mendengarkan
- Berpikir Kritis
- Persuasi
- Kepekaan Sosial
- Berbicara
- Menulis
- Negosiasi
- Pemahaman Lisan
- Ekspresi Lisan
- Kejelasan Berbicara
- Pemahaman Tertulis
- Ekspresi Tertulis
Kegiatan Public Relation
Sebelum menjadi public relation, tantangan utama jelas terkait pengalaman yang dimiliki kandidat. Bukan tugas mudah mengelola semua tugas yang dibebankan pada public relation, itu sebabnya pengalaman kandidat sering menjadi pertimbangan penting saat proses rekrutmen. Selain lebih paham tentang seluk beluk public relation, kandidat berpengalaman juga lebih teruji tahan stress dan tekanan. Sedangkan selama menjadi public relation, pasti akan selalu ada waktu di mana terdapat satu sosok atau tim yang menilai buruk peran humas. Terlebih saat perusahaan mendapat sentimen negatif dari publik, humas adalah salah satu pihak pertama yang paling disalahkan. Biasanya publik khususnya para awak media akan melemparkan semua pertanyaan kepada public relation ketika perusahaan sedang memiliki beberapa isu tertentu.
Itu dia beberapa hal tentang Public Relations. Untuk menjadi public relation bisa dikatakan harus harus terbiasa untuk tampil didepan umum dan memiliki jiwa pemimpin yang berani dan terbiasa dengan hal praktisi.
Baca Juga :
Leave a Reply