Tanggal:21 February 2024

Makna Psikologi Warna dalam Desain Logo, Perlu Kamu Ketahui!

Dalam dunia desain, warna memang memiliki arti filosofis masing-masing. Warna biasanya akan memberikan efek psikologis tertentu bagi siapapun yang melihatnya. Biasanya bisa sebut dengan istilah kesan. Jadi, ketika digunakan untuk logo, pasti ada maksud tertentu yang ingin direpresentasikan oleh tiap-tiap warna dan desain yang digunakan. Selain memberikan arti yang lebih dalam, peran warna dalam logo juga menjadi pemanis yang menghidupkan desain dan konsep secara keseluruhan.

Bagi designer, mempelajari filosfi warna adalah sesuatu yang wajib. Karena kamu harus tahu arti warna agar bisa mengombinasikan dengan benar dalam sebuah desain logo. Berikut ini rincian warna dasar dan kesan psikologi yang dimunculkan dalam desain logo:

1. Biru

barang-barang berwarna biru

Ilustrasi warna biru (Pexels)

Biru adalah salah satu warna yang digemari oleh banyak orang karena dianggap sangat menarik dan cerah. Warna ini dapat meningkatkan ekspresi verbal, komunikasi, ekspresi artistik dan kekuatan. Biru merupakan warna yang menunjukkan kesan psikologis seperti loyalitas, kepercayaan, kekuatan dan profesionalisme. Warna ini sangat populer digunakan pada berbagai bisnis. Seperti, perusahaan software, industri farmasi, bisnis keuangan, pemerintahan, dan teknologi.

2. Orange

jeruk merah

Warna orange (Pexels)

Baca Juga | Anti Gagal, Ini 6 Cara Budidaya Jeruk Santang Madu di Dalam Pot

Orange adalah warna sekunder hasil dari penggabungan warna merah dan warna kuning.  Orange membawa kesan psikologis seperti kreatif, bahagia, kebebasan dan kepercayaan diri. Umumnya perusahaan yang mempunyai budaya kerja atau semangat kerja kreativitas dan kebebasan akan memilih warna ini sebagai salah satu warna identitas perusahaannya. Warna Orange banyak digunakan di industri yang berhubungan dengan produk, makanan, dan mainan anak-anak.

3. Merah

bangsa dengan ikon merah

Warna merah merupakan warna yang sering digunakan dalam logo (@unsplash.com)

Baca Juga | Bangun Pikiran Positif dengan Kata-Kata Bijak Bahasa Inggris!

Merah adalah warna yang paling sering digunakan logo karena memiliki banyak sekali emosi yang menimbulkan intensitas. Merah juga membawa kesan semangat, menarik, energi, dan kemarahan. Warna merah juga melambang emosi yang kuat seperti romantisme cinta dan dapat pula menggambarkan atau memicu nafsu makan. Warna ini sering digunakan pada perusahaan/penyedia makanan cepat saji. Warna ini kerap digunakan di industri makanan, kesehatan, kecantikan, dan hiburan.

4. Kuning

orang bahagia mendengarkan musik dengan background kuning

Kuning memberikan kesan terang dan semangat (Pexels)

Baca Juga | 7 Tips Hidup Bahagia Sederhana, Mulai Dari Hal Kecil

Kuning adalah salah satu warna tercerah yang ada di dunia. Warna ini dianggap sangat menyenangkan di mata banyak orang karena terkesan memberikan terang dan semangat. Kuning merupakan warna yang membawa kesan psikologi bahagia, kehangatan dan optimis. Pengunaan warna kuning mudah menarik perhatian karena menyolok jika dibandingkan dengan warna primer lainnya. Warna cerah ini juga merangsang otak serta membuat kamu lebih waspada dan tegas. Warna kuning sering dipergunakan oleh perusahaan perusahaan yang berjiwa muda, kreativitas.

5. Ungu

warna ungu

Ilustrasi warna ungu (Pixabay)

Baca Juga | 6 Cara Mudah Budidaya Bunga Bougenville di Pot

Ungu adalah salah satu warna sekunder yang terlihat unik. Di satu sisi terlihat feminin, tapi di sisi lain ungu terlihat kuat dan dominan. Selain itu, ternyata ungu memiliki cukup banyak makna yang tidak diketahui banyak orang. Kesan psikologi yang ditampilan warna ini adalah kemakmuran. Selain itu jika warna ungu digabungkan warna emas dapat menampilkan kesan kemewahan dan kekayaan. Warna ini juga dikatikan dengan spiritualitas, intuisi, kebijaksanaan, penguasaan, kekuatan mental dan fokus. Warna ini sering digunakan untuk logo Organisasi pendidikan dan keagamaan.

6. Hijau

burjo hijau

Warna hijau Sumber: Pexels

Baca Juga | 10 Destinasi Wisata Terbaik Di Indonesia

Hijau merupakan warna yang sering dikaitkan dengan alam. Karena hubungannya dengan alam, hijau dianggap sebagai warna menenangkan dan santai. Warna ini dapat membantu orang yang sering merasa tegang. Hijau akan menyeimbangkan emosi. Warna hijau merupakan warna yang membawa kesan psikologi segar dan alami/natural. Umumnya warna ini menjadi pilihan untuk menggambarkan kesan alami atau kesan yang ramah lingkungan. Contoh perusahaan yang menggunakan warna hijau sebagai warga logo dominan ialah Animal Planet, BP, dan bisnis-bisnis di bidang agrikultur, perkebunan serta energi alam.

7. Hitam

Promosi dengan latar hitam

Warna hitam (Pexels)

Salah satu warna dasar yang paling sering digunakan sebagai logo adalah hitam. Hitam adalah warna tergelap yang memiliki arti sangat mendalam. Hitam membawa kesan psikologi berupa elegan, klasik, kepuasan, kekuatan. Merek mereka fashion ternama international sering menggunakan warna hitam yang membuat produknya semakin eksklusif. Namun warna hitam juga dapat memiliki konotasi negatif karena mengisyaratkan kematian, ketakutan, dan duka.

8. Putih

jam dengan latar putih

Ilustrasi warna putih (unplash.com)

Baca Juga | Memiliki Bakat Seni? Ini 13 Ide Bisnis di Bidang Seni Untukmu!

Putih merupakan warna netral yang paling sering digunakan. Ada banyak makna tersembunyi lain yang bisa kamu dapatkan dari warna ini. Putih membawa kesan psikologi berupa kemurnian, kepolosan dan menciptakan estetika minimalis. Putih juga merupakan warna paling netral dari semua dan bisa dideskripsikan sebagai dasar untuk warna lain yang lebih menarik. Putih biasa digunakan pada merek kesehatan dan kecantikan untuk menyampaikan sesuatu yang murni.

9. Coklat

biji kopi cokelat

Ilustrasi warna coklat (Pexels)

Baca Juga | Desain Ruang Kantor Minimalis 2021

Terakhir ada warna cokelat. Coklat adalah warna bumi, memberikan kesan hangat, nyaman dan aman. Warna ini dianggap sebagai warna netral yang lembut dan kuat. Sederhana adalah kesan psikologi yang ditimbulkan oleh warna ini. Contoh perusahaan yang memiliki warna cokelat dalam logonya merupakan perusahaan-perusahaan peralatan berkemah, berburu, ataupun perusahaan-perusahaan lain yang memungkinkan orang untuk melakukan hal sendiri.

10. Abu-abu

Warna abu-abu yang melambangkan keseriusan (freepik)

Arti warna abu-abu adalah warna yang memperlihatkan sebuah keseriusan. Tidak hanya itu, warna abu-abu juga memiliki rasa tanggung jawab. Arti warna abu-abu yang lain juga melambangkan sifat kemandirian. Akan tetapi, warna ini juga memiliki pemaknaan yang abstrak. Seperti yang diketahui, abstrak adalah sesuatu yang tidak jelas. Warna abu-abu memiliki sifat yang stabil.

Itu dia 10 makna psikologi warna. Dalam perkembangannya, arti warna tentu dapat berubah. Akan tetapi, setiap warna tentu memiliki arti dan makna khasnya sendiri. Jadi, warna mana yang akan kamu pilih untuk desain logomu?

autocad
autocad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *