Tanggal:17 May 2024

7 Pekerjaan Online yang Cocok untuk Seorang Freelancer

ilustrasi pekerjaan freelance (pixabay.com)

1. Web Developer / Pembuatan Website 

ilustrasi pekerjaan freelance (pixabay.com)
ilustrasi bisnis jasa pembuatan website (pixabay.com)

Pertama nih freelance online yang banyak dicari ialah web developer atau jasa pembuatan website, nih. Jenis freelance ini merupakan jenis yang paling umum, di mana setidaknya 45% freelancer menawarkan jasa ini. Bayangkan saja setiap bisnis itu pastinya membutuhakan website sebagai tempat branding produknya bukan? Lantas berapa banyak calon-calon target pebisnis di sekitarmu? Rasanya cukup banyak dan hal itu tentu saja sangat berpeluang untukmu, nih.

2. Web/App Designer 

ilustrasi pekerjaan freelance (pixabay.com)
ilustrasi pekerjaan freelance (pixabay.com)

Lebih lanjutnya dari pekerjaan online sebagai web developer, freelance online web designer juga sering jadi incaran banyak orang, lho. Yang mana kalau web developer tadi bertugas membangun website serta fungsi-fungsinya secara lebih mendalam, maka web designer bertugas untuk mempercantik tampilan websitenya, nih.

Selain mempercantik tampilan, mereka juga harus memastikan bahwa website atau aplikasi tersebut nyaman dan mudah digunakan oleh para konsumen yang mengunjungi website terkait, nih. Untuk itu, web designer harus sudah paham betul kaidah UI/UX yang baik dan benar, ya. Nah, kalau kamu tertarik menjalani profesi sebagai freelancer web designer, maka kamu membutuhkan tools seperti Adobe Photoshop, Sketch, Figma, dan sejenisnya.

3. Penulis Artikel

ilustrasi pekerjaan freelance (pixabay.com)
ilustrasi pekerjaan freelance (pixabay.com)

Contoh freelance online lainnya yang banyak dicari adalah jasa penulisan konten, nih Jenis tulisan yang dicari kebanyakan adalah artikel untuk blog. Topik konten yang dicari pun semakin beragam, mulai dari teknologi, bisnis, lifestyle, olahraga, hingga kesehatan.

Di Indonesia tarif per artikel blog berada di kisaran Rp15-50 ribu, tergantung dari jumlah kata dan kerumitan topik yang ditulis. Namun, jika kamu mampu menulis konten berbahasa asing dan mampu mendapatkan klien dari luar negeri, tarif yang jamu dapatkan bisa lebih besar.

Jika, kamu memiliki kemampuan menulis artikel yang bagus, jenis freelance ini bisa kamu coba. Kalau pun kamu tak memiliki skill menulis tetapi mempunyai minat untuk terjun dalam penulisan artikel juga boleh, lho. Tentu saja dengan mempelajari mengenai tata cara penulisan artikel yang baik dan benar, khususnya dalam hal ini terkait EYD. Selain itu, kamu pun harus banyak membaca dan mengamati sekitarmu untuk kemudian kamu analisis dan menjadi ide penulisan artikel, nih.

4. SEO Specialist 

ilustrasi pekerjaan freelance (pixabay.com)
ilustrasi pekerjaan freelance (pixabay.com)

Teknik SEO saat ini memang sangat populer di kalangan digital marketer. SEO merupakan serangkaian proses untuk mengoptimasi website supaya mendapat ranking teratas di Google, ya. Nah, seiring pesatnya pertumbuhan bisnis online yang menggunakan website, tentu saja semakin banyak juga kebutuhan untuk pekerjaan menjadi SEO.

5. Editor Video 

ilustrasi pekerjaan freelance (pixabay.com)
ilustrasi pekerjaan freelance (pixabay.com)

Kamu jago mengedit video? Profesi freelance video editor ini mungkin cocok untukmu, nih. Coba bayangkan bahwa semakin meningkatnya pekerja digital khususnya yang tengah naik daun yakni menjadi seorang YouTuber, maka peluang permintaan jasa video editor juga akan meningkat bukan? Iya pastinya.

Apalagi, di Indonesia, jumlah subscribe para YouTuber cepat naiknya akibat banyaknya jumlah penduduk di Indonsia. Jadi, ya asalkan video yang di upload itu membeli value seperti edukasi maupun hiburan tentu saja tak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan banyak subscriber, ya. Nah, adanya situasi dan kondisi semacam itulah yang pada akhirnya menuntut para youtuber untuk memposting dan membuat video yang lebih berkualitas lagi dengan menyewa jasa editor, dan kamu yang mahir edit video ialah pihak yang diuntungkan, ya.

Tak hanya untuk YouTube, jasa ini juga banyak dicari oleh bisnis menengah atau perusahaan untuk promosi produk, lho. Tinggal perdalam skill edit video dan pelajari berbagai aplikasi editor, bahkan untuk memudahkan pekerjaanmu saat ini sudah ada website template video lalu kamu tinggal mengedit video secara online deh.

6. Fotografi

ilustrasi pekerjaan freelance (pixabay.com)
ilustrasi pekerjaan freelance (pixabay.com)

Kamu punya hobi fotografi? Jangan cuma hobi tapi hasilkan uang darinya dengan menjadi freelance. Yang mana hasil karya fotografimu tersebut bisa kamu upload di website resmi jual foto, seperti Shutterstock, Adobe Stock, Alamy, dan sejenisnya. Taukah kamu bahwa per sekali download gambar kepemilikanmu, maka kamu bisa mendapatkan 0,5 dollar dan semakin bagus kualitas gambar tentu saja semakin tinggi harganya, ya. Di Indonesia sendiri, transaksi jual beli di Shutterstock terus meningkat setiap tahunnya, lho.

Selain menjual hasil foto tadi, dengan menjadi seorang fotografi kamu juga bisa menawarkan jasa untuk project foto seperti, foto pernikahan, wisuda, dan pengabadian momen penting lainnya. Tentunya dari pekerjaan ini bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar lagi, nih. Nah, supaya lebih mudah mendapatkan klien, kamu bisa membuat portofolio website fotografi terlebih dulu. Dengan ini, hasil karyamu dapat kamu pamerkan lebih menarik dan profesional untuk menarik minat para calon konsumen yang melihat kualitas jepretan fotomu.

7. Desain Grafis

ilustrasi pekerjaan freelance (pixabay.com)
ilustrasi pekerjaan freelance (pixabay.com)

Desain grafis merupakan salah satu contoh freelance online yang paling banyak dicari, nih. Desain grafis dengan detail pekerjaan yang seperti apa sih? Ya seperti membuat logo, desain postingan media sosial, ilustrasi, brosur, dan sejenisnya, ya.

Untuk bisa memulai karir sebagai freelancer grafis desainer, tentunya Anda perlu melatih skill Anda membuat desain. Selain itu, ada beberapa tools yang juga perlu Anda persiapkan, seperti Adobe Photoshop atau Adobe Ilustrator.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
kiat menjadi pengusaha
sukses wawancara - personal development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *