Tanggal:27 April 2024
Idseduction.com

Panduan Lengkap tentang Perbedaan Antara Desain UI dan UX

Dalam dunia desain, ada beberapa perdebatan terkenal yang tidak pernah selesai. Salah satunya yaitu adalah perbedaan antara user interface design (UI) dan user experience design (UX).

Apa itu desain UI?

segala sesuatu yang dapat berinteraksi dengan pengguna untuk menggunakan produk atau layanan digital. Ini mencakup semuanya mulai dari layar dan layar sentuh, keyboard, suara, dan bahkan lampu. Namun, untuk memahami evolusi UI, mempelajari lebih banyak tentang sejarahnya dan bagaimana UI berkembang menjadi praktik terbaik dan profesi akan sangat membantu.

Baca Juga: Rekomendasi Font Populer Terbaik untuk UI Design

Apa yang dilakukan UI design?

Pekerjaan UI design dimulai saat pekerjaan desainer UX berakhir pada tahap pembuatan prototipe. Mereka mengambil gambar rangka dan menambahkan desain visual untuk membuatnya lebih bermanfaat, menarik secara estetika, dan dioptimalkan untuk ukuran layar yang berbeda.

Sekarang, mari kita lihat lebih dekat tugas-tugas seorang desainer UI.

Tampilan dan nuansa produk

  • Design research: Penelitian memberikan informasi tentang pengguna dan pesaing dan memberikan wawasan tentang tren desain terbaru. Ini penting untuk menemukan inspirasi dan membuat antarmuka yang memenuhi harapan pengguna.
  • Desain visual: Desainer UI bertanggung jawab untuk mendesain tata letak produk dan semua elemen visual antarmuka pengguna, termasuk warna, font, ikon, tombol, dan lainnya
  • Branding dan graphic development: Desain UI diinformasikan secara dekat oleh posisi merek produk secara keseluruhan. Desainer harus mencapai keseimbangan yang tepat antara kegunaan dan secara konsisten menampilkan identitas merek yang ditetapkan oleh tim pemasaran atau kreatif. Akibatnya, desain UI erat kaitannya dengan desain grafis.
  • Sistem desain: Untuk memastikan konsistensi produk dan merek, desainer UI membuat panduan gaya, pustaka pola, dan komponen yang merinci bagaimana setiap elemen harus terlihat (warna, font, dll.)

Baca Juga: Perbedaan Graphic Designer dan Visual Designer

Apa itu UX?

Desain pengalaman pengguna (UX) adalah proses yang digunakan tim desain untuk membuat produk yang memberikan pengalaman yang bermakna dan relevan bagi pengguna. Ini melibatkan desain seluruh proses memperoleh dan mengintegrasikan produk, termasuk aspek branding, desain, kegunaan dan fungsi.

Baca Juga:

Apa perbedaan antara UI dan UX?

Pada tingkat paling dasar, UI terdiri dari semua elemen yang memungkinkan seseorang berinteraksi dengan produk atau layanan. UX, di sisi lain, adalah apa yang diambil individu yang berinteraksi dengan produk atau layanan itu dari keseluruhan pengalaman.

Dengan berfokus pada pengguna, Google tahu bahwa ketika mereka datang ke situs, mereka mengejar satu hal: informasi. Dan mereka menginginkannya dengan cepat.

Fakta bahwa ‘google’ adalah kata kerja yang diterima secara luas menunjukkan seberapa baik perusahaan memberikan pengalaman itu dan harapan. Hampir semua hal yang ingin diketahui seseorang dapat diakses dalam sekejap mata dan hanya sedikit mesin pencari lainnya yang bertahan hingga saat ini.

Sekarang bayangkan bahwa setiap kali Anda menelusuri di Google, butuh 15 detik untuk mendapatkan hasil Anda tidak lagi bisa langsung mendapatkan jawaban atas pertanyaan Anda. Meskipun antarmuka tetap sama, pengalaman Anda dengan Google akan sangat berbeda.

Untuk menentukan komponen utama dari desain User Interface User Experience untuk Aplikasi Seluler Anda, hal pertama yang perlu kami pertimbangkan adalah tujuan utama bisnis Anda:

Tingkatkan Penjualan

Tingkatkan Bisnis

Sekarang, mari kita lihat faktor-faktor yang terkait dengan aplikasi seluler yang dapat berperan dalam pencapaian tujuan bisnis Anda. Faktor-faktor ini adalah:

User interface / UI

User experience / UX

Bagaimana UI UX mempengaruhi perkembangan bisnis Anda? Melalui desain, yang

Dapat meningkatkan pengalaman pengguna

Dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan sebagai hasil,

Tingkatkan jumlah orang yang menggunakan aplikasi Anda.

Ini menjelaskan pentingnya UI UX, dan mengapa perawatan maksimal perlu dilakukan saat mendesainnya.

Alarm

Jika aplikasi situs web Anda membutuhkan waktu beberapa detik lebih lama daripada pesaing Anda untuk menghubungkan pengguna, atau peramban biasa, ke apa pun yang dicari orang tersebut, orang tersebut dapat meninggalkan situs Anda untuk opsi yang lebih cepat atau lebih sederhana. Fakta ini juga dapat dilihat dalam laporan.

Advice

Sebaiknya bisnis Anda memiliki UI UX yang dirancang dan dikembangkan untuk menarik dan mempertahankan pengguna dengan memberikan mereka layanan yang paling efisien, dan pengalaman tercepat dan termudah. Pengguna / pengunjung harus dinavigasi ke situs web Anda dengan lancar, menyenangkan, dan efisien. Mereka bahkan harus merasa terdorong untuk terus kembali kepada Anda untuk mendapatkan layanan, produk, atau sekadar berkunjung untuk mengetahui apakah ada sesuatu yang baru. Tujuannya juga agar mereka merekomendasikan bisnis Anda kepada orang lain.

Pada saat ini orang menyadari pentingnya memilih komponen kunci dari UI UX dengan bijaksana. Aplikasi Anda bisa menjadi yang terbaik di pasar, jika dirancang dan dikembangkan dengan tujuan utama yang ditentukan dengan bijak.

Baca Juga: Skill yang Wajib Dimiliki UI/UX Designer

autocad
belajar photoshop
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *