Tanggal:25 April 2024
WordPress

Apa Itu WordPress? Kenali Arti, Kelebihan, dan Kekurangannya!

WordPress menjadi Content Management System (CMS) yang paling banyak digunakan. Sekitar 35% atau 455 juta situs di dunia menggunakan WordPress dalam membuat situs. CMS ini berdiri dengan menggunakan basis data MySQL dan bahasa pemrograman PHP. Teknik bahasa pemrograman ini memudahkan pemula yang berkeinginan untuk membuat situs jaringan. Sebenarnya, apa itu WordPress? Apa kelebihan dari platform ini sehingga banyak digunakan di internet? Anda akan menemukan jawabannya pada paparan di bawah! 

Baca juga: 7 Contoh Website WordPress Brand Terkenal

Arti WordPress

WordPress

Ilustrasi tampilan WordPress (cr. pixabay)

WordPress mulai dikembangkan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little sekitar tahun 2003 lalu. Keduanya membuat platform publikasi online yang dahulu sulit dilakukan karena ada penghentian fitur B2 dan Cafeblog. Kemudian, pada tahun 2004, akhirnya platform WordPress rilis secara resmi dengan tampilan yang masih sederhana. 

Zaman semakin berkembang, begitu pula platform WordPress. Sampai saat ini, platform tersebut memiliki dua jenis, yaitu WordPress.com dan WordPress.org dengan fungsi dan keunggulannya masing-masing.

Telah disebutkan bahwa WordPress merupakan bagian dari Content Management System (CMS). Oleh karena itu, platform ini akan membantu Anda untuk membuat dan mengelola sebuah website tanpa coding. Bagi mereka yang terbiasa menggunakan Microsoft Office Word, tampilan platform ini memiliki beberapa kesamaan, maka akan mudah untuk digunakan. Tak hanya itu, platform ini bersifat open-source. 

Baca juga: Perbedaan WordPress .Com Dan .Org? Berikut Lengkapnya!

Fungsi WordPress 

Adanya perkembangan yang mendukung perubahan dan fiturnya, WordPress menjadi CMS yang multifungsi. Berikut ini beberapa fungsi dari platform ini.

1. Sebagai Website Portofolio 

Apabila berkeinginan untuk mempublikasikan karya, WordPress dapat menjadi pilihan terbaik Anda. Tidak hanya profesi yang bekerja di bidang kreatif saja yang dapat memanfaatkan fitur-fitur di dalam platform ini, tetapi juga seseorang yang menggeluti bidang profesi lain. 

Anda juga yang berkeinginan untuk mengumpulkan portofolio sebagai kelanjutan jenjang karier pun, dapat menggunakan platform ini. Tampilannya yang dapat diatur sesuai dengan keinginan kita dapat memudahkan para penggunanya. 

2. Membangun Website Perusahaan 

Profesionalisme sebuah perusahaan dapat terlihat dari pengelolaan website milik perusahaan terkait. Adanya fitur tambahan dan tampilan yang dapat disesuaikan dalam WordPress tentu akan membantu branding perusahaan. 

Selain itu, penggunaan CMS ini akan membantu menarik perhatian para pengguna lain. Adanya konten yang menarik akan menjadi nilai plus bagi perusahaan. 

Baca juga: Cara Menambahkan Subscribe Ke Blog WordPress Anda

3. Membuat Website Forum 

Komunitas dapat membangun website sendiri, terutama komunitas yang bergerak secara online. Tampilan dalam CMS ini dapat disesuaikan dengan kekhasan komunitas. Adanya fitur untuk membuat akun, menambah postingan, dan mengomentari postingan lain akan membangun komunitas Anda menjadi lebih besar. Anda juga dapat mendayagunakan CMS ini untuk menyebarkan informasi yang berkaitan dengan komunitas Anda. 

4. Mendirikan Website Pemasaran 

WordPress

Ilustrasi optimalisasi WordPress (cr. pixabay)

Apabila Anda bergerak di bidang penjualan online, adanya CMS ini dapat memperluas jaringan penjualan Anda. Kehadiran fitur-fitur yang dapat disesuaikan dengan toko Anda serta kemudahan yang ditawarkan, CMS ini akan menjadi platform yang mendatangkan keuntungan. 

Pembangunan branding, promosi, dan katalog produk dapat dikelola dengan CMS ini. Anda juga dapat mengatur pembayaran, mengkalkulasi ongkos kirim, bahkan mengelola ketersediaan produk di CMS ini. Platform yang menguntungkan, bukan?

Baca juga: 7 Tips Optimasi SEO WordPress Agar Jumlah Pengunjung Meningkat

5. Membangun Blog

Awalnya, WordPress digunakan untuk membagikan konten yang terkurasi dalam bentuk blog. Seiring waktu, blog menjadi berkembang dan bervariasi. Ada yang dalam blog-nya menyisipkan video yang berasal dari YouTube atau platform penyedia video lainnya. Hal ini akan menggugah keunikan dan kekayaan konten yang ditawarkan.

6. Sebagai Website Berita 

Sama halnya dengan blog, ranah berita juga mengalami perkembangan. Maraknya penggunaan internet akhirnya menyebabkan platform berita atau penyedia informasi lainnya memanfaatkan CMS ini untuk membagikan informasi pada pembaca. 

Persebaran informasi yang makin cepat juga menjadi faktor yang memicu daya guna CMS ini menjadi sebuah platform untuk mengkurasi berita. Beragam fitur di dalamnya akan membantu menyampaikan informasi dengan cepat dan menarik. 

Fitur WordPress

WordPress

Ilustrasi fitur pada WordPress (cr. pixabay)

Seiring waktu, WordPress mengalami banyak perkembangan dan perubahan fitur demi kenyamanan penggunanya. Fitur yang terdapat pada CMS jenis ini memiliki fungsi dan kegunaannya masing-masing. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui fitur apa saja yang terdapat dalam CMS ini!  

1. Post 

Fitur ini menjadi fitur utama yang menjadi pilihan untuk mempublikasikan artikel yang dibuat. CMS ini dibuat semudah mungkin bagi penggunanya, sehingga pengguna hanya perlu mengklik bagian yang akan difungsikan dalam mengelola konten atau artikel. Fitur sub menu add new akan muncul opsi untuk membuat artikel baru yang akan dipublikasikan. Kemudian, fitur sub menu all post akan menampilkan jumlah artikel yang sudah diunggah maupun yang berada dalam draft

Baca juga: Cara Mudah Memposting Di WordPress

2. Pages 

Selanjutnya, fitur yang memiliki fungsi hampir sama dengan fitur post. Perbedaannya terletak pada ketiadaan fitur kategori dalam pages. Adapun eksistensi peta situs, kebijakan privasi, kontak, dan lainnya sehingga akan memudahkan pengguna dalam membuat halaman baru. Pengguna juga berkesempatan untuk menambahkan deskripsi seputar blog, kontak yang dapat dihubungi, dan hal lainnya. 

3. Media 

Sesuai namanya, fitur ini diperuntukkan bagi pengguna yang ingin menyisipkan media seperti gambar, video, maupun lainnya pada artikel. Ada dua cara yang dapat ditempuh untuk menggunakan fitur ini, pertama dapat dilakukan dengan memilih menu di sebelah kiri. Kedua, Anda dapat seketika mengeditnya di halaman beranda. Fitur ini dapat memfungsikan artikel maupun konten menjadi menarik dan tidak monoton. 

4. Comment 

Fitur comment dalam CMS satu ini memiliki fungsi untuk mengelola dan mengatur komentar. Biasanya, fitur ini digunakan untuk menyaring komentar yang masuk ke artikel maupun tampilan publik/privat bagi komentar yang masuk. Semua hal ini dapat dilakukan dalam fitur comment tersebut. 

5. Appearance 

Tampilan dari website dapat diatur melalui fitur ini. Fitur ini menawarkan banyak tema dan template yang dapat digunakan untuk mengelola website yang sesuai dengan karakteristik pemilik website. Untuk memperoleh tema yang diinginkan, biasanya Anda perlu mengunduh tema tersebut di dalam fitur ini. Penggunaan fitur ini juga dapat menjadi branding bagi website Anda serta media menarik audiens untuk berkunjung ke website yang Anda kembangkan. 

6. Plugins 

Website yang bagus perlu didukung oleh berbagai fitur yang dapat didayagunakan. Fitur tersebut dapat diperoleh dan dikelola pada menu plugins yang terdapat pada WordPress. Kehadiran banyak fitur yang daya guna akan mendapat respons positif dari pengunjung website dan meninggalkan kesan yang kuat terhadapnya. Oleh karena itu, fitur ini akan sangat membantu Anda yang baru mengembangkan website untuk keperluan pribadi maupun bersifat komersial. 

Baca juga: Cara Membuat Plugin WordPress Pertama Anda (Dalam 4 Langkah)

7. Tools 

Perpindahan website satu ke website lainnya akan dimudahkan dengan adanya fitur tools. Cara kerjanya sendiri ialah dengan mengimpor dan ekspor keseluruhan isi website. Fitur ini dapat digunakan sewaktu-waktu pada keadaan yang mendesak dalam pemindahan website satu ke website lain. 

8. Users 

Pengguna dari website dapat terlihat dari fitur ini. Adanya fitur ini digunakan oleh pengguna untuk hak akses masuk ke dalam website serta mengelola kata kunci sebagai bagian keamanan website atau blog.

9. Setting

Sesuai dengan namanya, fitur ini difungsikan untuk mengatur dan mengelola bagian-bagian website. Apabila Anda termasuk baru mempelajari mengenai WordPress, diharapakan menguasai fitur ini dengan baik agar memudahkan ketika mengatur plugins

Kelebihan WordPress 

1. Biaya terjangkau 

Hanya perlu berlangganan layanan hosting dan membeli domain dengan harga terjangkau, Anda sudah dapat menggunakan WordPress. Berbagai fitur akan Anda dapatkan secara gratis, seperti software, tema, dan plugin

2. Kemudahan dalam Instalasi 

CMS satu ini memiliki perbedaan dengan CMS yang lain. CMS lain memerlukan konfigurasi yang banyak dan rumit, sementara WordPress hanya perlu satu kali klik dalam menginstal dan mudah diperbaharui. 

3. Pengelolaan yang Mudah 

WordPress

Ilustrasi pengelolaan WordPress (cr. pixabay)

Dalam mengelola CMS ini, Anda tidak perlu menguasai bahasa pemrograman untuk menjalankan aplikasi. Anda dapat menulis dan menyunting konten dengan menggunakan fitur-fitur yang telah dijelaskan sebelumnya. 

4. Desain yang Beragam 

Ribuan tema yang terdapat di WordPress akan dapat disesuaikan dengan tema dan tujuan dari pembentukan website. Branding dari berbagai macam website yang menggunakan CMS ini untuk membagikan konten tidak perlu memutar otak lagi untuk membuat tema yang sesuai. 

5. Fungsi yang Bertambah

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa plugin merupakan menu yang akan menyediakan beragam fitur di dalam halaman website. Menu ini juga dapat disesuaikan sesuai kebutuhan pemilik website, sehingga ragamnya kian bertambah. 

6. Forum yang Besar 

Banyaknya pengguna WordPress, sehingga forum yang terbentuk menjadi besar dan tersebar di sejumlah negara. Keuntungan besarnya forum ini akan membantu berbagai pihak yang memiliki kesulitan dalam menggunakan salah satu jenis CMS ini. 

7. Open-source 

Ketika sudah menginstal CMS ini, tidak akan dikenakan biaya tambahan untuk mengoptimalisasi perangkat lunak. 

Baca juga: Cara Menghapus Tautan Footer Yang Didukung Oleh WordPress

Kekurangan WordPress 

1. Rendahnya tingkat keamanan 

Akibat menjamurnya pengguna CMS ini, peretasan rentan terjadi sehingga perlu menginstal plugin keamanan tambahan. 

2. Adanya layanan pihak ketiga 

Tema dan plugin dari CMS ini biasanya dikembangkan oleh pihak ketiga, sehingga rentan terjadi kesalahan atau bug

3. Terjadi buffering 

Apabila plugin yang digunakan terbilang banyak, maka jalannya aplikasi akan sedikit terganggu. Anda dapat mengantisipasinya dengan memasang plugin cache

Itu dia paparan mengenai WordPress beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga dapat membantu Anda dalam mengembangkan website.

Apabila Anda ingin mengembangkan website, ikuti kelas Intensive CodeIgniter: Membuat aplikasi website yang dinamis dan modern di Vocasia. Di kelas tersebut Anda akan didampingi pengajar kompeten dengan harga terjangkau. Yuk, daftarkan dirimu sekarang juga!  

Kursus online pelatihan membuat aplikasi android dan ios vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *