Tanggal:26 February 2024

6 Cara Efektif Membuat Logo Profesional

Keberadaan logo dalam dunia bisnis diibaratkan sebagai wajah yang mewakili gambaran suatu perusahaan dan produk. Perusahaan besar, industri rumahan, bahkan toko online yang berjualan di media sosial saja juga membuat logo untuk mewakili bisnisnya.

Tentunya, logo tidak boleh asal dibuat, tapi harus bisa merepresentasikan jenis usaha. Logo akan jadi simbol identitas suatu brand yang membedakannya dengan brand lainnya. Itulah sebabnya, logo akan digunakan dalam segala kegiatan promosi dan pemasaran bisnis.

Desain logo dapat berpengaruh terhadap branding suatu produk. Logo yang baik dapat mudah dikenali dan dikenang oleh banyak orang. Logo dapat membangun persepsi konsumen mengenai bisnis kamu

Namun, membuat logo suatu brand bukan perkara yang gampang. Mendesain logo yang menarik membutuhkan kreativitas yang tinggi. Secara umum, Logo perlu memiliki kaitan dan desain yang bisa merepresentasikan nilai-nilai sebuah bisnis. Karena itu, Vocasia akan memberikan 6 cara efektif membuat logo profesional yang bisa kamu coba. Yuk, simak pembahasannya berikut ini. 

1. Riset atau Ketahui Audiens 

Merancang sebuah logo bukan hanya tentang menciptakan visual yang menarik. Seperti yang sudah sering dijelaskan, tujuan utama membuat logo adalah untuk membangun Brand. Untuk itu kamu juga perlu mengatur strategi berkomunikasi antara perusahaan/brand dengan target audiensnya, inilah sebabnya mengapa riset pasar itu penting.

Sangat disarankan melibatkan klien pada tahap ini karena ide atau pemikiran anda tentang brand yang diusung tidak sama dengan pemikiran mereka, maksudnya ini produk mereka dan yang lebih tahu tentang itu tentu saja mereka sendiri karena tugas seorang desainer hanya memvisualisasikan sebuah ide dan konsep perusahaan ke dalam sebuah logo.

2. Gunakan teknik visual double entendre

Double entendre adalah istilah yang digunakan untuk menjelaskan sebuah gambar yang memiliki 2 makna. Trik satu ini bisa digunakan saat kamu hendak membuat logo untuk perusahaan.

Pasalnya, menurut ujaran Mayven Studios, desain visual double entendre akan memberikan kesan yang cerdas dan artistik pada logo. Rancangan desainnya bisa memberikan nama brand tanpa perlu mencantumkannya sebagai teks pada logo.

Oleh karena itu, tips satu ini akan membuat logo perusahaanmu mudah untuk diingat para pelanggan.

3. Rancang desain yang simpel

Ketika mendengar kata Apple atau Nike, pasti yang terbayangkan adalah desain logo minimalis yang berkesan. Pemikiran tersebut terbentuk karena rancangan logo mereka yang simpel dan tidak repot. Mengutip pendapat Designs Hack, rancangan desain yang simpel justru bisa memberikan kesan brand yang berkelas kuat.

Bahkan, rancangan desain yang simpel bisa memberikan karakter pada logo, membuatnya tampak unik, dan memberikan makna filosofis yang terkesan lebih dalam. Tips satu ini juga sangat relevan khususnya bagi pemula yang hendak membuat logo perusahaan.

Bila merasa memiliki kemampuan desain yang tidak terlalu hebat, jangan khawatir. Dengan rancangan yang simpel, hasil desain logo kamu tetap bisa, kok, menggaet hati pelanggan.

Baca Juga: 

4. Sesuaikan padanan warna

Cara berikutnya yang perlu kamu ikuti saat akan membuat logo perusahaan adalah untuk selalu menyesuaikan padanan warnanya.

Warna memiliki makna tersendiri, dan bisa dengan efektif digunakan pada logo untuk mengomunikasikan nilai dan ide dari sebuah brand.

Oleh karena itu, penting bagi para desainer untuk menggunakan palet warna yang saling melengkapi satu sama lain, sesuai kata Venngage.

Bahkan, padanan warna yang digunakan dengan tepat juga bisa membuat logo terlihat lebih hidup dan realistis, menjadikannya relevan di benak para pelanggan.

5. Selipkan makna pada tiap elemen

Logo bukanlah sekadar gambar yang ditentukan secara acak dan dicetak di atas kartu nama. Aspek penting penentu identitas brand ini memiliki fungsi yang lebih dari itu semua. Sejatinya, logo merupakan representasi sebuah brand dengan kisah dan makna yang unik dibaliknya. Makna di sebuah logo bisa hadir dalam bentuk yang tersirat ataupun tersurat.

Nah, menempatkan makna pada elemen desain bukanlah sebuah pekerjaan yang mudah. Oleh karena itu, tips membuat makna pada logo perusahaan yang perlu kamu ketahui adalah dengan permainan warna. Selaras dengn pendapat Just Creative, permainan warna dapat secara tidak langsung mempengaruhi pola pikir dan emosi para pelanggan. Karena itu, coba berikan corak dan paduan warna pada setiap elemen logo. Tidak perlu terlalu cerah, yang penting warna bisa memberikan suatu kesan terhadap brand identity.

Baca Juga: Makna Psikologi Warna dalam Desain Logo

6. Ciptakan logo yang mudah dikenal

Logo yang sukses adalah logo yang mudah dikenali dan unik bagi sebuah brandMeskipun proses membuatnya terdengar sulit, nyatanya tidak demikian, kok. Dengan simbol atau gambar-gambar yang umum, kamu bisa tambahkan sedikit sentuhan menarik agar telihat berbeda dan unik.

Selain itu, bagaimana caranya membuat logo mudah dikenal? Caranya adalah dengan memadukan warna dan menciptakan logo yang serupa dengan nama brand, seperti kata Designs Hack. Seperti halnya Apple. Mereka menciptakan desain logo dari buah apel dan memberikannya warna hitam dan putih. 

autocad
adobe illustrator
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *