Tanggal:10 May 2024

Punya Bisnis Jasa Pembuatan Website? Lakukan Promosi dengan Menerapkan 3 Tips Ini!

ilustrasi jenis usaha bagi mahasiswa

1. Memahami customer journey

ilustrasi bisnis jasa pembuatan website (pixabay.com)
ilustrasi bisnis jasa pembuatan website (pixabay.com)

Coba deh tanyakan pada dirimu, apakah kamu pernah membeli sesuatu tanpa berpikir secara rasional khususnya dalam hal ini penghitung untung ruginya? Rasanya tak mungkin kalau tak melakukannya, nih. Yang mana sadar atau tidak, ada perjalanan momen yang kita alami sebelum bahkan sesudah bertransaksi. Nah, perjalanan momen inilah yang disebut customer journey. Mengapa sih customer journey penting untuk melejitkan angka penjualan jasa pembuatan websitemu? Tentu saja penting atas berbagai macam alasan seperti di bawah ini :

Membuat proses bisnis berjalan lebih efisien dan efektif.

Dengan mengetahui customer journey tentu saja kamu akan lebih mudah melihat prioritas proses yang dapat mengembangkan bisnis jasa pembuatan webistemu. Utamanya dalam hal ini terkait apa-apa saja yang perlu untuk ditingkatkan atua bahkan diperbaiki hingga apa-apa yang tidak perlu untuk dilakukan, ya.

Membantu kamu melihat dari kacamata pelanggan. 

Dengan berusaha memahami customer Journey dari calon konsumenmu, maka kamu akan merasakan perbandingan apa yang dilakukannya sebelum melakukan transaksi, nih. Dengan begitu, tentu saja bisa melihat peluang apa yang miliki dalam setiap proses bisnis. Lebih lanjutnya, kamu akan mengetahui apa yang sebenarnya jadi permasalahannya atas apa yang mereka butuhkan sehingga kamu bisa menghadirkan solusi untuk memenuhi kebutuhannya tanpa menimbulkan masalah baru, ya.

Membantu menentukan rencana promosi untuk setiap tahap.

Nah, lebih lanjutnya dari poin sebelumnya bahwa dengan memahami cutomer journey akan membantumu dalam memahami kebutuhan calon konsumen dengan memahami permasalahan di dalamnya. Hal paling umum sih kebutuhannya yang hendak dibeli itu terbentur oleh masalah harga, nih. Sehingga berbekal dari customer journey kamu bisa memberikan besaran diskon yang tepat dengan catatan masih dapat keuntungan, ya!

Baca juga: Pengertian dan Cara Membuat Customer Journey Map

2. Berikan jaminan kualitas terbaik

ilustrasi bisnis jasa pembuatan website (pixabay.com)
ilustrasi bisnis jasa pembuatan website (pixabay.com)

Miliki Unique Selling Point (USP).

Jasa pembuatan webiste tentu saja untuk menjadi solusi atas permasalahan ataupun kebutuhan konsumenmu bukan? Iya pastinya. Oleh karena itu, kamu perlu memastikan bahwa solusi yang tersebut dibuat sedemikian rupa agar memiliki value unik dan yang pasti akan dibutuhkan oleh konsumenmu. Sehingga klien lebih memilih Anda daripada kompetitor.

USP bisa dibuat berdasarkan target audiens yang kamu incar, nih. Dimana memiliki target audiens akan membantu kama untuk mengetahui fitur apa sih yang selayaknya perlu untuk kamu tonjolkan. Misalnya saja, jika sasaran kamu adalah pemula yang baru merintis bisnis melalui website, maka kamu bisa memperkirakan sebagian besar target kamu belum sepenuhnya memahami cara membuat website.

Nah dari sanalah, kamu bisa menonjolkan layanan yang kamu sediakan dengan basis layanan yang benar-benar dibutuhkan oleh si pemula tersebut supaya target ia tidak kagi ragu untuk menggunakan jasamu. Mengapa sih harus berbasis keinginan target kosumen, apa tidak bisa cukup fokus pada keinginan si pembuat website untuk menghadirkan versi terbaiknya? tentu saja tak bisa ya karena yang terbaik menurutmu belum tentu apa yang terbaik dan dibutuhkan oleh calon konsumenmu, ya.

Baca juga : Apa Itu Value Proposition?

Menawarkan banyak pilihan Content Management System (CMS) sesuai kebutuhan.

Kamu tentuya tidak suka hal-hal ribet, begitu juga dengan klien, ya. Dimana memiliki CMS yang aman, mudah digunakan, dan fungsional adalah apa yang umumnya calon konsumenmu tengah butuhkan. Yang mana beberapa CMS yang mungkin kamu gunakan yaitu WordPress, Drupal, OpenCart, dan lain sebagainya.

Menawarkan jenis hosting dan bandwidth yang sesuai kebutuhan.

Kebutuhan tiap orang untuk membuat website beragam, lho. Ada yang membuat website untuk blogging, berbisnis, memamerkan portofolio atau karya-karyanya, dan lain sebagainya.

Atas dasar kebutuhan tiap orang berbeda, jenis hosting dan kapasitas bandwidth yang diperlukan juga bervariasi. Bandwidth ibarat lebar maksimal pintu yang dimiliki suatu website, supaya pengunjung dapat mengakses website dalam waktu bersamaan, ya.

Jaminan keamanan.

Sadarkah kamu bahwa akhir-akhir ini pencurian informasi pribadi melalui internet adalah masalah yang sering ditakutkan pengguna internet mana pun? Tentu saja meskipun pengguna ialah orang biasa tetaplah memiliki privasi yang seharusnya disimpan dengan baik. Oleh karena itu, calon klien yang membutuhkan jasa pembuatan webisite olehmu pasti berharap hosting yang kamu sediakan menjamin keamanan data mau pun transaksi, ya.

Layanan responsif dan maksimal.

Tentu saja calon klien akan merasa nyaman jika mereka tahu bahwa kamu selalu hadir untuk membantu mereka. Hal itu bisa diwujudkan melalui layanan CS yang responsif dan membantu klien sampai masalah mereka benar-benar terpecahkan terselesaikan, ya.

3. Membuat website profesional

ilustrasi bisnis jasa pembuatan website (pixabay.com)
ilustrasi bisnis jasa pembuatan website (pixabay.com)

Setelah proses sebelum pembahasan ini telah lancar, kini saatnya kamu beraksi dalam membuat website sendiri berdasarkan target pasar yang kamu incar. Dalam bisnis jasa pembuatan website, orang-orang akan melihat kualitas bisnismu dari website yang kamu buat, ya. Lantas, seperti apa sih website yang berkualitas itu? Coba cek penjelasannya di bawah ini deh.

Website Anda harus berjalan sesuai dengan fungsinya. Jika tujuan website Anda adalah untuk berbisnis, maka pastikan ada katalog produk, keranjang belanja, dan lain-lain.

Baca Juga: 7 Contoh Website Profil Perusahaan

User-friendly.

Yang mana kamu perlu mediakan tombol-tombol navigasi untuk memudahkan pengunjung menemukan informasi yang mereka ingin temukan, ya.

Desain responsif.

Orang-orang akan mengakses websitemu melalui berbagai perangkat, tidak hanya komputer saja. Karena itu, pastikan halaman website kamu tidak terlihat berantakan meskipun dibuka dari ponsel.

Cepat.

Jangan biarkan pengunjung menunggu lama untuk mengakses website buatanmu, ya. Oleh karena itu, pastikan bahwa kamu menggunakanhosting berkualitas tinggi supaya kinerja websitemu itu optimal.

Aman.

Orang-orang seringkali memiliki pikiran negatif dengan kata ‘bisnis’. Mereka menghindari toko-toko yang terlihat tidak aman, termasuk toko di internet. Sehingga gunakanlah SSL supaya seluruh aliran informasi pada websitemu terjamin, nih.

Baca juga:

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *